Ini 3 Startup Indonesia yang Lulus dari Google for Startups Accelerator

Tiga startup asal Indonesia berhasil lulus dari Google for Startups Accelerator: Southeast Asia. Siapa sajakah mereka?

oleh Iskandar diperbarui 13 Nov 2020, 07:00 WIB
Diterbitkan 13 Nov 2020, 07:00 WIB
Startup
Ilustrasi Startup (iStockPhoto)

Liputan6.com, Jakarta - Tiga startup asal Indonesia berhasil lulus dari Google for Startups Accelerator: Southeast Asia. Mereka adalah Hacktiv8 , Kata.ai, dan Riliv.

Setelah mendapatkan bimbingan online dan dukungan khusus selama tiga bulan, ketiga startup lokal bersama 12 peserta lain dari Asia Tenggara akhirnya menyelesaikan program tersebut.

"Kami mengucapkan selamat kepada 15 startup Asia Tenggara, termasuk Kata.ai, Hacktiv8, dan Riliv dari Indonesia, atas kelulusan mereka," kata Randy Jusuf, Managing Director Google Indonesia, melalui keterangannya, Jumat (13/11/2020).

Randy menilai, mereka bekerja keras untuk memecahkan beberapa tantangan yang sangat penting di Indonesia dan di kawasan mereka.

"Google, melalui program Accelerator, senang sekali bisa mendukung mereka semua," ucapnya melanjutkan.

Accelerator memberikan akses ke dukungan terbaik Google--SDM, jaringan, dan teknologi canggih--untuk membantu startup menciptakan produk yang hebat.

 


Bimbingan dan Dukungan Teknis

Hacktiv8, Kata.ai, dan Riliv
Hacktiv8, Kata.ai, dan Riliv

Para peserta menerima bimbingan dan dukungan khusus dari jaringan mentor global dari Google, serta akses ke pakar AI/ML, Cloud, Android, dan Web dari Google.

Selain bimbingan dan dukungan untuk proyek teknis, Accelerator juga memberikan pembahasan mendalam dan lokakarya yang berfokus pada desain produk, strategi bisnis, pemerolehan pelanggan, dan pengembangan kepemimpinan bagi pendiri startup.

"Kami paham banyak startup tengah berjuang mengatasi tantangan untuk beradaptasi dengan situasi baru yang ditimbulkan Covid. Melalui Accelerator, kami ingin memanfaatkan dukungan terbaik Google untuk membantu startup Indonesia menyesuaikan strategi dan beradaptasi dengan keadaan saat ini," tutur Head of Startup Ecosystem SEA, Thye Yeow Bok.

 


Persaingan 600 Startup

Irzan Raditya, CEO & Co-founder Kata.ai. Dok: Google Indonesia
Irzan Raditya, CEO & Co-founder Kata.ai. Dok: Google Indonesia

Lebih dari 600 startup mendaftar program Accelerator. Google secara khusus mencari startup yang menawarkan solusi di bidang layanan kesehatan, pendidikan, keuangan, atau logistik terkait dengan adanya pembatasan sosial saat ini.

Startup yang dipulih harus menggunakan AI/ML atau analisis data dengan cara yang efektif; atau yang memanfaatkan teknologi untuk menjadikan dunia lebih ramah bagi manula atau difabel.

Irzan Raditya, CEO & Co-founder Kata.ai mengatakan orogram Google for Startup Accelerator membantu perusahaan membuka jalan pikir, mengetahui praktik terbaik, dan strategi/teknik tertentu di bidang yang ingin dipelajari lebih dalam.

"Kami bukan hanya belajar hal-hal praktis dari para pakar dan talenta terbaik di bidangnya, tetapi kami juga dibantu jika memiliki pertanyaan, kesulitan, atau ketika kami ingin dibukakan channel/jaringan ke individu tertentu. Ini sangat bermanfaat bagi saya dan co-founder lainnya," jelas Irzan.

(Isk/Ysl)

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya