Oppo Reno12 Series Pakai Chipset MediaTek Dimensity 7300-Energy, Tawarkan Performa Tinggi Baterai Hemat

Oppo mengungkapkan kalau Reno12 Series menjadi smartphone pertama yang menggunakan MediaTek Dimensity 7300-Energy.

oleh Agustinus Mario Damar diperbarui 24 Jul 2024, 17:00 WIB
Diterbitkan 24 Jul 2024, 17:00 WIB
OPPO Reno 12 series
OPPO Reno 12 series (Liputan6.com/ Agustin Setyo Wardani)

Liputan6.com, Jakarta - Oppo bersiap menghadirkan smartphone terbaru yang disebut mampu memenuhi kebutuhan pengguna yang kian kompleks. Lewat Reno12 Series, Oppo menyebut perangkat ini mampu menjamin pengalaman pengguna yang terbaik.

Dalam keterangan resmi yang diterima, Rabu (24/7/2024), jaminan pengalaman terbaik itu tidak lepas dari penggunaan chipset MediaTek Dimensity 7300-Energy di Reno12 Pro 5G dan Reno12 5G. Adapun chipset itu merupakan kolaborasi eksklusif antara Oppo dengan MediaTek.

Berbekal chipset ini, Oppo menyebut kalau Reno12 Series memiliki performa yang tinggi dan daya tahan baterai luar biasa. Meski performanya mumpuni, desain smartphone ini pun dipastikan tetap ramping dan elegan.

Dimensity 7300-Energy di Reno12 menghadirkan CPU 8 inti yang terdiri dari 4 prosesor Arm Cortex-A78 performa tinggi dan 4 prosesor Cortex-A55 yang fokus pada efisiensi.

Dibangun dengan arsitektur 4nm, chipset MediaTek ini menawarkan efisiensi kelas atas yang diklaim biasanya hanya ditemukan di perangkat flagship.

Kustomisasi bersama dengan Oppo berhasil mencapai optimasi yang ditargetkan, seperti penurunan konsumsi daya CPU hingga 30 persen, penurunan konsumsi daya GPU hingga 46 persen. 

Chipset ini juga memiliki total konsumsi daya GPU yang dioptimalkan lebih dari 35 persen dalam skenario game berat.

Kolaborasi di lini Reno12 ini menandai evolusi terbaru dalam kemitraan jangka panjang antara Oppo dan MediaTek. Di sisi lain, Oppo juga memperkenalkan Trinity Engine, mesin komputasi dinamis yang menawarkan optimasi performa tingkat sistem.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Oppo Hadirkan Trinity Engine di Reno12 Series

OPPO Reno 12
OPPO Reno 12 series (Liputan6.com/ Agustin Setyo Wardani)

Trinity Engine meningkatkan efisiensi komputasi dan kontrol konsumsi daya untuk memberikan pengalaman pengguna yang melampaui spesifikasi hardware perangkat.

Mesin ini mampu mengalokasikan performa chipset, menyesuaikan rasio cache berdasarkan aplikasi, hingga manajemen RAM dan ROM.

Uji internal menunjukkan mesini mampu mencapai peningkatan efisiensi daya sebesar 8 persen, sekaligus memperpanjang masa pakai baterai lebih dari 30 persen dalam skenario kunci.

Dengan Trinity Engine, pengguna Oppo Reno12 dapat menikmati kinerja luar biasa dan daya tahan baterai yang lama. Tidak hanya dua terobosan tersebut, Oppo juga mengintegrasikan peningkatan dalam aspek software dan hardware.

Reno12 Pro 5G dan Reno12 5G memiliki baterai berkapasitas 5.000mAh yang memiliki kepadatan energi tertinggi dalam sejarah Reno Series.

Lini Reno baru ini juga didukung Power Saving 2.0 yang dapat memperpanjang masa pakai baterai hingga 10 persen.


Rahasia Oppo Reno 12 Series Tahan Dilindas Sepeda hingga Dipakai untuk Ketok Paku

OPPO Reno 12 series
OPPO Reno 12 series (Liputan6.com/ Agustin Setyo Wardani)

Untuk diketahui, Oppo Reno12 Series yakni Oppo Reno12 dan Oppo Reno12 Pro dipastikan bakal meluncur di Indonesia pada 31 Juli 2024.

Oppo mengklaim Reno 12 Series memiliki layar dan bodi terkuat yang pernah ada dalam sejarah Reno Series.

Dalam sesi media hands-on pada Rabu (17/7/2024) kemarin, layar Oppo Reno 12 tetap mulus setelah berulang kali dipakai untuk memukul atau menggetok paku, dilindas sepeda, sampai dijatuhkan dari tempat tinggi.

Lantas, apa rahasia Oppo Reno12 Series bisa setangguh itu?

Oppo Reno 12 Pro 5G dibekali dengan Corning Gorilla Glass Victus 2, merupakan kaca terkuat yang pernah digunakan pada smartphone Reno Series dan di kelasnya.

Kaca Reno 12 Pro 5G ini memakai teknologi pertukaran ion eksklusif yang meningkatkan kekuatan secara signifikan dan memiliki hasil mengesankan dalam berbagai uji ketahanan. Termasuk di dalamnya ketahanan jatuh hingga 180 persen.

Uji goresan kaca juga mendapatkan skor penuh dan sebutan SGS Premium Performance, di mana kaca ini terbukti mampu bertahan dengan lebih dari 10.000 uji jatuh tanpa pecah.

Adapun Reno12 5G dilengkapi Corning Gorilla Glass 7i untuk memberikan ketahanan yang lebih baik terhadap jatuh, goresan, dan tekukan. 


Desain Tipis tapi Kuat

OPPO Reno 12 series
OPPO Reno 12 series (Liputan6.com/ Agustin Setyo Wardani)

Reno12 Series mempertahankan desain tipis dengan ketebalan hanya 7,4 millimeter dan berat 180 gram.

Oppo juga memperkuatnya dengan dukungan kerangka High-Strength Alloy standar aerospace yang disebut AM04.

Paduan yang mengoptimalkan proporsi elemen logam seperti tembaga (Cu), magnesium (Mg), dan silikon (Si) dalam AM04, membuahkan hasil lab yang mampu meningkatkan kekuatan tarik hingga lebih dari 280MPa dan kekuatan tekuk hingga 360MPa.

Sifatnya yang anti-korosi juga membuat Reno12 Series berhasil memenuhi standar kualitas aerospace. Dibandingkan dengan bahan perangkat generasi sebelumnya, ketahanan tekuknya meningkat lebih dari 10 persen. 

Infografis Era Teknologi 5G di Indonesia
Infografis Era Teknologi 5G di Indonesia (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya