Indonesia vs Singapura Imbang, Warganet: Menang di Leg 2

Dukungan warganet terhadap hasil imbang laga Indonesia vs Singapura masih menggema di Twitter.

oleh Agustinus Mario Damar diperbarui 22 Des 2021, 21:59 WIB
Diterbitkan 22 Des 2021, 21:54 WIB
Witan Sulaeman, Timnas Indonesia, Piala AFF 2020
Pemain Timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam, Witan Sulaeman, dan Pratama Arhan, merayakan gol yang dicetak Witan ke gawang Singapura dalam leg pertama semifinal Piala AFF 2020 di National Stadium, Kallang, Singapura, Rabu (22/12/2021). (Dok. PSSI)

Liputan6.com, Jakarta - Timnas Indonesia mengakhiri laga semifinal Piala AFF 2020 melawan Singapura dengan skor 1-1. Gol skuad Garuda diciptakan oleh Witan Sulaeman di menit ke-28, sedangkan gol Singapura dibuat Ikhsan Fandi di menit ke-70.

Meski belum memenangkan pertandingan, dukungan warganet untuk timnas Indonesia masih terus mengalir di Twitter. Berdasarkan pantauan Tekno Liputan6.com, Rabu (22/12/2021), banyak warganet yang menyuarakan dukungan untuk Evan Dimas dkk.

Dukungan warganet tersebut diberikan bersama dengan tagar #Timnas Indonesia yang kini ada di puncak Trending Topic. Dari pantauan terakhir, ada sekitar 5 ribuan tweet yang diunggah dengan tagar ini.

Sejumlah warganet juga memberikan semangat agar timnas bisa meraih kemenagan di leg kedua. Karenanya, keyword Leg 2 juga masuk dalam Trending Topic di Twitter.

Untuk mengetahui seperti apa dukungan dan harapan warganet Indonesia di laga Indonesia vs Singapura, berikut ini ada beberapa tweet yang sudah dihimpun.

Simak selengkapnya jadwal Piala AFF 2020/2021 dan jadwal Timnas Indonesia, juga hasil pertandingan dan klasemen dengan klik di sini.


Hasil Piala AFF 2020: Kantongi Gol Tandang, Timnas Indonesia Imbangi Singapura

Asnawi Mangkualam, Timnas Indonesia, Piala AFF 2020
Bek sayap Timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam, melakukan penetrasi ke area pertahanan Singapura dalam laga leg pertama semifinal Piala AFF 2020 di National Stadium, Kallang, Singapura, Rabu (22/12/2021). (Dok. PSSI)

Sebagai tim tamu, skuad Garuda bermain mengenakan seragam kedua berwarna hijau-putih. Sementara Singapura memakai jersey utama berwarna merah. Kim Hee-gon asal Korea Selatan menjadi wasit.

Laga berusia 10 menit, kedua tim bermain hati-hati dan gagal menciptakan peluang berarti.

Setelah menerobos sisi kiri pertahanan Indonesia, kiper Nadeo Argawinata terpaksa mementahkan umpan silang. Bola muntah jatuh ke kaki Ikhsan Fandi. Beruntung usahanya masih melebar.

Tidak lama berselang, Nur Adam Abdullah mendapat kartu kuning karena tekel tinggi.

Skuad Merah Putih mendapat empat tendangan penjuru hingga memasuki menit ke-20. Tapi tidak ada yang membuahkan hasil. Pada open play tidak lama berselang, tendangan Witan Sulaeman masih melebar.

Tendangan bebas Singapura menemukan kepala Safuwan Baharudin. Tandukannya memaksa Nadeo Argawinata bekerja mengamankan gawang.


Aksi Witan Sulaeman

Kerja sama Asnawi Mangkualam dan Witan Sulaeman berbuah gol pertama bagi Indonesia. Tendangan kiri Witan tidak mampu dihentikan kiper lawan. Indonesia unggul 1-0 di menit ke-28.

Indonesia melewatkan peluang menggandakan keunggulan. Rachmat Irianto yang menekan lawan sukses merebut bola di area berbahaya. Dia mengirim bola ke Witan Sulaeman yang tendangannya melenceng.

Bek Singapura Safuwan Baharudin kehilangan kesabaran menghadapi permainan cepat timnas sehingga mendapat kartu kuning. Tidak lama berselang babak pertama berakhir. Indonesia mendapat gol tandang berharga berkat kontribusi Witan Sulaeman.

Elkan Baggott dan Ezra Walian masuk di awal babak kedua. Mereka menggantikan Rizky Ridho dan Dedik Setiawan. Singapura juga merombak tim dengan memasukkan Anumanthan Kumar sebagai pengganti Zulfahmi Arifin.

Ikhsan Fandi merebut bola dari Pratama Arhan di kotak penalti. Beruntung tendangannya masih bisa diblok dan menghasilkan tendangan penjuru.

Pertandingan berusia 60 menit. Kedua tim jual beli serangan tapi tidak ada yang membuahkan gol.

Striker Singapura Faris Ramli sukses melewati sejumlah bek Indonesia untuk mendapat peluang. Sayang eksekusi kaki kirinya tidak menemui sasaran.

Evan Dimas menggantikan Rachmat Irianto di lini tengah timnas. Singapura juga memasukkan Zulqarnaen Suzliman dan Shawal Anuar.

Singapura akhirnya menyamakan kedudukan. Ikhsan Fandi lolos dari jebakan offside setelah tuan rumah melancarkan serangan balik. Dia tanpa kesulitan menaklukkan Nadeo Argawinata di menit ke-70. Namun, dia langsung diganti Amy Recha.

Singapura mendapat momentum. Tandukan Safuwan Baharudin mengenai tiang gawang. Sebelumnya liukan Shawal Anuar membuat pertahanan timnas kelabakan.

Tekel Nazrul Nazari terhadap Ricky Kambuaya hanya berbuah tendangan bebas. Padahal tayangan ulang menunjukkan pelanggaran terjadi di kotak penalti. Dari set piece, Indonesia tidak berhasil mengancam gawang Singapura. Ezra Walian kemudian digantikan Hanis Saghara.

Dua pemain pengganti, Hanis Saghara dan Amy Recha, coba mengubah skor laga bagi masing-masing tim. Namun, tendangan mereka masih bisa dimentahkan kiper lawan.

Shin Tae-yong melakukan perjudian terakhir dengan memasukkan Yabes Roni untuk menggantikan Irfan Jaya pada injury time. Namun kedudukan 1-1 tidak berubah.

(Dam/Isk)


Infografis Piala AFF 2020

Infografis Piala AFF 2020 grup
Infografis Grup Piala AFF 2020. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya