Jelang Ramadhan, Kejari Banyuwangi Musnahkan Barang Bukti Sitaan Sabu dan Obat Terlarang

Kejaksaan Negeri Banyuwangi memusnahkan sejumlah barang bukti sitaan sejumlah kasus. Di antaranya adalah 1.764 butir pil trihexyphenidil, 133 butir pil dextri dan 12 butir tramadol dan sabu-sabu.

oleh Hermawan Arifianto diperbarui 16 Mar 2023, 06:04 WIB
Diterbitkan 16 Mar 2023, 06:04 WIB
Proses pemusnahan BB oleh Kejaksaan Negeri Banyuwangi (Istimewa)
Proses pemusnahan BB oleh Kejaksaan Negeri Banyuwangi (Istimewa)

Liputan6.com, Banyuwangi - Kejaksaan Negeri Banyuwangi memusnahkan sejumlah barang bukti sitaan sejumlah kasus. Di antaranya adalah 1.764 butir pil trihexyphenidil, 133 butir pil dextri dan 12 butir tramadol dan sabu-sabu.

Kepala Kejari Banyuwangi Suhardjono menyatakan, barang bukti yang dimusnahkan itu terdiri dari 33 perkara yang telah diputus dan mempunyai kekuatan hukum tetap atau inkracht. Dari barang bukti yang dimusnahkan didominasi perkara pidana narkoba.

Kata Suhardjono selain perkara narkoba dan obat-obatan terlarang, dalam pemusnahan barang bukti ini juga terdapat perkara lain. Seperti kekerasan dalam rumah tangga (KDRT), penganiayaan, pencurian, dan tindak pidana ringan (tipiring).

“Selain narkotika, peredaran obat-obatan juga menjadi kasus yang memprihatinkan karena remaja sudah mengkonsumsinya,” paparnya.

Untuk itu, pihaknya terus berupaya menegakkan hukum secara professional, proposional dan akuntabel agar bisa memberikan efek jera kepada para pelaku tindak pindana.

“Kami selalu berkomitmen untuk menjadi lembaga penegakan hukum yang professional, profosional dan akuntabel,” tegasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Penegakan Penanganan Barang Bukti

Suhardjono menambahkan, pihaknya juga melakukan upaya penegakan dalam penanganan barang bukti yang merupakan tugas dan tanggung jawabnya, sehingga tidak ada tunggakan atau penemumpukan barang bukti.

“Kita berupaya secara maksimal penanganan barang bukti ini karena ini merupakan tanggungjawab kami,” pungkasnya.

 

 

Infografis Ragam Material Fesyen Berkelanjutan
Macam-macam material fesyen berkelanjutan. (dok. Liputan6.com/Trie Yasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya