Pemerintah Petakan Lokasi Baru bagi Pengungsi Erupsi Gunung Semeru

Paling tidak ada dua lokasi yang diusulkan untuk jadi tempat pengungsian korban erupsi Gunung Semeru.

oleh Maulandy Rizky Bayu Kencana diperbarui 06 Des 2021, 15:20 WIB
Diterbitkan 06 Des 2021, 15:20 WIB
Jejak Erupsi Gunung Semeru di Desa Sumber Wuluh
Penduduk desa menyelamatkan apa yang mereka dapat dari rumah mereka yang rusak akibat erupsi Gunung Semeru di Desa Sumber Wuluh, Lumajang, Jawa Timur, Senin (6/12/2021). Desa Sumber Wuluh luluh lantak mengakibatkan puluhan rumah rusak dan ratusan warga mengungsi. (Juni Kriswanto/AFP)

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) tengah memetakan lokasi pengungsian baru bagi para pengungsi imbas erupsi Gunung Semeru pada 4 Desember 2021.

Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Andiani menyampaikan, pihaknya sudah berdiskusi dengan Badan Geologi Kementerian ESDM, BMKG, beserta Bupati dan Wakil Bupati Lumajang mengenai lokasi pengungsian bagi warga di sekitar Gunung Semeru.

Berdasarkan hasil diskusi, Wakil Bupati Lumajang sudah menyampaikan, paling tidak ada dua lokasi yang diusulkan untuk jadi tempat pengungsian korban erupsi Gunung Semeru.

"Jadi penentuan lokasi pengungsian didasarkan pada peta kawasan rawan bencana yang sudah dikeluarkan oleh Badan Geologi. Ini dijadikan acuan untuk menentukan lokasi yang tidak rawan untuk ditempatkan sebagai lokasi pengungsian," ujarnya dalam sesi teleconference, Senin (6/12/2021).

Andiani mengarahkan, bagi masyarakat yang hendak mengetahui peta-peta rawan bencana bisa diakses melalui aplikasi MAGMA Indonesia maupun di situs resmi PVMBG.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Peta Kawasan Rawan Bencana

Jejak Erupsi Gunung Semeru di Desa Sumber Wuluh
Seorang pria mengendarai sepeda melewati rumah yang rusak akibat erupsi Gunung Semeru di Desa Sumber Wuluh, Lumajang, Jawa Timur, Senin (6/12/2021). Desa Sumber Wuluh luluh lantak diterjang erupsi Semeru mengakibatkan puluhan rumah rusak dan ratusan warga mengungsi. (Juni Kriswanto/AFP)

Sementara Kepala Badan Geologi Eko Budi Lelono mengatakan, pihaknya sudah menganalisa peta kawasan rawan bencana sebagai upaya mitigas terkait potensi bahaya dari gunung merapi lain.

"Bisa dilihat area-arra mana saja yang rawan bencana, dan area-area mana saja yang relatif aman dari bencana. Ini penting, karena dengan kondisi saat ini ada banyak masyarakat yang terdampak erupsi tanggal 4 (Desember) kemarin," tuturnya.

"Harus dipetakan mana tempat dan jalur pengungsian yang aman. Nanti akan ditindaklanjuti oleh Wakil Bupati (Lumajang) untuk keselamatan masyarakat di sini. Pengungsian saat ini ada di banyak tempat, nanti akan difokuskan ke 2-3 tempat saja," ujar Eko.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya