Paket Kebijakan Jilid II Bakal Dongkrak Pertumbuhan Industri

Pemerintah rencananya akan mengumumkan paket kebijakan ekonomi jilid II pada hari ini.

oleh Septian Deny diperbarui 29 Sep 2015, 14:42 WIB
Diterbitkan 29 Sep 2015, 14:42 WIB
Saleh Husin
Menteri Perindustrian Saleh Husin. (Liputan6.com)

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah rencananya akan mengumumkan paket kebijakan ekonomi jilid II pada hari ini. Paket kebijakan tersebut kabarnya akan diumumkan langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara.

Menanggapi hal ini, Menteri Perindustrian Saleh Husin mengatakan, khusus untuk sektor industri, paket kebijakan tersebut akan memfokuskan pada pertumbuhan industri ke depan.

"‪Ini tadi kita tahu bagaimana agar industri ini tumbuh," ujarnya di Kantor Kementerian Perekonomian, Jakarta, Selasa (29/9/2015).

Menurut dia, untuk menumbuhkan sektor industri, perlu adanya harmonisasi dan sinkronisasi antar kementerian dan lembaga baik di pusat maupun daerah.

"Tentu untuk membangun satu industri tidak hanya kemenperin, tapi dibutuhkan juga dukungan dari instansi lain seperti Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kementerian ESDM maupun Kementerian Pertanian. Tentu ini harus menjadi satu kesatuan supaya industri yang kita bangun itu bisa menghasilkan produk yang bisa bersaing dengan negara-negara pesaing kita," jelasnya.

Namun demikian, Saleh masih enggan menyampaikan kebijakan seperti apa yang akan dikeluarkan oleh pemerintah untuk sektor industri dalam paket kebijakan jilid II ini.

"Jadi masih bersifat umum. Kita juga mendengar dari teman-teman pakar.‬ Nanti saja sama Pak Presiden aja. Besok juga akan kita menyampaikannya kembali. Tapi Pak Presiden dulu (yang mengumumkan)," tandasnya. (Dny/Ndw)

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya