Pengguna WhatsApp Sudah Bisa Transfer Chat dari Android ke iOS dan Sebaliknya

Pengguna WhatsApp di Android atau iOS yang ingin beralih platform bisa dengan mudah me-restore chat dari perangkat lama tanpa perlu khawatir data hilang.

oleh Yuslianson diperbarui 21 Jul 2022, 16:58 WIB
Diterbitkan 21 Jul 2022, 16:57 WIB
Aplikasi WhatsApp
Ilustrasi orang yang sedang menggunakan aplikasi WhatsApp. Credits: pexels.com by cottonbro

Liputan6.com, Jakarta - Fitur baru WhatsApp yang memungkinkan pengguna untuk mentransfer chat dari HP Android ke iOS kini sudah tersedia di dalam aplikasi chat milik Meta.

Informasi diumumkan langsung oleh WhatsApp di akun Twitter-nya. Mereka menuliskan, "Cara baru untuk tetap menyimpan chat penting. Hari ini Anda memiliki kemampuan untuk mentrasfer seluruh riwayat chat dari Android ke iOS dan sebaliknya."

Dengan kemampuan ini, pengguna Android atau iOS yang ingin beralih platform bisa dengan mudah me-restore chat perangkat mereka tanpa perlu khawatir hilang.

"Informasi akun, foto profil, chat individu, grup, riwayat obrolan, media, dan pengaturan aplikasi akan ikut ke transfer ke perangkat baru," jelas WhatsApp.

Walau begitu, perusahaan menyebutkan pengguna tidak akan bisa mentrasfer riwayat panggilan dan nama tampilan (display name) user.

Untuk dapat menikmati fitur baru WhatsApp ini, pengguna harus memenuhi beberapa persyaratan sebagai berikut.

1. OS Android Lollipop, SDK 12 atau lebih, atau Android 5 atau lebih baru terinstal di perangkat, iOS 15.5 atau terkini (iPhone), dan harus menginstal aplikasi move to iOS di HP Android

2. WhatsApp iOS versi 2.22.10.70 atau terbaru di perangkat

3. WhatsApp Android versi 2.22.7.74 atau lebih di perangkat asal

4. Pakai nomor ponsel sama di perangkat lama dan di smartphone barunya

5. iPhone kamu harus di reset agar bisa terkoneksi dengan aplikasi Move to iOS, dan memindahkan data dari ponsel Android

6. Baterai terisi atau terhubung dengan daya7. Terkoneksi dengan jaringan WiFi sama atau hubungkan perangkat Android ke hotspot iPhone.

Saat proses transfer data WhatsApp, kamu harus membuat backup di iCloud untuk menggunakan penyimpanan cloud.

Perusahaan menjelaskan, mereka tidak dapat melihat data yang ditransfer pengguna, dan HP Android akan tetap memiliki data kecuali pengguna menghapus WhatsApp atau me-reset ponsel.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Cara Ubah Jenis Font di WhatsApp

Ilustrasi WhatsApp dan aplikasi pesan instan.  Adem AY/Unsplash

Lebih lanjut, ada sejumlah cara yang dilakukan pengguna WhatsApp untuk megungkapkan ekspresi tertentu kepada lawan bicaranya, bisa lewat emoji atau karakter.

Di sisi lain, sebuah fitur yang tak banyak diketahui di WhatsApp juga memungkinkan kamu untuk mengubah jenis font menjadi terlihat lebih kece, simpel, dan clean.

Kamu juga bisa membuat teks menjadi tebal, miring, atau "mencoret". Caranya terbilang gampang dan kamu bisa langsung melakukannya.

Mengubah Font WhatsApp

Kamu bisa mengubah teks WhatsApp menjadi font monospace. Pertama, kamu harus menemukan ikon backtick, yang terlihat seperti apostrof terbalik.

Di keyboard virtual smartphone, cukup cari tanda baca itu. Kemudian, tempatkan tiga tanda baca tersebut di sebelum dan sesudah pesan, seperti: ```halo, apa kabar?```

Setelah itu, teks pada pesan tersebut akan muncul dengan font monospace.

Mempertebal Teks

Mengutip The Sun, Minggu (16/7/2022), teks tebal (bold) adalah cara yang tepat untuk menekankan kata atau frasa. Itu juga dapat membuat pesan terlihat menonjol, yang berguna dalam obrolan grup.

Yang perlu kamu lakukan adalah menempatkan tanda bintang di kedua sisi kata atau frasa di WhatsApp yang ingin kamu tebalkan, seperti: *halo, apa kabar?*

Itu akan membuat pesan tampak tebal untuk kamu dan semua orang yang melihatnya.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS


Memiringkan Teks

Ilustrasi Media Sosial dan Aplikasi Chat | unsplash.com/@christianw

Kamu bahkan bisa membuat pesan WhatsApp menjadi miring (italic), yang juga sangat bagus untuk penekanan kata atau frasa. Cara kerjanya persis sama dengan trik bold, tetapi menggunakan simbol yang berbeda.

Kamu cuma perlu menempatkan garis bawah di kedua sisi kata atau frasa yang kamu coba edit, seperti: _halo, apa kabar?_

Mencoret Teks

Trik ini biasanya digunakan untuk menandakan bahwa ada sesuatu yang salah, atau harus diabaikan.

Untuk membuat teks dicoret, letakkan tilde (simbol garis berlekuk-lekuk) di kedua sisi pesan kamu, seperti: ~halo, apa kabar?~ 


Bos WhatsApp Ungkap Bahaya Aplikasi WhatsApp GB

Ilustrasi WhatsApp. Kredit: Webster2703 via Pixabay

Will Cathcart, Head of WhatsApp, meminta ke para penggunanya untuk tidak mengunduh dan memasang aplikasi WhatsApp versi mod atau palsu. Di Indonesia, salah satu aplikasi semacam ini yang terkenal adalah WhatsApp GB.

"Aplikasi semacam ini terdengar tidak berbahaya tapi mereka sebenarnya mengakali privasi dan jaminan keamanan WhatsApp," tulis Cathcart dalam sebuah utas di Twitter, dikutip Rabu (13/7/2022).

Dalam utasnya, Cathcart mengungkapkan tim keamanan mereka menemukan malware tersebut dalam aplikasi-aplikasi, ini yang tersedia di luar Google Play, dari pengembang bernama HeyMods, termasuk Hey WhatsApp dan lain-lain.

"Aplikasi-aplikasi ini menjanjikan fitur baru tetapi hanyalah scam untuk mencuri informasi pribadi yang tersimpan di ponsel orang-orang," cuit Cathcart.

Bos WhatsApp itu menambahkan, mereka sudah membagikan informasi tersebut ke Google dan bersama mereka untuk menumpas aplikasi-aplikasi berbahaya tersebut.

(Ysl/Isk)

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya