Pemilik Gagal Bayar Utang, Rumah Termahal AS Dilego Murah dari Harga Asli

Rumah termahal di AS gagal menbayar utang sebesar USD 165 juta, dan akan dijual dengan harga yang lebih rendah.

oleh Natasha Khairunisa Amani diperbarui 09 Sep 2021, 18:37 WIB
Diterbitkan 09 Sep 2021, 18:00 WIB
The One, Rumah Termahal di AS. (dok: Nearmap)
The One, Rumah Termahal di AS. (dok: Nearmap)

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah rumah mewah 'megamansion' di Los Angeles, Amerika Serikat yang pernah diperkirakan akan dijual dengan harga USD 500 juta (Rp 7,1 triliun) telah masuk ke pengawasan kurator setelah pemiliknya gagal membayar pinjaman dan utang sebesar USD 165 juta (Rp 2,3 trilun).

Area rumah seluas 105.000 kaki persegi yang berada di kawasan Bel Air itu disebut sebagai "The One," seperti dikutip dari CNBC, Kamis (9/9/2021).

Megamansion tersebut ditempatkan ke kurator oleh Pengadilan Tinggi Distrik Los Angeles dan diperkirakan akan dikenakan harga yang lebih rendah dalam beberapa bulan mendatang, menurut orang-orang yang mengetahui hal itu.

Developer rumah itu, Nile Niami kerap menyebutnya sebagai "rumah terbesar dan termahal di dunia perkotaan".

Pada 2017, rumah 'The One' diharapkan memasuki pasar dengan harga Rp 7,1 triliun, tetapi pemasarannya menghadapi penundaan berulang akibat masalah pendanaan dan perubahan strategi.

Megamansion itu membentang seperti istana ultra-modern di atas delapan hektar di puncak bukit yang menghadap ke perkotaan Los Angeles.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Berisikan Arena Bowling Hingga Garasi untuk 50 Mobil

Ilustrasi rumah mewah
Ilustrasi rumah mewah. (Gambar oleh giovanni gargiulo dari Pixabay)

Megamansion itu terdiri dari sembilan kamar tidur, beberapa dapur, klub malam, empat arena bowling, salon, gym, ruangan teater dengan 50 kursi, dan garasi bawah tanah untuk 50 mobil.

Tak hanya itu, rumah mewah tersebut juga dilengkapi dengan sejumlah kolam renang, jacuzzi, dan parit yang mengelilingi rumah.

Niami sebelumnya berencana menempatkan akuarium ubur-ubur di megamansion itu dan sebuah bar namun keduanya meraup biaya yang terlalu mahal.

"Ada banyak orang di luar sana dengan banyak uang – mereka menginginkan sesuatu yang tidak dimiliki orang lain," kata Niami kepada CNBC pada 2017.

Namun 'The One' adalah salah satu dari puluhan rumah mewah yang dibangun di kawasan Bel Air dan Beverly Hills setelah tahun 2014, ketika tokoh mode Bruce Makowsky menjual rumah mewahnya di Beverly Hills seharga USD 70 juta dan memulai real estat California yang baru. 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya