Ekspor Produk Industri Pengolahan Nonmigas Bisa Capai USD 130,74 Miliar

Saat ini ekspor produk industri pengolahan nonmigas telah memberikan kontribusi sebesar 72,28 persen dari total eskpor.

oleh Merdeka.com diperbarui 19 Des 2018, 20:23 WIB
Diterbitkan 19 Des 2018, 20:23 WIB
20151117-Mengintip Proses Perakitan All New Kijang Innova di Pabrik Toyota TMMIN-Karawang
Foto yang diambil pada 16 November 2015 memperlihatkan pekerja mengendarai mobil All News Kijang Innova di Pabrik TMMIN Karawang. Mobil baru tersebut akan memberi warna baru pada perkembangan pasar MPV dalam negeri. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) memproyeksikan nilai ekspor produk industri pengolahan nonmigas hingga akhir tahun dapat mencapai USD 130,74 miliar. Jumlah ini naik sebesar 4,51 persen bila dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya sebesar USD 125,10 miliar.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengatakan, saat ini ekspor produk industri pengolahan nonmigas telah memberikan kontribusi sebesar 72,28 persen dari total eskpor 2018. Hal ini menandakan produk lokal dalam negeri mampu berdaya saing di pasar global.

"Industri pengolahan kontribusinya kepada ekspor itu 72,28 persen. Dan ekspor kita (diperkirakan) sebesar USD 130,74 miliar," kata Menteri Airlangga dalam jumpa pers di Kantornya, Jakarta, Rabu (19/12/2018).

Menteri Airlangga mengatakan, untuk menggenjot nilai ekspor maka yang dibutuhkan adalah mendorong industri otomotif. Sebab, sebagian besar dari 80 persen pasar dunia perdagangan terjadi di sektor otomotif, terutama pada kendaraan jenis mobil sedan.

"Di dunia itu 80 persen perdagangan mobil adalah sedan. Sedangkan yang dikembangkan di Indonesia adalah SUV dan MPV. Kalau kita mau menaikan kue maka kita harus masuk di kue yang besar," katanya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:


Langkah Mudah

Mengintip Pabrik Mercedes Benz di Wanaherang Bogor
Pekerja menyelesaikan perakitan mobil Mercedes Benz di Pabrik Mercedes Benz, Wanaherang, Bogor (11/12). Mercededes-Benz C-Class generasi terbaru kini resmi masuk jalur produksi pabrik Mercedes-Benz di Wanaherang, Bogor. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Dia menambahkan, sebetulnya upaya tersebut cukup sederhana. Tinggal bagaimana sektor industri yang memiliki kapasitas lebih seperti otomotif tinggal pacu kembali. Sehingga pangsa pasar ekspor roda empat ke depan memiliki cakupan yang luas. Dengan demikian, maka nilai ekspor industri akan jauh lebih besar.

"Kita bicara industri otomitif punya kapasitas lebih. Artinya apa kalau punya kapasitas lebih ya kita tinggal pacu saja. Apa yang sedang mau kita lakukan adalah bagaimana sisa kapasitas ini kita pakai untuk produksi sedan," jelasnya.

"Kalau itu bisa dilakukan maka ada pasar di Australia 1,3 juta kendaraan yang bisa kita masuki. Tetapi bagaimana cara masuk ke Ausutralia? yang namanya industri itu harus ada Pajak Penjualan Atas Barang Mewah (PPnBM)," tutupnya.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya