Mengintip Sumber Penghasilan Pangeran Harry, Berapa Kekayaannya?

Dilahirkan di keluarga kerajaan tentu membuat Pangeran Harry tidak perlu pusing mengumpulkan uang untuk bertahan hidup.

oleh Vina A Muliana diperbarui 28 Nov 2017, 22:12 WIB
Diterbitkan 28 Nov 2017, 22:12 WIB
[Bintang] Pangeran Harry - Meghan Markle
Sebelum pesta pertunangannya berakhir, Pangeran Harry dan Meghan pun bertemu dengan awak media untuk berfoto. Selamat berbahagia! (DANIEL LEAL-OLIVAS / AFP)

Liputan6.com, Jakarta - Pangeran Harry menjadi buah bibir belakangan ini setelah mengumumkan pertunangannya dengan aktris asal Amerika Serikat, Meghan Markle. Pasangan ini akan menikah pada musim semi tahun 2018.

Dilahirkan di keluarga kerajaan tentu membuat Harry tidak perlu pusing mengumpulkan uang untuk bertahan hidup. Kegiatan sehari-hari adik dari Pangeran William ini juga lebih banyak berkutat dengan kegiatan amal dan agenda kerajaan lain. Lalu dari mana sebenarnya penghasilan dari pangeran Inggris satu ini?

Dilansir dari news.com.au, Selasa (28/11/2017), Harry ternyata mendapat penghasilan untuk membiayai kegiatannya dari Duchy of Cornwall. Dibuat oleh Raja Edward III pada 1337, Duchy of Cornwall adalah kumpulan properti yang di dalamnya termasuk 53 ribu hektar lahan pertanian, komersial dan residensial. Sebagian besar properti ini terletak di barat daya Inggris.

Keuntungan dari Duchy ini merupakan milik dari putra tertua di kerajaan Inggris yang tidak lain adalah Pangeran Charles. Mantan suami Puteri Diana ini telah menjadi putera tertua sejak 1952.

Menurut situs Duch of Cornwall, Pangeran Charles telah menggunakan keuntungan dari properti tersebut untuk menutupi rutinitas sehari-hari dan kegiatan amal yang sering ia lakukan. Sebagian uang tersebut juga digunakan untuk membiayai kebutuhan keluarganya termasuk The Duchess of Cornwall Camilla, The Duke dan Duchess of Cambridge William dan Kate, Pangeran Harry, serta cucunya Pangeran George.

Berapa banyak uang yang terdapat di Duchy of Cornwall memang tidak pernah dirilis. Namun, dari April 2015 hingga Maret 2016 saja, keuntungan dari properti ini mencapai US$ 35,8 juta atau Rp 483,7 miliar.

Sepanjang 2015 dan 2016, Pangeran Charles mengumumkan ia telah menghabiskan US$ 15,99 juta atau sekitar Rp 216,07 miliar (asumsi kurs Rp 13.513 per dolar Amerika Serikat ) dari Duchy of Cornwall untuk kegiatan resmi kerajaan.

Tak hanya itu, Harry juga mendapat warisan kekayaan dari mendiang ibunya, Diana yang meninggal dalam kecelakaan pada 1997. Warisan senilai 6,5 juta pound sterling tersebut belum pernah dipakai dan ia pilih untuk diinvestasikan.

Danny Cox, kepala perencanaan keuangan di Hargreaves Lansdown, mengatakan kepada AP pada 2014, jika Pangeran Harry terus menginvestasikan warisannya dengan benar, dia bisa menghasilkan sekitar US$ 323 ribu atau setara Rp 4,37 miliar per tahun setelah pajak.

Calon suami Meghan Markle ini juga menerima gaji setelah mengabdi selama 10 tahun sebagai tentara. Pangkat terakhir Harry adalah Kapten ia juga telah menyelesaikan dua misi di Afghanistan.

Meski memiliki harta berlimpah, jangan harap Anda bisa melihat Pangeran Harry bepergian dengan membawa banyak uang. Mantan penjaga Puteri Diana Ken Wharfe mengatakan, anggota kerajaan ini tidak pernah membawa uang. Biasanya mereka menyerahkan urusan pembayaran pada ajudannya.

"Sangat jarang bagi anggota Keluarga Kerajaan untuk membawa uang tunai atau kartu kredit sehingga petugas perlindunganlah yang biasanya membayar untuk mereka, sebelum nantinya uang tersebut dikembalikan," kata Wharfe.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Resmi Tunangan dengan Meghan Markle

Sebelumnya Pangeran Harry akan mengikuti jejak sang kakak, Pangeran William yang menikahi gadis bukan dari kalangan bangsawan. Ya, kabar bahagia ini datang dari putra bungsu mendiang Putri Diana dan Pangeran Charles. Setelah berkencan 17 bulan, Pangeran Harry dikabarkan sudah meminang sang pujaan hati, aktris Meghan Markle.

Spekulasi tentang rencana pernikahan Harry dengan Meghan Markle sebenarnya telah berembus sejak berbulan-bulan lalu. Namun, konfirmasi resmi baru dikeluarkan Pangeran William melalui Clarence House jelang akhir minggu kemarin.

"His Royal Highness the Prince of Wales dengan bahagia mengumumkan pertunangan Pangeran Harry dengan Ms Meghan Markle," demikian bunyi pernyataan resmi tersebut.

Menurut pernyataan yang sama, pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle akan dilangsungkan pada musim semi tahun depan. Detail mengenai hal tersebut akan menyusul.

Melansir laman Daily Star, Senin 27 November 2017, Pangeran Harry dan Meghan Markle bertunangan awal bulan ini. Kabarnya, Meghan pun telah mengundurkan diri dari serial Suits dan pindah dari apartemennya di Toronto ke London, Inggris.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya