Harga Semen Turun Rp 3.000 per Sak di Palu

Sejumlah pedagang semen di Palu, Sulawesi Tengah kompak menurunkan harga jual semen sekitar Rp 3.000 per sak.

oleh Dio Pratama diperbarui 30 Jan 2015, 18:02 WIB
Diterbitkan 30 Jan 2015, 18:02 WIB
Semen Indonesia
(foto: Liputan6.com)

Liputan6.com, Palu - Sejumlah pedagang semen di Palu, Sulawesi Tengah, kompak menurunkan harga penjualan mereka. Hal itu dilakukan, menyusul harga semen di tingkat distributor turun drastis.

"Sebagai pedagang kami hanya menyesuaikan harga saja. Kalau pengambilan di distributor sudah turun, pasti kami juga menjualnya dengan harga yang murah. Begitu pun sebaliknya," kata salah satu pedagang bahan bangunan di Palu,  Indah, kepada Liputan6.com, Jumat (30/1/2015).

Menurut dia, sebelumnya harga eceran semen merek tonasa, tiga roda, dan bosowa rata-rata Rp 61 ribu per sak, namun kini turun menjadi Rp 58 ribu per sak.

"Penurunan harganya cukup besar karena menembus Rp 3.000 per sak. Padahal sebelum-sebelumnya, kalau harga semen turun paling hanya Rp 1.000 sampai Rp 1.500," imbuh Indah.

Sementara itu, menurut pedagang lainnya Mastur, penurunan harga semen di Palu selain karena sudah mengikuti harga di tingkat distributor, juga sangat berpengaruh dengan penurunan harga Bahan Bakar Minyak (BBM).

"Dulu waktu harga BBM naik, harga semen juga ikut naik. Sekarang harga BBM turun, harga semen juga ikut. Bisa dibilang kalau kenaikan dan penurunan harga BBM itu sangat berpengaruh juga dengan kenaikan dan penurunan harga semen," tandasnya. (Dio Pratama/Ahm)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Tag Terkait

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya