Samsung Siap Rilis One UI 7 Versi Beta, Bakal Usung Tampilan Baru

Samsung One UI 7 beta segera hadir dengan tampilan baru yang lebih segar dan opsi kustomisasi yang lebih luas.

oleh Agustinus Mario Damar diperbarui 25 Jul 2024, 20:00 WIB
Diterbitkan 25 Jul 2024, 20:00 WIB
Galaxy Z Fold 6
Smartphone layar lipat terbaru Samsung Galaxy Z Fold 6 dalam warna Pink. (Liputan6.com/ Agustin Setyo Wardani)

Liputan6.com, Jakarta - Para pengguna HP Samsung harap segera bersiap. Sebab, perusahaan asal Korea Selatan itu dikabarkan akan segera merilis One UI 7 dalam waktu dekat.

Informasi merupakan bocoran dari leakster kenamaan Ice Universe. Mengutip Tech Radar, Jumat (26/7/2024), ia menyatakan, One UI 7 versi beta kemungkinan akan tersedia pada akhir Juli atau awal Agustus 2024.

Kendati demikian, ia tidak mengungkap lebih lanjut mengenai prediksi tersebut. Sekadar informasi, Samsung memang sudah merilis One UI 6 versi beta pada Agustus tahun lalu, sehingga jika prediksi ini benar, hal itu tidak berbeda jauh dari pendahulunya.

One UI 7 sendiri dikabarkan akan membawa perubahan besar. Beberapa rumor bahkan menyebut kalau Samsung akan merombak tampilan UI tersebut di versi terbaru ini.

Sejumlah laporan mengatakan perubahan akan dilakukan pada lock screen, panel notifikasi, hingga ikon aplikasi. Selain itu, perusahaan juga dikabarkan akan memberikan lebih banyak opsi kustomisasi untuk pengguna.

Meski belum diungkap, ada laporan yang menyebut kalau Samsung telah melakukan uji coba internal pada One UI anyar itu. Saat ini, perusahaan sendiri juga masih fokus pada One UI 6.1.1 yang mulai digulirkan ke beberapa perangkat.

Rumor mengenai kehadiran One UI 7 versi beta ini seakan menjawab rumor lain yang sempat mengungkap kalau Samsung akan menunda kehadiran One UI berbasis Android 15 tersebut.

Terlepas dari waktu peluncuran, deretan HP Samsung flagship tentu akan menjadi yang pertama bisa menjajal udpate ini. Baru kemudian, beberapa model lain akan merasakannya secara bertahap.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Samsung Galaxy Z Fold6, Z Flip6 dan Perangkat Wearable Rilis di Indonesia, Makin Pintar dengan Galaxy AI

6 Selebriti Bagikan Kecanggihan dan Kecerdasan Galaxy AI di Galaxy Z Fold6 dan Z Flip6
Samsung Electronics Indonesia menggelar acara New Ways to Unfold the Magic with Galaxy Z Flip6 | Z Fold6 yang berlangsung di Intercontinental Pondok Indah, Jakarta, Rabu (24/7/2024).

Di sisi lain, dua minggu setelah gelaran Samsung Unpacked 2024 di Paris, Prancis, Samsung memboyong Galaxy Z Fold6 dan Z Flip6 ke Indonesia.

Dalam peluncuran di Jakarta, Rabu (24/7/2024), Samsung juga memperkenalkan deretan ekosistem wearable-nya mulai dari Galaxy Watch 7, Galaxy Buds3 Pro, dan Galaxy Buds3.

Samsung menggarisbawahi peningkatan di smartphone layar lipat terbaru ini, termasuk dari sisi desain. Galaxy Z Fold6 dan Galaxy Z Flip6 menjadi game changer dari seri Galaxy foldable.

Head of MX Business Samsung Electronics Indonesia Lo Khing Seng mengatakan, sepanjang perjalanan Galaxy Z Fold6 dan Galaxy Z Flip6, "Desain Galaxy Z Fold6 dan Galaxy Z Flip6 semakin kompak, ringan, dan tipis dari Galaxy Z series yang pernah ada."

Dengan begitu, perangkat ini jadi lebih nyaman untuk digenggam atau disimpan di saku celana atau baju. Bukan hanya itu, Lo Khing Seng juga menyebut, Galaxy Z Fold6 dan Galaxy Z Flip6 lebih kokoh berkat dual rail hinge dan folding edge yang ditingkatkan.

Performanya pun ditingkatkan berkat penggunaan chipset Snapdragon 8 Gen 3 for Galaxy.


Peningkatan di Galaxy Z Fold6 dan Galaxy Z Flip6

Peluncuran Galaxy Z Fold6 dan Galaxy Z Flip6 (Liputan6.com/ Agustin Setyo Wardani)
MX Product Marketing Senior Manager Samsung Electronics Indonesia Verry Octavianus (kiri) dan Head of MX Product Marketing and Partnership Samsung Electronics Indonesia Selvia Gofar (tengah) dalam peluncuran Galaxy Z Fold6 dan Galaxy Z Flip6 (Liputan6.com/ Agustin Setyo Wardani)

Lebih lanjut, Samsung menggarisbawahi peningkatan dari smartphone layar lipat terbaru mereka, salah satunya adalah dihadirkannya Galaxy AI yang dianggap begitu memudahkan pengguna dalam berbagai aktivitas dan produktivitas.

"Galaxy Z Fold 6 dan Flip 6 hadir dengan kecanggihan AI yang membuatnya terdepan di industri ini," tutur Lo Khing Seng dalam peluncuran Galaxy Z Fold6 dan Galaxy Z Flip6.

Lo Khing Seng menyebutkan, Galaxy AI mendukung produktivitas hingga kreativitas, termasuk dalam membuat konten. Untuk mendukung kreativitas, salah satunya dengan kemampuan generative edit. Pengguna bisa dengan mudah mengubah foto diri menjadi sketsa atau kartun dengan fitur portrait studio.

Selain itu, ada pula fitur instant slow-mo yang membuat video slow motion dengan mudahnya. Begitu juga dengan fitur Live Effect yang kini bisa dimanfaatkan untuk membuat foto layaknya bergerak.

Galaxy AI juga kini diterapkan produk wearable. Misalnya di Galaxy Watch 7 Series dan Galaxy Buds3 Pro serta Galaxy Buds3 melalui fitur Interpreter Listening Mode.


Daftar Harga Samsung Galaxy Z Fold6 dan Galaxy Z Flip6 di Indonesia

Galaxy Z Fold 6 dan Galaxy Z Flip 6
Galaxy Z Fold 6 dan Galaxy Z Flip 6 yang baru diluncurkan di Samsung Unpacked 2024 di Paris, Prancis. (Liputan6.com/Agustin Setyo Wardani)

Samsung Galaxy Z Fold6 hadir di Indonesia dengan harga berikut:

Harga Galaxy Z Fold 6

  • RAM 12 GB + 256GB: Rp 26.499.000
  • RAM 12GB + 512GB: Rp 28.499.000
  • RAM 12GB + 1TB: Rp 31.999.000.

Samsung Galaxy Z Fold 6 hadir dalam tiga opsi warna di Indonesia yakni Silver, Pink, Navy dengan dua opsi warna khusus untuk pemesanan online yakni Crafted Black dan White.

Harga Galaxy Z Flip 6

  • RAM 12GB + 256GB: Rp 17.499.000
  • RAM 12GB + 512GB: Rp 19.499.000. 
Infografis Era Teknologi 5G di Indonesia
Infografis Era Teknologi 5G di Indonesia (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya