Situs Rotten Tomatoes Mulai Beri Penilaian ke Serial TV

TV Zone juga akan disertai dengan Tomatometer untuk menilai "busuk" atau "segar" sebuah acara TV.

oleh Bayu Galih diperbarui 17 Sep 2013, 13:17 WIB
Diterbitkan 17 Sep 2013, 13:17 WIB
rotten-tomatoes-130917b.jpg
Rotten Tomatoes merupakan salah satu situs yang sering menjadi panduan bagi para pencinta film. Dengan penilaian "segar" atau "busuk", ulasan yang diberikan terhadap suatu film di situs itu kerap menjadi rekomendasi sebelum menonton film.

Dilansir Variety, Selasa (17/9/2013), Rotten Tomatoes tampaknya akan melebarkan jangkauan ulasan. Sebab situs itu juga akan memberikan ulasan terhadap acara televisi. Sebuah fitur baru pun diperkenalkan untuk memberikan ulasan serial televisi: TV Zone.

Seperti yang dilakukan terhadap film, TV Zone juga akan disertai dengan Tomatometer untuk menilai "busuk" atau "segar" sebuah acara TV. Sebuah acara akan dinilai "segar" jika mendapat rating di atas 60 persen. Tapi jika di bawah 60 persen, akan dianggap "busuk".

Penilaian ini tetap berdasarkan sejumlah ulasan media dan pengguna. Tapi bedanya, penilaian terhadap acara TV dilakukan untuk tiap musim, dan bukan satuan episode. Reality shows juga tidak akan diulas di TV Zone.

Untuk acara yang lumayan 'tua' seperti Breaking Bad dan Mad Men, maka ulasan akan dilakukan sejak awal musim. "Kami akan kembali dari awal," kata Matt Atchity, Pemimpin Redaksi Rotten Tomatoes. "Ulasan juga akan dilakukan seperti yang selama ini sudah dilakukan (terhadap film)," lanjut Atchity.

Tentu penilaian Rotten Tomatoes akan mendongkrak popularitas sebuah serial televisi. Layanan streaming TV seperti Netflix termasuk yang ikut diuntungkan. Sebab jika penilaian terhadap sebuah acara dianggap positif, maka orang akan rela membayar untuk menontonnya di Netflix.

Tapi tentu ada kemungkinan penilaian berubah, jika film itu memang mengalami perubahan. Ada kemungkinan film yang bagus di musim-musim awal akan dianggap jelek di musim berikutnya.

Fitur TV Zone merupakan suatu perubahan terbesar yang dimiliki situs yang sudah berdiri sejak 1998 ini. Dengan semakin menariknya serial televisi, tentu Rotten Tomatoes melakukan strategi yang tepat. Sebab serial seperti House of Cards, Game of Thrones, Mad Men, atau Newsroom memang layak menjadi hiburan berkualitas yang selalu diperbincangkan. (gal)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya