Tenang, Indonesia Masih Berpeluang Besar Terhindar dari Resesi

Agar terhindar dari resesi, pemerintah harus mampu memaksimalkan kinerja dua sektor yang dianggap berpotensi terus tumbuh positif di tengah pandemi Covid-19.

oleh Liputan6.com diperbarui 21 Agu 2020, 20:00 WIB
Diterbitkan 21 Agu 2020, 20:00 WIB
Penyebab Resesi
Ilustrasi Grafik Pandemi Covid-19 Credit: pexels.com/MarkusSpiske

Liputan6.com, Jakarta Founder dan Ekonom Center of Reform on Economic (CORE) Indonesia Hendri Saparini mengatakan Indonesia mempunyai peluang besar untuk terhindar dari jurang resesi tahun ini. Dengan catatan pemerintah mampu memaksimalkan kinerja dua sektor yang dianggap berpotensi terus tumbuh positif di tengah pandemi Covid-19.

"Apakah indonesia berpotensi terhindar dari resesi akibat pandemi ini?. Ya sangat memungkinkan. Namun, pemerintah harus mengoptimalkan kinerja dua sektor yang mampu menyelamatkan ekonomi kita , pertama adalah sektor pertanian dan industri manufaktur," jelas dia dalam diskusi virtual bertajuk 75 Tahun Merdeka Saatnya Re-Formasi Ekonomi, Jumat (21/8).

Lanjutnya, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), pertumbuhan sektor pertanian di kuartal II tahun ini menjadi penyumbang tertinggi terhadap pertumbuhan ekonomi nasional. Di mana PDB pertanian tumbuh 16,24 persen pada triwulan-II 2020 (q to q), sementara secara year on year tumbuh 2,19 persen.

Selain itu, pertanian juga diyakini mampu menyerap angka lapangan kerja yang cukup tinggi. Mengingat Indonesia memiliki sumber daya pertanian yang masih melimpah dan belum dimanfaatkan sepenuhnya.

"Kita lihat data BPS mencatat, pertanian masih mampu tumbuh positif. Sektor ini pula juga berpotensi menyerap banyak tenaga kerja dengan kekayaan sumber daya ybag dimiliki," jelasnya.

Sehingga untuk menggeliatkan ekonomi nasional, pemerintah harus berfokus pada pengembangan hilirisasi produk pertanian, inovasi, dan regenerasi petani milenial. Imbasnya sektor pertanian Indonesia berpotensi terus tumbuh positif kendati pandemi Covid-19 masih belum mampu diatasi sampai saat ini.

Potensi serupa juga dapat dimanfaatkan dari Industri manufaktur. Dimana sektor ini mampu memberikan sumbangsih hingga 20 persen terhadap PDB Indonesia. Juga mampu menyerap tenaga kerja dalam jumlah banyak.

Oleh karena itu, ia berharap pemerintah lebih gencar untuk mendorong industri pengolahan yang berorientasi ekspor. Diantaranya melalui percepatan penetrasi ke pasar yang ekonominya cepat pulih, seperti China. Mengingat negara tersebut mampu bangkit dan menunjukkan pertumbuhan yang positif setelah sebelumnya mengalami kontraksi hingga 6,8 persen.

"Artinya kita punya potensi besar untuk terus menggenjot kinerja manufaktur. Kita lihat China sudah mampu tumbuh positif hingga 6,8 persen. Harusnya kita mampu, pasar dalam negeri kita saja masih terbuka luas," jelasnya.

Reporter: Sulaeman

Sumber: Merdeka.com

 

** Saksikan "Berani Berubah" di Liputan6 Pagi SCTV setiap Senin pukul 05.30 WIB, mulai 10 Agustus 2020

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:


Kinerja Industri

Bunga KUR Turun
Pekerja memotong tahu yang baru dicetak di industri rumahan kawasan Jakarta, Selasa (17/12/2019). Pemerintah juga menaikkan plafon penyaluran KUR plafon secara signifikan 36% dari Rp 140 triliun menjadi Rp 190 triliun tahun 2020. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sebelumnya, Kementerian Perindustrian mencatat industri pengolahan nonmigas masih konsisten menjadi sektor yang memberikan kontribusi paling besar terhadap capaian nilai ekspor nasional.

Sepanjang semester I-2020, total nilai pengapalan produk sektor manufaktur menembus hingga USD60,76 miliar atau menyumbang 79,52 persen dari keseluruhan angka ekspor nasional yang mencapai USD76,41 miliar.

"Terus terang saya cukup surprise dengan hasil kinerja ekspor industri pengolahan nonmigas saat ini. Di luar dugaan, kinerja ekspor sektor industri manufaktur ternyata masih mencatatkan kontribusi yang positif," kata Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, di Jakarta, Rabu (22/7).

Dia menegaskan, pihaknya terus menjaga keberlangsungan aktivitas industri manufaktur di Tanah Air, meskipun sedang tertekan karena melambatnya ekonomi dunia dan dampak pandemi Covid-19. Sebab selama ini sektor industri manufaktur berperan sebagai tulang punggung perekonomian nasional.

"Kami bertekad untuk senantiasa menggenjot kinerja industri yang memiliki orientasi ekspor. Dilihat dari sumbangsihnya terhadap struktur nilai ekspor nasional, sektor industri berkontribusi 79,52 persen pada semester I-2020 atau naik dibanding periode yang sama tahun 2019 sebesar 75,47 persen," paparnya.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya