Samsung Indonesia Jaring Ide Kreatif dengan Program Ideaction

Inisiatif Ideaction ini akan menjadi ajang penjaring sejumlah ide dari masyarakat yang dilakukan oleh Samsung Indonesia

oleh Agustinus Mario Damar diperbarui 19 Feb 2017, 12:02 WIB
Diterbitkan 19 Feb 2017, 12:02 WIB
Samsung
Corporate Marketing Samsung Electronics Indonesia Jo Semindang (liputan6.com/Agustinus M. Damar)

Liputan6.com, Singapura - Samsung Indonesia baru saja mengumumkan sebuah inisiatif yang mengajak masyarakat Indonesia untuk mengungkapkan ide yang dimilikinya. Program bernama Ideaction ini merupakan sarana Samsung untuk menampung beragam ide dari masyarakat dan membantu untuk mewujudkannya.

Menurut Corporate Marketing Samsung Electronics Indonesia Jo Semindang, program serupa sebenarnya sudah pernah dilakukan tahun lalu. Namun ketika itu, program ini ditujukan secara terbatas untuk mahasiswa. Sementara, program Ideaction tahun ini dibuka untuk masyarakat yang lebih luas.

"Melalui Samsung Ideaction, kami ingin mengajak konsumen sebagai bagian dari inovasi yang dihadirkan Samsung. Terlebih masyarakat Indonesia itu kreatif, karenanya sayang kalau ide kreatif yang ada itu tak bisa diimplementasikan," tuturnya saat bertemu dengan awak media di Singapura, Jumat (17/2/2017).

Program ini sendiri dibagi dalam ketiga kategori, yaitu produk, marketing, dan pengembangan masyarakat. Jadi, masyarakat dapat menyalurkan ide yang sesuai dengan ketertarikannya masing-masing dari tiga kategori itu. Nantinya, Samsung pun akan memilih ide terbaik yang terdaftar dalam inisiatif ini dan hadiah untuk ide terbaik tiap bulan.

"Ide terbaik yang berhasil terpilih akan mendapat pembimbingan dari Samsung mengenai gagasannya tersebut. Selepas itu, juga disiapkan pendanaan untuk mewujudkan ide tersebut menjadi produk nyata," ujarnya. Untuk informasi, ide terpilih ditentukan berdasarkan relevansinya dengan masing-masing kategori di program Ideaction ini.

Lebih lanjut Jo juga menuturkan inisiatif ini memang lebih ditujukan pada ide-ide dari individu, karena tak jarang mereka kesulitan untuk mewujudkannya. Hanya untuk saat ini, inisiatif ini memang masih ditujukan untuk ide-ide yang dapat diwujudkan dalam jangka pendek.

Kendati demikian, bukan tak mungkin ide-ide tersebut dapat diteruskan ke pihak-pihak terkait termasuk oleh Samsung sendiri.

Program pertama ini sudah dibuka dan ditutup pada akhir bulan Maret 2016. Bagi yang tertarik untuk mengikuti program ini dapat mengunjungi situs resmi My Ideaction.

Samsung Indonesia juga membuat sistem yang interaktif dalam program Ideaction kali ini. Tak hanya Samsung yang dapat menentukan ide terbaik, masyarakat lain juga dapat memberikan umpan balik mengenai sejumlah ide yang didaftarkan dalam kompetisi ini.

(Dam/Cas)

 

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya