Karamah: Manfaat Tidur Miring ke Kanan

Tidur miring ke kanan bermanfaat bagi kesehatan, terutama kesehatan jantung dan lambung.

oleh Liputan6 diperbarui 03 Jul 2015, 14:45 WIB
Diterbitkan 03 Jul 2015, 14:45 WIB
20150703-Karamah-Jakarta
Tidur miring ke kanan bermanfaat bagi kesehatan, terutama kesehatan jantung dan lambung.

Liputan6.com, Jakarta - Islam banyak mengatur berbagai aspek kehidupan sehari-hari. Salah satunya adalah adab tidur. Rasulullah SAW mengajarkan kepada umatnya agar mengawali tidur dengan posisi miring menghadap ke kanan.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Jumat (3/7/2015), hal itu mengacu pada sabda Rasulullah dalam sebuah hadits yang diriwayatkan Bukhari dan Muslim.

"Berbaringlah di atas rusuk sebelah kananmu." (HR Al-Bukhari No. 247 dan Muslim No. 2710).

Ternyata di balik ajaran tidur miring ke kanan tersimpan banyak manfaat bagi kesehatan, terutama bagi lambung, jantung dan aliran darah. Karena berdasarkan analisa medis, tidur miring ke kanan membuat jantung dan pembuluh darah besar yang memang berada di sebelah kiri menjadi lebih bebas dalam memompa dan mengalirkan darah. Lambung juga tidak tertekan.

Berikut adalah rincian manfaat tidur miring ke kanan; jantung lebih bebas dalam bekerja memompa darah, jalan pembuluh darah besar menjadi lebih lancar, mengistirahatkan lambung, meningkatkan waktu penyerapan gizi, meningkatkan pengosongan kandung empedu dan pankreas, serta mengistirahatkan otak sebelah kiri.

"Jadi kita bisa merasakan tidur miring ke kiri itu agak sesak dari pada kalau kita miring ke kanan. Kalau miring ke kanan jantung akan lebih bebas, jalan memompakan darahnya itu dan juga jalan darah di arteri atau pembuluh darah besar yang ke luar dari jantung akan lebih bebas dalam mengalirkan darahnya," jelas Djauhari Widjajakusuma.

Marilah kita ikuti sunah Rasulullah untuk memulai tidur dengan miring menghadap ke kanan, karena akan banyak manfaat yang didapat.

Simak ulasan lengkap manfaat tidur menghadap kanan dalam Karamah (Kamus Ramadan Membawa Hikmah) yang ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Jumat (3/7/2015) di bawah ini. (Dan/Mut)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya