Jelang Tutup Tahun, Bisnis Gadai Pegadaian Terus Tumbuh

Kinerja Pegadaian hingga September 2019 terus mengalami pertumbuhan

oleh Athika Rahma diperbarui 09 Nov 2019, 19:30 WIB
Diterbitkan 09 Nov 2019, 19:30 WIB
PT Pegadaian (Persero).
PT Pegadaian (Persero).

Liputan6.com, Jakarta - PT Pegadaian (Persero) catat pertumbuhan bisnis hingga kuartal III 2019. Direktur Keuangan dan Perencanaan Strategis Pegadaian Ninis Kesuma Adriani menyatakan, Outstanding Loan (OSL) masih jadi faktor pendorong pertumbuhan laba perusahaan.

"Faktor pendorong, kita masih dari OSL. OSL masih terus tumbuh," ujar Ninis saat ditemui di Jakarta, Sabtu (09/11/2019).

Hingga September 2019, OSL Pegadaian tercatat naik sebesar 17 persen, begitu pula dengan total aset yang naik menjadi Rp 58,81 trilun, meningkat 14 persen dari realisasi tahun lalu sebesar Rp 51,62 triliun.

Laba bersih perusahaan meningkat 19 persen dengan nilai Rp 2,35 triliun. Sementara, pendapatan usaha Pegadaian mencapai angka Rp 9,8 triliun.

Di samping itu, penyaluran uang pinjaman juga tumbuh 17,72 persen year on year (yoy). Realisasi tersebut lebih tinggi dibandingkan dengan pertumbuhan industri pembiayaan yang hanya meningkat 3,53 persen menjadi Rp 451,11 triliun.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:


Tingkatkan Penjualan, Pegadaian Jalin Kerjasama dengan 4 BUMD

Kerjasama Pegadaian dengan 4 BUMD
Kerjasama Pegadaian dengan 4 BUMD (dok: Athika)

PT Pegadaian (Persero) resmi jalin kerjasama dengan 4 perusahaan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Provinsi DKI Jakarta. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan pemasaran dan penjualan produk.

Penandatanganan nota kesepahaman dilakukan oleh Direktur Utama Pegadaian Kuswiyoto, Direktur Utama Jamkrida Jakarta Chusnul Ma'arif, Direktur Utama Bank DKI Wahyu Widodo, Direktur Utama PD Pasar Jaya Arief Nasrudin dan Direktur Utama PT Food Station Tjipinang Jaya Arief Prasetyo Adi.

Turut hadir pula Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Ketua Dewan Masjid Indonesia Jusuf Kalla.

"Kerjasama ini dapat memanfaatkan kapasitas dan kapabilitas dalam melaksanakan, mengembangkan dan meningkatkan bisnis masing-masing," ujar Kuswiyoto di Jakarta, Sabtu (09/11/2019).

Hingga saat ini, Pegadaian terhitung telah bekerjasama dengan 100 perusahaan yang terdiri dari BUMN, BUMD, perusahaan swasta, asosiasi dan instansi lainnya.

Diharapkan kerjasama ini tidak hanya semata-mata meningkatkan volume penjualan dan pemasaran produk, namun juga optimalisasi kanal distribusi masing-masing perusahaan sehingga saling memberikan keuntungan.

Di waktu yang bersamaan, terdapat pula acara Ground Breaking Masjid Apung Ancol di Taman Impian Jaya Ancol. Nantinya. Direncanakan, pembangunan masjid ini akan rampung tahun 2020 mendatang.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya