Game Stardew Valley Bakal Jadi Esports, Hadiahnya Rp 576 Juta

Pertandingan game Stardew Valley ini berhadiah total senilai USD 40 ribu atau Rp 576 juta.

oleh Giovani Dio Prasasti diperbarui 27 Agu 2021, 08:00 WIB
Diterbitkan 27 Agu 2021, 08:00 WIB
Stardew Valley
Stardew Valley (Doc: Chucklefish Games)

Liputan6.com, Jakarta - Jika biasanya esports identik dengan game seperti League of Legends, PUBG, atau Mobile Legends, ada yang berbeda dari pertandingan satu ini. Permainan yang dipertandingkan adalah Stardew Valley.

Pencipta game Stardew Valley, Eric Barone alias ConcernedApe, baru-baru ini mengumumkan Stardew Valley Cup akan berlangsung pada 4 September 2021.

"Ini adalah kompetisi keterampilan, pengetahuan, dan kerja tim, dengan kumpulan hadiah lebih dari USD 40 ribu (Rp 576 juta)," kata Barone di Twitternya, seperti mengutip Engadget, Jumat (27/8/2021).

Dilaporkan Kotaku, Barone dan streamer Stardew Valley Zach "UnsurpassableZ" Hartman, telah membuat lebih dari 100 tantangan yang harus dihadapi para kompetitor.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Terdiri dari Empat Tim

Stardew Valley Cup (Tangkapan Layar Twitter ConcernedApe)
Stardew Valley Cup (Tangkapan Layar Twitter ConcernedApe)

Nantinya, empat tim yang terdiri dari empat pemain, masing-masing memiliki waktu tiga jam untuk menyelesaikan tugasnya sebanyak mungkin.

Tantangan mencakup memberikan seseorang hadiah yang mereka cintai di Feast of Winter Star, memenangkan kontes memancing di es, dan menyelesaikan bundel item di Community Center.

Dalam sebuah video penjelasan, Hartman mengatakan jumlah poin yang diterima berbeda berdasarkan kesulitan tugas.

Mulai dari yang relatif mudah seperti menamai kuda "Sprout," atau yang lebih sulit seperti menyelesaikan tugas di Community Center atau mencapai lantai 100 Skull Cavern.

Dikutip dari PC Gamer, kompetitor yang akan berpartisipasi termasuk tokoh-tokoh di komunitas Stardew Valley seperti SharkyGames, Youtuber Sims lilsimsie, dan Matthew McCleskey.


Ada Misi Kejutan

Stardew Valley (Tangkapan Layar Youtube ConcernedApe)
Stardew Valley (Tangkapan Layar Youtube ConcernedApe)

Para pemain pun harus memiliki prioritas untuk menyelesaikan tugas-tugas mereka, mengingat beberapa darinya mungkin tidak memiliki banyak poin.

Belum lagi, Hartman juga mengungkapkan akan ada tantangan kejutan dengan nilai yang sangat besar, sehingga membuat pemain harus cepat untuk bereaksi meski mereka tengah mengerjakan satu misi utama.

"Akan ada lima tantangan secara total dan masing-masing dari mereka bernilai 50 poin yang saya harap menggoda pemain menjauh dari rute yang ditentukan dan mengambil risiko mengambil biskuitnya," katanya.

Baik Barone dan Hartman akan menjadi komentator untuk pertandingan yang disiarkan di saluran Twitch milik Hartman, UnsurpassableZ.

Stardew Valley sendiri merupakan game simulation role-playing yang terinspirasi dari Harvest Moon. Ia pertama kali dirilis untuk Microsoft Windows pada tahun 2016.

Mirip dengan Harvest Moon, pemain dapat melakukan aktivitas seperti bercocok tanam, memelihara hewan ternak, bersosialisasi dengan penduduk desa, menambang, hingga menikah.

(Gio/Ysl)


Infografis Bisnis Game di Indonesia

Infografis Bisnis Game di Indonesia (Liputan6.com/Deisy Rika)
Infografis Bisnis Game di Indonesia (Liputan6.com/Deisy Rika)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya