Korban Longsor di Banyuwangi Ditemukan Meninggal, Jasadnya Tertimbun Tanah Bebatuan Satu Meter

Korban tertimpa longsoran di Banyuwangi berhasil ditemukan. Korban bernama Asmin (56) itu ditemukan dalam keadaan meninggal dunia. Korban ditemukan sekitar pukul 11.30 WIB. Jasadnya tertimbun material batu dan tanah hingga setinggi 1 meter.

oleh Hermawan Arifianto diperbarui 16 Feb 2023, 16:05 WIB
Diterbitkan 16 Feb 2023, 16:05 WIB
Proses evakuasi korban tertimbun tanah longsor di Kelurahan Gombengsari Banyuwangi (Istimewa)
Proses evakuasi korban tertimbun tanah longsor di Kelurahan Gombengsari Banyuwangi (Istimewa)

Liputan6.com, Banyuwangi - Asmin (56) warga Banyuwangi yang tertimpa longsoran di Banyuwangi berhasil ditemukan meninggal dunia.  Korban ditemukan sekitar pukul 11.30 WIB. Jasadnya tertimbun material batu dan tanah hingga setinggi 1 meter.

Mulanya pencarian cukup membuat petugas dari unsur Basarnas, TNI-Polri dan relawan kewalahan, mengingat lokasinya yang terpencil dan material longsor yang menutupi juga cukup tebal. Bahkan sebelumnya polisi harus mengerahkan anjing pelacak.

Namun keberadaan korban akhirnya mulai menunjukkan tanda. Hal ini setelah petugas menemukan sabit dan topi milik korban. Pencarian difokuskan di sekitar penemuan sabit dan topi tersebut.

''Sekitar pukul 11.30 WIB, Rabu (15/2/2023) jasad korban berhasil ditemukan,'' kata Kapolsek Kalipuro, AKP Hadi Waluyo. Kamis (16/2/2023).

Isak tangis keluarga mewarnai proses evakuasi ini. Setelahnya, korban dievakuasi menuju rumah duka yang lokasinya tak jauh dari tempat kejadian.

Hadi menyebut korban tertimbun material longsor saat memperbaiki pipa saluran air yang berada di sisi tebing, Senin (13/2/2023) kemarin.

Saat itu di tempat kejadian yakni di Lingkungan Suko, Kelurahan Gombengsari, Kecamatan Kalipuro, Banyuwangi tengah dilanda hujan deras dan disertai angin kencang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Perbaiki Pipa

Setelahnya tebing tempat korban memperbaiki pipa mendadak longsor. Korban pun tertimbun. Proses pencarian sudah dilakukan sejak kejadian hingga Selasa sore. Namun hasilnya masih nihil.

Hadi menegaskan, kendala dalam proses pencarian korban adalah lokasi yang berada di jurang.  Sehingga sulit dijangkau alat berat. Sehingga proses evakuasi hanya menggunakan peralatan manual.

''Material longsor banyak sekali, batunya juga sangat besar,'' tegasnya.

Infografis 5 Tips Perkuat Sistem Kekebalan Tubuh Lansia Cegah Covid-19. (Liputan6.com/Niman)
Infografis 5 Tips Perkuat Sistem Kekebalan Tubuh Lansia Cegah Covid-19. (Liputan6.com/Niman)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya