Silaturahmi Kebangsaan di Surabaya, Anies Baswedan Disambut Meriah Relawan hingga Takmir Masjid Al Akbar

Di tengah aksi penolakan yang dilakukan kelompok Pejuang Nusantara Indonesia Bersatu (PNIB), kedatangan bakal calon presiden (bacapres) Anies Baswedan mendapatkan sambutan luar biasa dari relawan bahkan dari tamkir Masjid Al Akbar Surabaya (MAS).

oleh Yusron FahmiDian Kurniawan diperbarui 17 Mar 2023, 14:25 WIB
Diterbitkan 17 Mar 2023, 14:23 WIB
Anies Baswedan saat salat Jumat di Masjid Agung Surabaya. (Dian Kurniawan/Liputan6.com)
Anies Baswedan saat salat Jumat di Masjid Agung Surabaya. (Dian Kurniawan/Liputan6.com)

Liputan6.com, Surabaya - Di tengah aksi penolakan yang dilakukan kelompok Pejuang Nusantara Indonesia Bersatu (PNIB) yang sempat muncul, kedatangan bakal calon presiden (bacapres) Anies Baswedan mendapatkan sambutan luar biasa dari relawan bahkan dari tamkir Masjid Al Akbar Surabaya (MAS).

"Selamat datang mantan Menteri Pendidikan dan mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Masjid Al Akbar Surabaya," ujar takmir MAS sebelum azan salat Jumat melalui pengeras suara, Jumat (17/3/2023).

Usai salat Jumat di MAS, Anies Baswedan bergeser untuk makan siang di Sentra Wisata Kuliner (SWK) Gayungan Surabaya.

"Anies Presiden, Anies Presiden, Anies Presiden," ucap relawan yang sedang menunggu kedatangan Anies di SWK.

Sementara itu, Anies Baswedan mengaku Surabaya merupakan kota tempat asal keluarga besarnya.

"Alhamdulillah saya bersyukur sekali hari ini bisa pulang ke surabaya. Surabaya adalah kota di mana keluarga kami berasal, kakek kami berasal dari sini, besar di Ampel," ujar Anies.

Usai bertemu dengan berbagai elemen masyarakat di surabaya. Anies juga akan mengunjungi Madura untuk menyapa masyarakat di sana.

"Hari ini saya bersyukur bisa bertemu dengan begitu banyak teman lama, aktivis-aktivis, dan siang menunaikan salat jumad di Masjd Al-Akbar sekaligus segenap pengurus sebelum acara dimulai, dan akan melanjutkan acara minggu pagi di Surabaya dan Madura," ucap Anies.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Silaturahmi Kebangsaan

Partai Demokrat Resmi Dukung Anies Baswedan Maju Capres 2024
Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY (kiri) menyalami Anies Baswedan saat menyampaikan pernyataan kepada awak media usai menggelar rapat terbatas di DPP Partai Demokrat, Jakarta, Kamis (2/3/2023). Dalam rapat terbatas tersebut membahas bahwa Partai Demokrat telah resmi memberikan dukungan kepada Anies Baswedan untuk maju sebagai calon presiden pada Pemilihan Presiden 2024. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Wakil Ketua DPW Partai NasDem Jatim Vincensius Awey menambahkan, Anies Baswedan datang untuk menyapa masyaralat Surabaya dan Jawa Timur dan akan menggelar silaturahmi kebangsaan bertemu simpul relawan di Jawa Timur.

"Pak Anies Baswedan berada di Jatim dijadwalkan selama tiga hari. Setelah salat Jumat, Anies akan makan siang dan selanjutnya akan bertemu kalangan relawan di Dyandra Convention Center sekitar pukul 15.00 WIB," ujarnya.

Pada keesokan harinya, Anies dijadwalkan bakal menggelar kegiatan di Sampang Madura. Sementara pada Minggu pagi, di antaranya Anies direncanakan akan melakukan kegiatan jalan santai, dan parade budaya serta festival menanam kebaikan menjemput perubahan.

"Tentu itu bukan kampanye. Tapi, sebagai sapaan hangat dari salah satu putra bangsa, ya tentu kan tidak masalah," ujar mantan anggota DPRD Surabaya itu.

Di samping itu, saat ini disebut belum memasuki tahapan kampanye lantaran belum ada kontestan yang telah diputuskan resmi oleh KPU. Sehingga menurut Awey, kunjungan ke Jatim tidak dalam rangka kampanye Anies.

"Ini merupakan bagian dari silaturahmi menyapa simpul relawan dan pendukungnya di Jatim dengan beragam latar belakang dan tersebar," katanya.

Infografis Manuver Pertemuan Anies Baswedan dan Surya Paloh
Infografis Manuver Pertemuan Anies Baswedan dan Surya Paloh. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya