Kapan Teknologi 4G LTE Bisa Dinikmati di Indonesia?

Teknologi 4G LTE sudah lama jadi perbincangan di Indonesia. Lalu kapan teknologi ini bisa dinikmati di Tanah Air?

oleh Denny Mahardy diperbarui 17 Jul 2013, 17:27 WIB
Diterbitkan 17 Jul 2013, 17:27 WIB
4g-130717b.jpg

Semakin tingginya penggunaan perangkat canggih di Indonesia membuat kebutuhan akan akses layanan data internet cepat kian besar. Teknologi komunikasi generasi keempat atau 4G LTE (Long Term Evolution) diyakini mampu memenuhi kebutuhan transfer data berkapasitas besar dan cepat.

Indonesia hingga saat ini masih terpaku pada koneksi data 3G. Padahal, tak sedikit operator yang mengaku bahwa infrastruktur yang mereka miliki telah siap mendukung koneksi internet di teknologi 4G.

"Infrastruktur secara teknologinya sudah siap, regulasi kan bisa menyesuaikan. Sayangnya masih belum ada waktu pastinya Indonesia pakai 4G," kata pengamat teknologi Teguh Prasetya yang ditemui Liputan6.com di Hotel Borobudur Jakarta kemarin.

Memang, pemerintah masih belum memberikan tenggat waktu kapan teknologi komunikasi terakhir ini akan bisa dinikmati di Indonesia. Bahkan, pemerintah sendiri masih belum menentukan frekuensi mana yang bakalan dimanfaatkan terlebih dahulu sebagai lokasi digelarnya 4G LTE.

"Masih belum ada kepastian di frekuensi berapa 4G dijalankan di sini. Tapi penataan ulang di setiap frekuensi baik di jaringan 1800 Mhz atau 700 Mhz yang memungkinkan dipakai adopsi LTE biar lebih mudah dan efisien," ungkap Teguh di sela acara diskusi Masyarakat Telematika Indonesia (Mastel).

Kementerian Komunikas dan Informatika (Kominfo) telah menjadikan frekuensi 2,3 Ghz sebagai teknologi netral yang bisa digunakan untuk mengoperasikan LTE. Sayangnya, payung hukum yang ada bagi penyedia layanan komunikasi masih dianggap kurang kuat untuk melindungi operator yang berniat menggelar layanan 4G di frekuensi tersebut.

"Pemerintah mungkin sudah bilang bisa mulai pakai LTE, tapi kalau gak juga digelar kan industri tidak akan berani memulai. Mereka masih agak takut juga kalau-kalau nantinya malah kesandung kasus. Tapi kalau sudah digelar sekarang ini, mungkin akhir tahun sudah ada 4G di sini," kata Teguh lagi. (den/dew)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya