Kampanye Penanggulangan Sampah, Menko Luhut Bersih-bersih Pantai di Manado

Menko Luhut menilai kesadaran harus dibangun dan semua sehati dalam menjaga lingkungan.

oleh Yoseph Ikanubun diperbarui 31 Okt 2019, 10:00 WIB
Diterbitkan 31 Okt 2019, 10:00 WIB
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, membuka kegiatan Bersih Pantai Manado, Kamis (31/10/2019). Liputan6.com/Yoseph Ikanubun
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, membuka kegiatan Bersih Pantai Manado, Kamis (31/10/2019). Liputan6.com/Yoseph Ikanubun

Liputan6.com, Manado - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, membuka kegiatan Bersih Pantai Manado, Kamis (31/10/2019) pagi. Acara bertempat di Kelurahan Karangria, Kecamatan Tuminting, Manado di Sulawesi Utara.

Kegiatan ini sekaligus sebagai bagian dari kampanye nasional penanggulangan sampah, serta rangakaian kegiatan Archipelagic and Island State (AIS) Forum 2019 di Manado.

"Kebersihan menjadi sangat penting karena ini bagian dari kehidupan kita dan betapa bahayanya sampah plastik ini kalau masuk ke laut," kata Luhut.

Kesadaran harus dibangun dan dia berharap agar semua sehati dalam menjaga lingkungan dan membuang sampah pada tempatnya.

"Saya minta di Sulut ini supaya betul - betul budaya bersih sampah ditanamkan, ini agar terus dilakukan," harap Luhut.

Dia mengatakan, Indonesia termasuk champion dalam masalah penanganan sampah, walaupun Indonesia memang merupakan salah satu negara dengan masalah sampah terbesar di dunia.

Namun dalam 3, 4 tahun ini Indonesia sangat maju dalam melakukan sosialisasi pencegahan pembuangan sampah sembarangan.

"Bapak ibu dan anak - anak sekalian harus sadar akan masalah sampah. Ini dan harus kita bangun. Bahwa sampah menjadi musuh bersama kita," ujar Luhut.

Kegiatan bersih Pantai Manado itu melibatkan ratusan aparat TNI, Polri, ASN, BUMN, serta komunitas peduli lingkungan di Manado.

Menko Luhut didampingi Gubernur Sulut Olly Dondokambey dan Wakil Wali Kota Manado Mor Dominus Bastiaan ikut memantau kegiatan bersih-bersih pantai itu. 

* Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


23 Negara Kepulauan Kumpul di Manado, Ini yang Dibahas

Luhut Binsar Panjaitan
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi kembali menggelar Forum Negara Kepulauan dan Negara Pulau ( Archipelagic and Island States ) pada tanggal 30 Oktober-1 November 2019 di Manado, Sulawesi Utara.

Namun sedikit berbeda dengan penyelenggaraan forum AIS tahun lalu, tahun ini Kemenko Bidang Kemaritiman dan Investasi bekerja sama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) juga menyelenggarakan forum 1000 Startup Digital bertajuk “ Ignite the Blue ”. Kegiatan ini digelar disela-sela Pertemuan Tingkat Pejabat Tinggi dan Pertemuan Tingkat Menteri AIS Forum.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut B Pandjaitan hadir untuk membuka kegiatan tersebut. “Saya dari Kemenko Bidang Kemaritiman dan investasi tentunya juga akan selalu mendukung secara maksimal perkembangan startup di Indonesia dan mendorong pembentukan startup yang terkait sektor kemaritiman,” ujarnya di Kawasan Megamas, Manado, Rabu (30/10/2019).

Menurut Luhut, dengan semakin banyaknya startup Kemaritiman di masa datang potensi sektor maritim yang besar juga akan ikut berkembang. Konsep acara tersebut adalah untuk memberikan peluang berbagi pengetahuan dan pengalaman di antara komunitas digital, sehingga diharapkan mereka dapat semakin maju dan berkembang.

Selain adanya even 1.000 Startup Digital, dalam rangkaian pertemuan AIS Forum, juga digelar beberapa even lain secara paralel yakni seminar tentang Blue Economy, workshop tentang pariwisata kelautan berkelanjutan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), serta sharing pengalaman dari berbagai usaha rintisan (startup) serta kegiatan bersih pantai Karangria oleh 300 pegawai seluruh satuan kerja di Pemprov Sulawesi Utara, pelajar dan komunitas masyarakat.

Tak hanya itu, sebelum dan sesudah event utama pada tanggal 30 Oktober-1 November 2019 pemerintah juga menggelar kegiatan lain yakni pelatihan manajemen ekowisata oleh Kemlu yang digelar pada tanggal 25-26 Oktober 2019, seminar tentang tantangan terhadap terumbu karang, perikanan serta ketahanan pangan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan pada tanggal 29 Oktober 2019, serta Manado Startup Weekend pada tanggal 1-3 November 2019.

Selain itu, juga diadakan pameran berbagai produk bertema Smart and Innovative Solution dalam kerangka AIS Forum. Pameran menghadirkan 70 exhibitor dan dihadiri lebih dari 2000 pengunjung.

 

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya