USD Raih Akreditasi Unggul, Rektor: Jadi Penambah Semangat Jalankan Program Tri Dharma

Universitas Sanata Dharma (USD) Yogyakarta berhasil meraih peringkat akreditasi institusi unggul berdasarkan Surat Keputusan Direktur Dewan Eksekutif BAN-PT nomor 614/SK/BAN-PT/Ak.KP/PT/IX/2023.

oleh Liputan6.com diperbarui 18 Sep 2023, 13:25 WIB
Diterbitkan 18 Sep 2023, 13:13 WIB
Universitas Sanata Dharma (USD) Yogyakarta berhasil meraih peringkat akreditasi institusi unggul. (Istimewa)
Universitas Sanata Dharma (USD) Yogyakarta berhasil meraih peringkat akreditasi institusi unggul. (Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta Universitas Sanata Dharma (USD) Yogyakarta berhasil meraih peringkat akreditasi institusi unggul berdasarkan Surat Keputusan Direktur Dewan Eksekutif BAN-PT nomor 614/SK/BAN-PT/Ak.KP/PT/IX/2023.

USD menjadi salah satu dari 74 perguruan tinggi, baik negeri maupun swasta yang ditetapkan menyandang peringkat akreditasi unggul. Akreditasi institusi ini berlaku sejak 12 September 2023 sampai dengan 21 Desember 2026.

Rektor USD Albertus Bagus Laksana atau Romo Bagus menyebut pencapaian ini tidak lepas dari bagian dari cita-cita USD untuk menjadi perguruan tinggi yang unggul.

“USD memiliki cita-cita besar yang tertuang dalam sasaran jangka menengah Rencana Strategis 2023-2027, yaitu untuk menjadi universitas yang unggul secara nasional lewat program studi yang interdisipliner dan tanggap zaman, serta lulusan yang menjadi pribadi tangguh dan berperan secara lokal dan global,” paparnya Romo Bagus, Senin (18/9/2023).

Romo Bagus juga menambahkan bahwa peringkat akreditasi unggul ini adalah rekognisi dari BAN-PT dan publik yang tentu juga menambah gairah dan semangat untuk terus bekerja keras menjalankan banyak program Tri dharma kampus secara lebih berkualitas.

Menurutnya, peringkat unggul ini juga merupakan ungkapan dari keberdayaan USD untuk melakukan banyak program Tridharma secara lebih berkualitas sebagai universitas Jesuit, terutama lewat program-program strategis yang menegaskan arah keterlibatan USD di Indonesia dan dunia global yang sedang dilanda banyak krisis.

“Semoga USD yang berwawasan global namun berakar pada realitas lokal, semakin mempunyai energi untuk membantu sesama membina relasi dengan Tuhan; menemani mereka yang miskin dan tertindas; menemani penjelajahan kaum muda menuju masa depan berpengharapan; dan merawat bumi sebagai rumah bersama,” tandasnya.

 


Ukur Output-Outcome

Sementara itu, Ketua Lembaga Penjaminan Mutu dan Audit Internal (LPMAI) USD Yustina Sri Hartati mengatakan konversi akreditasi ini menjadi sebuah kebutuhan karena BAN-PT menerapkan perubahan paradigma dalam akreditasi dari penilaian input-process ke output-outcome.

“Peringkat akreditasi A diperoleh dari penilaian dengan instrumen yang lebih mengukur input-process sedangkan peringkat unggul lebih mengukur output-outcome. PT dengan peringkat akreditasi A dapat mengajukan konversi ke peringkat unggul melalui pengajuan borang Instrumen Suplemen Konversi (ISK) PT. Apabila memenuhi kriteria, maka BAN-PT dapat menetapkan peringkat akreditasi hasil konversi dari A ke unggul,” jelasnya.

Yustina menambahkan bahwa USD memaknai ‘Unggul’ bukan dalam suatu kerangka kompetisi atau perbandingan, namun dalam kerangka pengembangan diri setiap pribadi yang berkontribusi pada lembaga USD secara terus-menerus.

“Sesuai dengan semangat MAGIS yang diyakini USD sebagai lembaga pendidikan Jesuit, maka peringkat unggul harus dipahami sebagai kepemilikan karakter unggul dari semua insan yang terlibat di USD. Setiap individu yang terlibat di USD diarahkan untuk mengembangkan bakat serta kemampuan pribadinya dari tahapan satu ke tahapan lain yang lebih jauh atau lebih tinggi,” ungkapnya.

 

Infografis Mimpi SBY Naik Kereta Bersama Jokowi dan Megawati. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Mimpi SBY Naik Kereta Bersama Jokowi dan Megawati. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya