Demokrat Beri Rekomendasi Dukungan Ipuk-Mujiono pada Pilkada Banyuwangi 2024

Selain mempunyai sepak terjang yang baik dalam birokrasi pemerintahan, Mujiono dianggap mampu diandalkan dalam mencari solusi penyelesaian masalah di daerah.

oleh Hermawan Arifianto diperbarui 29 Jul 2024, 16:03 WIB
Diterbitkan 29 Jul 2024, 16:03 WIB
Ketua DPC Partai Demokrat Banyuwangi Michael Edy Hariyanto  (Hermawan Arifianto/Liputan6.com)
Ketua DPC Partai Demokrat Banyuwangi Michael Edy Hariyanto (Hermawan Arifianto/Liputan6.com)

Liputan6.com, Banyuwangi - Partai Demokrat menerbitkan surat rekomendasi kepada Ipuk Fiestiandani untuk Pilkada Banyuwangi 2024.

Dalam surat itu, Partai Demokrat tidak hanya merekomendasikan nama kandidat calon bupati Banyuwangi saja, melainkan juga nama kandidat wakil bupati, yakni Mujiono.

Ketua DPC Partai Demokrat Banyuwangi Michael Edy Hariyanto mengatakan, keluarnya surat rekomendasi itu sebagai bukti kesungguhan dan komitmen partai dalam memilih pemimpin yang terbaik.

"Ini bukti keseriusan Partai Demokrat," kata Michael, Senin (29/7/2024).

Munculnya nama Mujiono sebagai wakil bupati Ipuk dalam rekomendasi Partai Demokrat cukup mengejutkan publik. Sebab yang bersangkutan saat ini masih menjabat sebagai Sekda Banyuwangi.

“Munculnya nama Mujiono, karena dipilih oleh Bu Ipuk. Beliau dianggap cocok dan bisa diajak bekerja sama,” ungkap Michael.

Selain mempunyai sepak terjang yang baik dalam birokrasi pemerintahan, Mujiono dianggap mampu diandalkan dalam mencari solusi penyelesaian masalah di daerah.

Michael memastikan surat rekomendasi yang terbit tersebut bukan hanya surat biasa, namun sifatnya mengikat, karena dalam bentuk B.1-KWK.

B.1-KWK sendiri merupakan form yang digunakan kandidat calon bupati dan calon wakil bupati untuk mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Tanpa form bermaterai itu, dukungan partai dianggap belum sah. Sehingga dengan kata lain, SK partai saja belum bisa digunakan mendaftar ke KPU.

“Jadi bukan hanya sebatas rekom, sehingga keputusan Partai Demokrat dalam mengusung dan mendukung duet Ipuk-Mujiono, ini tidak akan berubah," ujar Michael.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Bentuk Tim Pemenangan

Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani (Istimewa)
Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani (Istimewa)

Dijelaskan, dalam hirarki admistrasi surat-menyurat kepartaian secara umum dikenal Surat Tugas (ST), Surat Rekomendasi (SR), Surat Keputusan (SK), dan yang paling tinggi B.1-KWK.

"Sekali lagi. Ini bentuk keseriusan kami Partai Demokrat dalam menentukan pemimpin," terang Michael.

Setelah surat rekomendasi tersebut muncul, Michael bersama jajaran Partai Demokrat Banyuwangi akan all out mendukung dan memenangkan istri Menpan-RB Abdullah Azwar Anas itu dalam Pilkada Banyuwangi 2024.

“Kami segera membentuk tim pemenangan dan mengerahkan seluruh potensi kader partai untuk mengantarkan Bu Ipuk kembali menjadi Bupati Banyuwangi,” tandas Michael.

Infografis Kilas Balik Satgas Nusantara Amankan Pilkada hingga Pilpres. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Kilas Balik Satgas Nusantara Amankan Pilkada hingga Pilpres. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya