Timnas Valorant Indonesia Raih Medali Emas SEA Games 2023 Usai Drama Bug Cypher Singapura

Timnas Valorant Indonesia dan Singapura diputuskan berbagi medali emas SEA Games 2023, usai drama bug Cypher yang terjadi pada pertandingan Final Rabu malam

oleh Giovani Dio Prasasti diperbarui 11 Mei 2023, 13:50 WIB
Diterbitkan 11 Mei 2023, 13:10 WIB
Roster Timnas Valorant Indonesia di SEA Games 2023 Kamboja (PBESI)
Roster Timnas Valorant Indonesia di SEA Games 2023 Kamboja (PBESI)

Liputan6.com, Jakarta - Usai drama panjang di Final Valorant SEA Games 2023 Kamboja, diputuskan sudah Timnas Indonesia dan Singapura berbagi medali emas dari game tersebut, menjadikannya emas pertama untuk Indonesia dari cabang olahraga esports.

Pantauan Tekno Liputan6.com dari siaran langsung Instagram Pengurus Besar Esports Indonesia (PBESI), seluruh atlet Timnas Esports Indonesia maju untuk penerimaan medali emas, sementara Singapura hanya diwakili satu orang saja.

Selain Indonesia dan Singapura yang berbagi emas, Timnas Valorant Filipina dan Vietnam juga menerima medali perunggu.

Sebelumnya, timnas Valorant Indonesia sudah tertinggal satu match dari timnas Singapura dengan skor 0-1. Namun di map ke-2, saat laga berlangsung sengit tiba-tiba pertandingan kedua tim pun harus dihentikan sementara.

Pada saat itu, Timnas Valorant Indonesia mengajukan Technical Pause dengan alasan dugaan Singapura memanfaatkan bug Cyper selama pertandingan berlangsung.

Pada Kamis hari ini (11/5/2023), PBESI akhirnya menyatakan Timnas Valorant Indonesia tidak akan melanjutkan pertandingan babak final setelah tuntutan untuk menjunjung tinggi sportivitas, fair play, dan integritas tidak dipenuhi oleh panitia penyelenggara.

PBESI dengan tegas menyatakan menolak adanya tindak kecurangan yang menciderai nilai-nilai tersebut dan dengan tegas pula menyatakan siapapun yang melakukan tindakan tersebut sudah sepantasnya untuk didiskualifikasi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


PBESI Temukan Bukti Kecurangan

Final Valorant SEA Games 2023 Indonesia vs Singapura (YouTube Valorant Esports Indonesia)
Final Valorant SEA Games 2023 Indonesia vs Singapura (YouTube Valorant Esports Indonesia)

"Sportivitas, fair play, integritas, dan kehormatan merupakan nilai-nilai utama olahraga yang kami dan seluruh pihak harus selalu junjung tinggi," kata Sekretaris Jenderal PBESI Frengky Ong.

"Pelanggaran terhadap nilai-nilai tersebut, serta persoalan-persoalan yang menyangkut integritas dalam pertandingan olahraga merupakan hal yang tidak dapat ditoleransi," imbuh Frengky.

Frengky juga mengatakan bahwa telah ditemukan bukti adanya kecurangan dalam pertandingan final cabor esports Valorant antara Indonesia melawan Singapura yang digelar di Olympia City pada 10 Mei 2023.

PBESI pun dengan tegas menolak tindakan-tindakan yang merusak nilai-nilai olahraga dan SEA Games. "Sikap kami jelas bahwa kami tidak dapat mentolerir tindakan-tindakan tidak terpuji," tulisnya.

Mengutip siaran pers PBESI, dalam pertandingan ini telah ditemukan bukti adanya bug camera Agent Cypher yang dilakukan oleh Timnas Singapura di Map Split.

Tim Singapura menggunakan bug camera cypher tersebut sebanyak 3 kali di map Split saat melawan Timnas Valorant Indonesia. Atlet Indonesia segera menyampaikan keberatan begitu menemukan adanya penggunaan bug pada ronde 8.

Namun pihak wasit belum menghentikan pertandingan dengan dalih tidak mengetahui bahwa camera agent cypher adalah bug yang dilarang untuk dipergunakan. Pertandingan baru dihentikan pada ronde 14.

 


Medali Emas Usai Perak dari CrossFire

Timnas CrossFire sumbang medali perak untuk Indonesia di SEA Games 2023 Kamboja
Timnas CrossFire sumbang medali perak untuk Indonesia di SEA Games 2023 Kamboja. (Doc: PB ESI)

Medali emas yang diraih Timnas Valorant Indonesia ini sendiri menjadi emas pertama Indonesia untuk cabang olahraga esports.

Sebelumnya, Timnas Indonesia berhasil memperoleh medali perak pada cabang olahraga (cabor) esports game CrossFire di SEA Games 2023, usai takluk dari Vietnam di babak grand final.

Bertempat di Naba Theater, Kamboja, perjuangan timnas esports Indonesia untuk kategori game CrossFire ini layak diacungi jempol.

Sempat kalah 1-0 dari Vietnam pada Group Stage Senin 8 Mei 2023, tim Garuda berhasil bangkit dengan mengalahkan tuan rumah Kamboja dengan skor 1-0, dan Laos dengan skor 2-0.

Walau tampil impresif, timnas CrossFire yang diperkuat oleh Kautsar Faruqurrohman Ekatama, Ivan Supardi, Samuel Santosa, Muhammad Adrian Setiawan, Jason Adrian, dan Riddho Putra Muharam ini harus puas dengan medali perak.

 


Susunan Timnas Valorant Indonesia SEA Games 2023

Tim Nasional Esports Valorant Indonesia dan Sekretaris-Jenderal PB ESI Frengky Ong
Tim Nasional Esports Valorant Indonesia dan Sekretaris-Jenderal PB ESI Frengky Ong. (Doc: PB ESI)

Berikut ini para pelatih dan atlet Timnas Valorant Indonesia di SEA Games 2023 Kamboja

Daftar Pelatih Timnas Valorant SEA Games 2023

  • Baskoro Dwi Putra/Roseau - Coach
  • Iqbal Mauldhani Yusup/Kylooshka - Assistant Coach
  • Muhammad Rafi Diandra/Frostmind - Assistant Coach 

Roster Timnas Valorant SEA Games 2023

  • Delbert Tanoto (deLb)
  • Sheldon Andersen Chandra (NcSlasher)
  • Kevin Gunawan (Eeyore)
  • Oliver Budi Wangge (M0rea)
  • Nanda Rizana (Asteriskk)
  • Bryan Carlos Setiawan (Kush)
  • Willy Ivandra (Sayoo)

(Dio/Ysl)

Infografis Tradisi Juara Umum Bulu Tangkis Indonesia di SEA Games
Infografis Tradisi Juara Umum Bulu Tangkis Indonesia di SEA Games (Liputan6.com/Trie yas)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya