Apresiasi Keputusan Zainudin Amali Mundur dari Menpora, Hindari Rangkap Jabatan

Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR) Ujang Komarudin mengapresiasi dan memuji keputusan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali yang memutuskan mundur dari jabatannya untuk fokus mengurus federasi sepakbola sebagai Wakil Ketua Umum PSSI.

oleh Yusron Fahmi diperbarui 10 Mar 2023, 14:58 WIB
Diterbitkan 10 Mar 2023, 14:51 WIB
Ketum PSSI Erick Thohir Gandeng Kapolri Beri Kartu Merah untuk Mafia Bola
Menpora Zainudin Amali (kanan) memberikan konferensi pers tentang penegakan hukum match fixing di Media Center Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta, Minggu (19/2/2023). "Kita vonis kartu merah untuk para mafia bola. Sepakbola kita sulit berkembang selama mafia pengatur skor belum kita tendang," ujar Erick dalam keterangan persnya di media center Stadion Utama Gelora Bung Karno, hari ini. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

 

Liputan6.com, Jakarta - Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR) Ujang Komarudin mengapresiasi dan memuji keputusan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali yang memutuskan mundur dari jabatannya untuk fokus mengurus federasi sepakbola sebagai Wakil Ketua Umum PSSI.

Langkah Amali tersebut bisa menjadi contoh dan tradisi baru dalam dunia perpolitikan dan pemerintahan di Indonesia. Disaat banyak para pejabat beramai-ramai merangkap jabatan, namun dia menciptakan budaya baru dengan memilih mundur dan fokus pada satu jabatan saja.

"Ini menteri pertama yang mundur dari jabatannya untuk fokus mengurus sepakbola di PSSI. Padahal, baik posisi sebagai Menpora dan Waketum PSSI bisa berjalan bersamaan sepanjang bisa membagi waktu. Tapi beliau lebih memilih mundur," kata Ujang di Jakarta, Jumat (10/3/2023).

Ujang melihat, Amali ingin menunjukan bahwa etika politik harus dijunjung oleh pejabat publik. Disamping itu, Amali juga ingin memperlihatkan bahwa mengabdi kepada bangsa dan negara tidak harus melihat tinggi rendahnya jabatan tersebut. Sebab, bagi kalangan umum akan melihat tidak masuk akal seorang mundur dari menteri untuk menjadi Waketum PSSI yang jabatannya lebih di bawah.

"Pak Amali ini menjadi contoh etika politik pejabat, yang memilih fokus di salah satu jabatan ketika diberikan dua jabatan sekaligus. Padahal, sekarang ini banyak pejabat yang merangkap juga di beberapa instansi," ujarnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Patut Dicontoh

Akademisi Universitas Al-Azhar Indonesia ini berharap makin banyak politisi, pejabat, dan birokrat yang mengikuti jejak Amali. Tidak rakus dengan merangkap jabatan.

"Itu yang diharapkan masyarakat. Apalagi akhir-akhir ini kepercayaan terhadap pejabat publik dan pemerintah menurun karena kehidupan super mewah pejabat. Ini patut dicontohlah," harapnya.

Menpora Zainudin Amali ingin fokus sebagai waketum PSSI
Infografis Menpora Zainudin Amali ingin fokus sebagai waketum PSSI. (Triyasni/Liputan6.com)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya