Pandemi Corona Diprediksi Bikin Pendapatan Twitter Menurun

Twitter pada Senin (24/3/2020) mengoreksi proyeksi pendapatan kuartal I 2020, disebabkan penyebaran virus Corona berdampak pada penjualan iklan perusahaan.

oleh Andina Librianty diperbarui 25 Mar 2020, 15:11 WIB
Diterbitkan 25 Mar 2020, 15:11 WIB
Twitter
Ilustrasi Twitter (iStockPhoto)

Liputan6.com, Jakarta - Twitter pada Senin (24/3/2020) mengoreksi proyeksi pendapatan kuartal I 2020 disebabkan penyebaran Covid-19 yang berdampak pada penjualan iklan perusahaan. Namun di sisi lain, pandemi global tersebut meningkatkan jumlah pengguna aktifnya.

"Dampak Covid-19 dimulai di Asia dan menjadi pandemi global, hal ini berdampak terhadap pendapatan iklan Twitter secara global lebih siginfikan dalam beberapa pekan terakhir," ujar Chief Financial Officer Twitter, Ned Segal, dalam pernyataan resmi, seperti dikutip dari Reuters, Rabu (25/3/2020).

Twitter memperkirakan pendapatan kuartal pertama tahun ini sedikit turun secara year-over-year. Sebelumnya, perusahaan memperkirakan pendapatan antara USD 825 juta dan USD 885 juta, naik 8,6 persen dari setahun sebelumnya.

Media sosial berbasis mikroblog itu dijadwalkan mengumumkan kinerja keuangannya pada 30 April 2020.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Penggunaan Media Sosial

Twitter
Ilustrasi Twitter (iStockPhoto)

Reuters mencatat, penyebaran virus Corona telah membuat media sosial seperti Twitter menjadi layanan penting bagi banyak orang. Pasalnya, orang-orang ingin terus mengikuti perkembangan beritanya, dan tetap bisa berhubungan dengan teman-teman secara virtual.

Di sisi lain, banyak pengiklan dilaporkan menarik anggaran pemasaran untuk mengendalikan keuangan karena ketikdapastian soal Covid-19. Para pengiklan juga khawatir merek mereka dikaitkan dengan topik sensitif tersebut.

Pihak Twitter pada Senin juga mengungkapkan, total pengguna aaktif harian monetisable (mDAU) melonjak 23 persen menjadi 164 juta. Hal ini terutama didorong percakapan mengenai Covid-19, serta berbagai peningkatan produk yang sedang berlangsung.

(Din/Why)

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya