Dilirik PKB Maju Pilkada Jabar, Sandiaga: DKI Saya Jauh Lebih Kenal Karena Pernah Jadi Wagub

Sandiaga mengatakan, perlu kerja keras jika maju di Jabar. Sebab, Jabar merupakan provinsi yang terbesar di Indonesia dari jumlah penduduk.

oleh Yusron Fahmi diperbarui 22 Jul 2024, 13:03 WIB
Diterbitkan 22 Jul 2024, 13:03 WIB
Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPP PPP Sandiaga Uno hadir dalam Bimtek anggota DPRD PPP seluruh Indonesia, di Hotel Mercure Ancol, Sabtu (21/10/2023) (Istimewa)
Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPP PPP Sandiaga Uno hadir dalam Bimtek anggota DPRD PPP seluruh Indonesia, di Hotel Mercure Ancol, Sabtu (21/10/2023) (Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengaku sedikitnya ada dua partai politik yang mengusulkan namanya untuk maju di Pilkada Jabar 2024. Namun, dia mengaku lebih percaya diri untuk maju pada Pilkada Jakarta.

"Kalau DKI (Jakarta) saya jauh lebih kenal karena pernah mengikuti pilkada dan menjabat sebagai wakil gubernur, tapi belum ada penugasan di DKI, jadi sabar dulu menunggu penugasan," kata Sandiaga di Gedung Sate Bandung, Minggu 21 Juli 2024.

Sandiaga mengatakan, perlu kerja keras jika maju di Jabar. Sebab, Jabar merupakan provinsi yang terbesar di Indonesia dari jumlah penduduk.

"Jabar ini provinsi terbesar dan perlu kerja keras betul. Dan incumbent sendiri memiliki rekaman jejak yang baik, dan hasil berbagai survei menunjukkan incumbent sangat kuat dan diunggulkan di sini. Saya sendiri sebagai kader belum ada penugasan dari partai, termasuk untuk Jabar," ujar Sandiaga Uno.

Dengan belum adanya penugasan dari PPP, Sandiaga mengatakan dirinya kini berfokus pada tugas di kementerian selama tiga bulan ini untuk mempersiapkan penggantinya.

"Selama tiga bulan terakhir ini, kami harus menyiapkan kementerian untuk pengganti saya. Karenanya kita harus fokus menyelesaikan beberapa tugas dan menyiapkan tongkat estafet," ujarnya.

Sandiaga mengharapkan Pilkada 2024 di Jabar berjalan lancar dan aman.

"Untuk keterlibatan tentu partai yang memutuskan dan harus betul-betul dipertimbangkan karena Jabar adalah provinsi yang besar, sangat luas dengan jumlah penduduk terbesar se-Indonesia. Di samping itu kita harapkan semua pilkada berjalan lancar terlebih Jabar itu barometer," ujarnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Dukungan PKB

PKB Lirik Sandiaga Uno Maju Pilkada Jawa Barat 2024
Waketum PKB Jazilul Fawaid mengungkapkan, partainya tertarik mengusung Menparekraf Sandiaga Uno maju di Pilkada Jawa Barat. (Liputan6.com/Winda Nelfira)

Sebelumnya, Wakil Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jazilul Fawaid mengatakan, Sandiaga dipertimbangkan untuk didukung oleh partainya maju di Pilkada Jawa Barat 2024.

Menurutnya nama kader PPP itu menjadi aspirasi dari jajaran PKB. Untuk itu, menurutnya PKB masih menjajaki kemungkinan Sandiaga Uno untuk didukung menjadi calon gubernur Jawa Barat.

"Beberapa aspirasi masuk dari jajaran PKB supaya Pak Sandiaga dimasukkan menjadi calon gubernur di Jawa Barat," kata Jazilul usai mengikuti Silaturahim Kebangsaan MPR RI di Kantor DPP PAN , Jakarta, Rabu 3 Juli 2024.

Menurutnya aspirasi terkait Sandiaga Uno itu masuk karena sosok politisi itu berasal dari Jawa Barat. Dengan begitu, menurutnya nama Sandiaga Uno bukan dipertimbangkan untuk Pilkada Jakarta.

"Kalau Pak Sandi siaplah, Pak Sandi siap," kata Jazilul.

Infografis Bursa Kandidat dan Prediksi Koalisi Pilkada Jakarta 2024. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Bursa Kandidat dan Prediksi Koalisi Pilkada Jakarta 2024. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya