Sportif! Viral Video Pelari Singapura Beri Minuman ke Atlet Indonesia Rikki Marthin Simbolon Saat Lomba Lari 10.000 M di SEA Games 2023

Pelari Singapura menunjukkan sikap sportif dalam pertandingan lari yang diikutinya, di mana ia memberikan air kepada pelari Indonesia Rikki Marthin Simbolon yang sebelumnya mencoba mengambil air tetapi terjatuh.

oleh Agustin Setyo Wardani diperbarui 13 Mei 2023, 15:42 WIB
Diterbitkan 13 Mei 2023, 11:26 WIB
Pelari Singapura Soh Rui Yong menyalami Rikki Marthin Simbolon yang memenangkan medali emas di lomba lari 10.000 meter putra di SEA Games 2023
Pelari Singapura Soh Rui Yong menyalami Rikki Marthin Simbolon yang memenangkan medali emas di lomba lari 10.000 meter putra di SEA Games 2023 (Instagram @runsohfast).

Liputan6.com, Jakarta - Pelari Indonesia Rikki Marthin Simbolon menyumbangkan satu medali emas tambahan bagi Indonesia di SEA Games 2023. Rikki Marthin Simbolon berhasil memenangkan emas di cabang olahraga lari 10.000 meter.

Namun ada sebuah momen menarik perhatian yang terjadi di balik kemenangannya. Momen ini pun viral dibagikan oleh para pengguna internet di media sosial dan menuai pujian.

Dalam video viral tersebut, rupanya saat lima lap terakhir, Rikki Marthin Simbolon hendak mengambil minum sembari tetap berlari. Namun, minuman yang hendak diambil terhempas dari tangannya lantaran kecepatan larinya yang kencang.

<p>Pelari Singapura Soh Rui Yong memberikan air ke pelari Indonesia Rikki Marthin Luther Simbolon di tengah perlombaan lari 10.000 meter pria di SEA Games 2023. Soh yang berada di belakang Rikki memberikan sedikit airnya ke Rikki setelah pelari Indonesia itu gagal mengambil air karena berlari sangat kencang. (Foto: Capture video YouTube @mediacorp). </p>

Sepersekian detik kemudian, pelari di belakang Rikki Marthin Simbolon mengambil air yang disediakan di meja dan menyiramkan air  ke kepalanya. Setelah itu, sisa air tersebut diberikan kepada Rikki Marthin Simbolon yang berlari di depannya.

Rikki Marthin Simbolon yang masih berlari kencang pun menerima dan meminum air tersebut. Rikki Marthin Simbolon tetap berlari hingga garis finish dan menjadi pemenang lomba lari 10.000 M ini, disusul pelari yang memberikan air minum tersebut berada di finis nomor dua.

Belakangan diketahui, pelari yang memberikan minum kepada pelari Indonesia Rikki Marthin Simbolon adalah atlet lari dari Singapura, Soh Rui Yong.

Soh adalah pelari Singapura, pemegang dua medali emas SEA Games dan menjadi ambassador dari brand Under Armour.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Soh Rui Yong Finis di Posisi Kedua, Terima Medali Perak dan Puji Rikki Marthin Simbolon

SEA Games 2023: Rikki Marthin Luther Simbolon Sumbang Emas untuk Indonesia dari Cabor Atletik
Pelari Indonesia Rikki Marthin Luther Simbolon merayakan kemenangannya pada final 10.000 m putra SEA Games 2023 di Phnom Penh, Kamboja, Kamis (11/5/2023). Rikki Marthin memenangkan pertandingan dengan catatan waktu 31 menit 8,85 detik. (MOHD RASFAN/AFP)

Dalam lomba lari 10.000 meter pria di SEA Games 2023, pelari Singapura itu finis di posisi kedua di belakang Rikki Marthin Simbolon.

Melalui akun Instagram, Soh pun membagikan momen saat dirinya dan Rikki Marthin Simbolon selesai lari. Soh juga mengunggah pujian bagi Rikki Marthin Simbolon yang finis di posisi pertama lomba tersebut.

"Terima kasih Rikki Marthin Simbolon untuk final 10.000 meter SEA Games 2023 epik yang tidak akan saya lupakan ini. Kamu adalah orang paling bugar dan berani untuk mengambil langkah agresif di hari panas 35 derajat Celsius. Kamu benar-benar berhak jadi pemenang," kata Soh melalui akun Instagramnya @runsohfast.

 


Ucapkan Terima Kasih Atas Pertemanan yang Terjalin karena Olahraga

SEA Games 2023: Rikki Marthin Luther Simbolon Sumbang Emas untuk Indonesia dari Cabor Atletik
Kemenangan ini merupakan hasil memuaskan yang berhasil diraih Rikki Marthin. Indonesia pun kini terus menambah perolehan medalinya di papan klasemen. (MOHD RASFAN/AFP)

Bukan hanya itu, Soh juga menyebut pelatih lari Agung Gantar karena sudah mencetak juara lari dari Indonesia yang kesekian kalinya.

Ia juga menyebut nama pelari Indonesia lainnya, Agus Prayogo, dan berterima kasih karena bisa berlari bersama di SEA Games kali ini, yang kemungkinan bakal jadi lari bersama mereka yang terakhir di ajang SEA Games.

"Saya sangat bangga bisa mengenal dan berteman dengan kalian melalui olahraga," kata Soh dalam unggahannya.

 


Dipuji Warganet

Pelari Singapura Soh Rui Yong
Pelari Singapura Soh Rui Yong memenangkan medali perak di lari 10.000 meter pria di SEA Games 2023. Soh berada di belakang pelari Indonesia Rikki Marthin Simbolon yang memenangkan emas. (Foto: Instagram @runsohfast).

Unggahan dan sikap sportif Soh Rui Yong ini pun mendapat apresiasi dari pengguna internet di Indonesia. Terbukti, unggahan tersebut dibanjiri lebih dari 50 ribu tanda suka dan 12 ribu komentar warganet.

Kebanyakan dari mereka mengapresiasi sportivitas yang ditunjukkan oleh Soh Rui Yong. Selain itu, warganet juga berterima kasih atas bantuan dan dukungan Soh, yang membagi air minumnya dengan Rikki Marthin Simbolon.

Infografis Timnas Indonesia Vs Vietnam di Final SEA Games 2019
Infografis Timnas Indonesia Vs Vietnam di Final SEA Games 2019. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya