Satgas Covid-19: Tidak Semua Hotel Terpakai untuk Isolasi Mandiri

Beberapa hotel yang dipakai untuk karantina mandiri hanya ada di Jakarta, Sumatera Utara, Aceh, Bali, dan Sulawesi Selatan.

oleh Liputan6.com diperbarui 12 Okt 2020, 16:42 WIB
Diterbitkan 12 Okt 2020, 16:10 WIB
Sambut New Normal, Begini Protokol Kesehatan WHO yang Berlaku di Hotel Bali
Mulia Bali siap menyambut new normal dengan sejumlah protokol kesehatan WHO. Seperti apa pelaksanaannya? (Foto: Mulia Bali)

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19, Doni Munardo, mengatakan tidak semua hotel yang disiapkan untuk karantina mandiri di beberapa daerah terpakai.

Beberapa hotel yang dipakai untuk karantina mandiri hanya ada di Jakarta, Sumatera Utara, Aceh, Bali, dan Sulawesi Selatan.

"Di Jakarta sudah ada lima hotel yang dipakai untuk isolasi mandiri bagi warga yang terpapar," kata Doni di Graha BNPB, Jakarta Timur, Senin (12/10/2020).

Doni menuturkan, beberapa hotel yang disediakan Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) sudah ada yang digunakan. Namun, penggunaannya belum maksimal karena angka penyebaran di wilayah tersebut kurang dari perkiraan pemerintah.

"Hanya memang belum seluruh hotel yang disiapkan PHRI itu terpenuhi karena ternyata angka kasus positif masyarakat ini tidak juga seperti yang kita khawatirkan," kata dia.

Doni berharap hotel yang disediakan untuk isolasi mandiri tidak akan terpakai lagi. Sebab, saat ini kesadaran masyarakat untuk melakukan pencegahan sudah mulai terbangun.

"Mana kala kita bisa saling mengingatkan, saya yakin hotel-hotel itu mungkin tidak akan terisi," kata dia.

Terpenting kata Doni, virus Covid-19 ini ditularkan bukan oleh hewan sebagaimana flu babi dan flu burung, melainkan orang sekitar yang beraktivitas di ruang publik.

"Manusia terdekat yang bisa, khususnya orang yang akrab dan beraktivitas di ruang publik," pungkasnya.

Merdeka.com

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:


Update Corona 12 Oktober: Bertambah 3.492, Pasien Covid-19 Sembuh Jadi 258.519 Orang

RS Medistra
Direktur RS Medistra Dini Handayani mengatakan, program isolasi mandiri berbayar funsolation bertemakan Fun Activity untuk pasien COVID-19 OTG dan gejala medis minimal dengan kondisi baik dalam keterangannya, Selasa (6/10/2020). (RS Medistra)

Angka kasus sembuh virus Corona Covid-19 di Indonesia terus bertambah pesat. Per hari ini, Senin (12/10/2020), ada penambahan 3.492 pasien yang dinyatakan sembuh dari Covid-19.

Dengan begitu, hingga saat ini, total akumulatif ada 258.519 pasien yang sudah dinyatakan sembuh dan negatif Corona Covid-19 di Indonesia.

Informasi ini berdasarkan data Kementerian Kesehatan yang disampaikan Satuan Tugas atau Satgas Penanganan Covid-19.

Sementara itu, hari ini juga ada penambahan 3.267 pasien baru positif Covid-19. Sehingga, total akumulatifnya hingga saat ini ada 336.716 orang di Indonesia terkonfirmasi positif Corona.

Sementara itu, angka kasus meninggal dunia pada hari ini bertambah 91 pasien. Dengan begitu, total akumulatif kasus kematian akibat Covid-19 di Indonesia mencapai 11.935 jiwa.

Data update pasien Corona Covid-19 ini tercatat sejak Minggu, 11 Oktober 2020, pukul 12.00 WIB hingga hari ini pukul 12.00 WIB.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya