Masjid Kuno Kuncen Madiun Jadi Primadona Warga Saat Ramadan

Masjid Nurhidayatulloh yang terletak di Kelurahan Kuncen, Kecamatan Taman, Kota Madiun menjadi tempat favorit warga di masa Ramadan saat ini.

oleh Liputan6.com diperbarui 19 Apr 2021, 17:10 WIB
Diterbitkan 19 Apr 2021, 17:10 WIB
[Bintang] Jadwal Sholat, Imsakiyah dan Buka Puasa Hari ke-23, 8 Juni 2018
Lebaran semakin mendekat, tapi jangan lupa sama jadwal sholat, imsakiyah dan buka puasa Ramadan 2018 ya. (Ilustrasi: Pexels.com)

Liputan6.com, Surabaya - Masjid Nurhidayatulloh yang terletak di Kelurahan Kuncen, Kecamatan Taman, Kota Madiun menjadi tempat favorit warga di masa Ramadan saat ini.

Masjid kuno yang diperkirakan dibangun pada abad ke-16 ini masih terlihat kokoh dan dalam kondisi baik. Empat tiang utama yang terbuat dari kayu jati berukuran besar masih berdiri tegak dan terlihat sangat kuat. Ukiran yang terdapat pada tiang juga masih terlihat baik.

Di sebelah Masjid Kuncen tersebut terdapat makam-makam Bupati Madiun terdahulu. Yakni Ki Ageng Panembahan Ronggo Jumeno, Raden Mas Bagus Petak, Adipati Martoloyo, Adipati Balitar, dan Tumenggung Balitar Tumapel beserta keturunannya. 

Setiap Ramadan pengunjung masjid meningkat dibanding hari biasa.

"Selain salat berjemaah dan pengunjung bisa beristirahat sembari menikmati suasana di masjid ini," ujar Wardoyo salah satu pengelola Masjid Kuncen, Senin (19/4/2021) seperti dikutip dari TimesIndonesia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan video pilihan di bawah ini:


Ramai Ziarah

Menurut Wardoyo, setiap hari pengunjung masjid bisa mengikuti buka puasa bersama. Sedangkan setiap Kamis malam, masjid juga ramai dikunjungi warga yang ingin  ziarah makam.

"Karena di zona hijau, aktivitas peribadatan di sini terbilang masih ramai," ungkap Wardoyo. 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya