Coldplay Diam-Diam Gandeng Matty Healy Vokalis The 1975, Garap Lagu The Karate Kid

Coldplay rupanya telah menggandeng Matty Healy untuk berkolaborasi menggarap lagu baru di album deluxe Moon Music yang judulnya The Karate Kid.

oleh Ruly Riantrisnanto diperbarui 10 Okt 2024, 16:30 WIB
Diterbitkan 10 Okt 2024, 16:30 WIB
Aksi Panggung Chris Martin di Berbagai Pertunjukan Coldplay
Aksi panggung Chris Martin yang melompat saat tampil di Super Bowl 50 NFL di Santa Clara, California pada tanggal 19 Agustus 2016. (AP Photo/Marcio Jose Sanchez, File)

Liputan6.com, Jakarta Band Coldplay baru saja mengambil langkah yang mungkin sangat mengejutkan bagi sebagian pihak. Band yang digawangi Chris Martin, Guy Berryman, Jonny Buckland, dan Will Champion ini menggandeng Matty Healy untuk berkolaborasi menggarap lagu baru untuk album "Moon Music" edisi deluxe.

Seperti diketahui sebelumnya, Matty Healy merupakan vokalis band The 1975 yang awalnya memiliki banyak penggemar. Namun namanya kini sudah tak harum lagi di sejumlah negara, terutama Malaysia, Indonesia, dan sekitarnya.

Pasalnya, kala konser di Malaysia dalam gelaran Good Vibes Festival pada Juli 2024 lalu, Matty Healy bertingkah kasar di atas panggung sambil mengolok-olok aturan pemerintah setempat. Ia juga beraksi ciuman sesama jenis dengan seorang personel The 1975 seolah memprotes larangan LGBTQ+.

Sementara itu, Coldplay yang juga diketahui mendukung LGBTQ+, masih diterima di Indonesia karena mereka tak menunjukkan simbol-simbol tersebut saat manggung di Jakarta, diganti dengan bendera bertuliskan "Love". Di luar itu semua, tampaknya Coldplay dan The 1975 masih berhubungan baik melalui kerja sama tersebut.

 

Kerja Sama yang Diwujudkan dalam Edisi Deluxe Album Baru

Matty Healy, vokalis The 1975. (Scott Garfitt/Invision/AP, file)
Matty Healy, vokalis The 1975. (Scott Garfitt/Invision/AP, file)

Kolaborasi ini diketahui setelah perilisan edisi deluxe album "Moon Music" yang memiliki judul tambahan, "Moon Music (Full Moon Edition)". Selain dengan Matty Healy vokalis The 1975, Coldplay juga berkolaborasi dengan Jon Hopkins.

Edisi deluxe album ini dirilis pada 7 Oktober 2024, selang tiga hari setelah mereka merilis edisi standar "Moon Music". Coldplay menjadikan edisi "Full Moon" dengan 10 lagu tambahan, termasuk beberapa rekaman live.

 

Lagu Kolaborasi Coldplay dan Matty Healy

Konser Coldplay
Vokalis Coldplay, Chris Martin tampil di Stadion Parken di Kopenhagen, Denmark, Rabu 5 Juli 2023. (Mads Claus Rasmussen/Ritzau Scanpix via AP)

Buah dari kerja sama Coldplay dengan Matty Healy terdapat di salah satu dari 10 lagu baru dalam album deluxe tersebut. Healy memberikan sentuhan di lagu "The Karate Kid". Judul lagu tersebut sama seperti judul film telah menjadi sebuah waralaba tersendiri.

Meskipun Healy tak bernyanyi, ia ikut membantu produksi tambahan serta mengisi bagian piano lagu tersebut. Sementara itu terdapat dua lagu Coldplay buah kolaborasi dengan Jon Hopkins, "Angelsong" dan "Wave (ditulis dengan emotikon lambaian tangan)".

Vinyl Album Coldplay Dibuat dari Sampah Plastik Sungai Cisadane

"Moon Music" merupakan album ke-10 Coldplay dengan sentuhan unik, yakni vinly terbuat dari limbah plastik. Namun, itu bukan sembarang sampah plastik.

Melansir Malay Mail, Sabtu (5/10/2024), dalam wawancara QVC Live pada Rabu, 3 Oktober 2024, vokalis Chris Martin mengungkap bahwa setiap piringan hitam album tersebut dibuat dari sembilan botol plastik yang dikumpulkan dari Sungai Klang di Selangor, Malaysia dan Sungai Cisadane, Indonesia. Ini terwujud berkat investasi Coldplay di The Ocean Cleanup, menurut dia.

Menilik Peluang dan Harapan Piringan hitam LP khusus yang terbuat dari plastik daur ulang itu tampak tembus cahaya. Chris juga menyoroti komitmen band terhadap keberlanjutan dan meningkatkan kesadaran tentang sampah plastik di Asia Tenggara.

Pelantun lagu "See You Soon" ini telah menjadikan upaya sadar lingkungan sebagai bagian penting dari identitas mereka, terutama melalui inisiatif, seperti tur Music of the Spheres, yang bertujuan memangkas emisi karbon hingga 50 persen.

Infografis: 14 Layanan Publik Komersial Yang Wajib Bayar Royalti Lagu (Liputan6.com / Abdillah)
Infografis: 14 Layanan Publik Komersial Yang Wajib Bayar Royalti Lagu (Liputan6.com / Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya