Facebook dan Google Bangun Kabel Bawah Laut, Hubungkan Jepang hingga RI

Facebook dan bertujuan tengah menggarap Project Apricot, sebuah kabel bawah laut sepanjang 7.500 mil.

oleh Giovani Dio Prasasti diperbarui 19 Agu 2021, 12:00 WIB
Diterbitkan 19 Agu 2021, 12:00 WIB
Ilustrasi jaringan internet
Ilustrasi jaringan internet. Kredit: Pete Linforth via Pixabay

Liputan6.com, Jakarta - Facebook dan Google sedang membangun kabel internet bawah laut baru. Proyek ini bertujuan menghadirkan internet yang lebih cepat di berbagai negara, termasuk Indonesia.

Pada Minggu pekan lalu, Facebook mengatakan bahwa mereka membantu membangun kabel sepanjang 7.500 mil yang menghubungkan negara-negara termasuk Jepang, Indonesia, Filipina, dan Taiwan.

Melansir New York Post, Kamis (19/8/2021), proyek berjuluk 'Project Apricot' ini diharapkan meluncur pada 2024 dan akan membantu menghadirkan internet 4G, 5G, serta broadband yang lebih baik di wilayah-wilayah ini.

Mereka nantinya akan melengkapi kabel laut lain yang menghubungkan Singapura, Indonesia, dan Amerika Utara, dan diluncurkan Maret tahun ini bekerja sama dengan beberapa perusahaan telekomunikasi Asia.

"Kabel Apricot adalah bagian dari upaya berkelanjutan kami untuk memperluas infrastruktur jaringan global," kata Nico Roehrich, Manager of Network Investments Facebook, mengutip CNET.

"Dan melayani lebih dari 3,5 miliar orang di seluruh dunia yang menggunakan layanan kami setiap bulan," ia menambahkan.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Kabel Bawah Laut untuk Afrika

Peta kabel telekomunikasi bawah laut dunia
Peta kabel telekomunikasi bawah laut di dunia. (Doc: Submarine Cable Map)

Kedua raksasa teknologi itu belum mengungkapkan berapa biaya yang mereka habiskan untuk Project Apricot. Namun, kabel ini berpotensi membawa akses internet ke jutaan pelanggan baru.

Pada hari Senin pekan ini, Facebook juga mengatakan mereka akan memperluas proyek kabel bawah laut sepanjang 23 ribu mil yang akan mengelilingi seluruh benua Afrika dan menghubungkan Eropa.

Kabel bernama 2Africa itu dirancang untuk menghubungkan 26 negara termasuk Nigeria, Afrika Selatan, Uganda, serta Republik Demokratik Kongo.

Bloomberg juga melaporkan Facebook telah menambahkan Angola dan negara-negara kepulauan Seychelles dan Komoro di Samudra Hindia ke dalam proyek 2Africa.


Membawa Internet ke Afrika

Ilustrasi anak-anak beraktivitas di dunia maya/di internet
Ilustrasi anak-anak beraktivitas di dunia maya/di internet. Kredit: Marc Thele via Pixabay

Untuk 2Africa, Facebook menggandeng perusahaan telekomunikasi Tiongkok China Mobile dan MTN Group dari Afrika Selatan.

Mereka mengatakan, perluasan proyek itu bertujuan untuk membawa lebih banyak orang di Afrika terhubung dengan internet. Council of Foreign Relations melaporkan, hanya 40 persen penduduk di benua itu yang memiliki akses internet.

Di 2016, kala berusaha membawa internet ke Afrika, Facebook membangun satelit senilai US$ 200 juta untuk memancarkan internet ke benua itu. Mereka menyewa SpaceX untuk peluncuran satelit tersebut, namun roket itu meledak di landasan.

Bloomberg melaporkan, Facebook dan Google sendiri berada di belakang sekitar 80 persen dari semua investasi kabel bawah laut dalam trans-Atlantik dalam beberapa tahun terakhir.

(Dio/Isk)


Infografis Era Teknologi 5G di Indonesia

Infografis Era Teknologi 5G di Indonesia
Infografis Era Teknologi 5G di Indonesia (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya