Jokowi: Lalu Zohri Juara Dunia Lari Jadi Modal Asian Games 2018

Jokowi menyampaikan kebanggaannya terhadap raihan putra Indonesia di ajang atletik internasional.

oleh Liputan6.com diperbarui 12 Jul 2018, 13:15 WIB
Diterbitkan 12 Jul 2018, 13:15 WIB
Jokowi Ajak Artis dan Vlogger Demamkan Asian Games 2018
Presiden Joko Widodo memberi sambutan saat promosi Asian Games 2018, Jakarta, Selasa (5/6). Jokowi mengatakan yang kita inginkan sekarang ini mestinya masyarakat sudah demam. Nah ini baru anget. Belum panas apalagi demam. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Jokowi bangga dengan keberhasilan sprinter Indonesia, Lalu Muhammad Zohri (18), yang meraih medali emas Kejuaraan Dunia Atletik U20 lari 100 meter putra yang diselenggarakan di Tampere, Finlandia.

"Tentu saja kita bangga ada anak bangsa yang jadi juara," kata Jokowi usai menghadiri peringatan Hari Koperasi Nasional Ke-71 Tahun 2018 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City, Tangerang Selatan, Banten, Kamis (12/7/2018).

Ia mengatakan, prestasi yang diraih Zohri, tidak hanya membanggakan dirinya sebagai kepala negara, tetapi juga seluruh rakyat Indonesia. Prestasi Zohri, kata Jokowi, menjadi modal awal kemenangan Indonesia di Asian Games 2018.

"Itu nanti modal-modal kemenangan. Seperti kemarin badminton, itu modal Asian Games 2018. Ini nanti lari modal lagi untuk Asian Games," ujar Jokowi.

Zohri mencetak rekor dengan meraih medali emas pertama bagi Indonesia dalam Kejuaraan Dunia Atletik U20 pelari 100 meter putra. Dalam 32 tahun terakhir, posisi terbaik atlet Indonesia hanya berada dalam finis posisi ke-8, yaitu pada 1986.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Ungguli Sprinter Asian

Zohri mampu mengungguli duo sprinter asal Amerika Serikat, yakni Anthony Schwartz dan Eric Harrison, yang masing-masing mencatatkan waktu 10,22 detik. Ia tercatat hanya membutuhkan waktu 10,18 detik untuk mencapai garis finis.

"Saya sangat senang dengan kejuaraan junior ini. Sekarang, saya akan mempersiapkan Asian Games bulan depan. Saya sangat bangga. Ini adalah pengalaman yang luar biasa dan ini sangat bagus untuk karier saya. Bahkan, berada di final adalah berkah yang besar," ujar Zohri.

 

Reporter: Titin Supriatin

Sumber: Merdeka.com

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya