Libur Natal, Penumpang KRL Jabodetabek Melonjak

Pengguna KRL Jabodetabek terpantau mengalami peningkatan di akhir pekan musim liburan akhir tahun ini.

oleh Fiki Ariyanti diperbarui 26 Des 2016, 19:32 WIB
Diterbitkan 26 Des 2016, 19:32 WIB
KRL Jabodetabek
Pengguna KRL Jabodetabek terpantau mengalami peningkatan di akhir pekan musim liburan akhir tahun ini.

Liputan6.com, Jakarta - PT KAI Commuter Jabodetabek (KCJ) menyatakan, KRL Jabodetabek tetap beroperasi normal pada musim liburan Natal dan Tahun Baru ini. Tercatat, penumpang KRL Jabodetabek mengalami kenaikan 10 persen dengan rata-rata 690 ribu-720 ribu penumpang setiap harinya pada libur Natal 24-25 Desember 2016.

VP Komunikasi Perusahaan‎ KAI Commuter Jabodetabek‎, Eva Chairunisa‎‎ mengungkapkan, perusahaan tetap mengoperasikan 881 perjalanan KRL pepr harinya selama musim liburan panjang.

Dia menyebut, pengguna KRL Jabodetabek terpantau mengalami peningkatan di akhir pekan musim liburan akhir tahun ini, di mana Sabtu-Minggu (24-25 Desember 2016) jumlah penumpang berkisar 690 ribu-720 ribu pengguna setiap harinya.

"Jumlah ini naik 10 persen dari jumlah pengguna pada akhir pekan biasanya yang rata-rata 650 ribu-700 ribu penumpang per hari," ujar Eva dalam keterangan resminya di Jakarta, Senin (26/12/2016).

Sambungnya, agar para pengguna lebih nyaman menggunakan KRL dan tidak perlu antre, PT KCJ menyarankan pengguna untuk memakai Kartu Multi Trip dengan sistem saldo.

Selain itu, perusahaan juga menyediakan Tiket Harian Berjaminan Pergi Pulang (THB PP), di mana pengguna dapat membeli tiket untuk perjalanan pergi sekaligus perjalanan pulang di Stasiun Keberangkatan saja.

"Dengan menggunakan THB PP, pengguna tidak perlu lagi mengantre di loket untuk isi ulang tarif perjalanan pulangnya," ujar Eva.

Perusahaan juga telah menambah jumlah petugas pelayanan, keamanan, dan kebersihan di sejumlah stasiun seperti Bogor, Manggarai, Juanda, dan Jakarta Kota yang kerap dipadati pengguna musiman.

Antisipasi Tahun Baru

Untuk libur panjang akhir pekan ini, Eva mengatakan, PT KCJ telah menyiapkan perjalanan KRL tambahan khusus pada malam pergantian tahun sebanyak 21 perjalanan.

‎"Kami yakin berbagai persiapan dan pelayanan tambahan tersebut akan membuat KRL Jabodetabek menjadi salah satu transportasi pilihan utama masyarakat selama musim liburan akhir tahun ini," tukas Eva. (Fik/Gdn)

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya