Dibuka Hari Ini, Daftar PPPK Guru 2022 di sscasn.bkn.go.id

Pendaftaran PPPK guru 2022 dibuka pada Selasa hari ini, 25 Oktober 2022. Pendaftaran dapat dilakukan melalui sscasn.bkn.go.id.

oleh Natasha Khairunisa Amani diperbarui 25 Okt 2022, 15:40 WIB
Diterbitkan 25 Okt 2022, 15:40 WIB
Laman PPPK Guru 2021
Hasil Seleksi PPPK Guru 2021 bisa dilihat melalui tautan gurupppk.kemdikbud.go.id.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah kembali membuka pendaftaran PPPK guru 2022 pada Selasa hari ini, 25 Oktober 2022. Pendaftaran dapat dilakukan melalui laman sscasn.bkn.go.id.

Diketahui, terdapat dua kategori yang boleh melakukan pendaftaran PPPK 2022 untuk guru, yakni pelamar prioritas dan pelamar umum.

Pendaftaran PPPK guru 2022 ini tertuang dalam surat Keputusan Mendikbudristek Nomor 349/P/2022 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Seleksi Calon Pegawai Pemerintahan dengan Perjanjian Kerja untuk Jabatan Fungsional Guru Pada Instansi Daerah Tahun 2022.

Adapun prioritas dari pelamar ini terdiri dari beberapa prioritas yaitu prioritas pertama yang terdiri dari pelamar atau peserta yang telah mengikuti seleksi PPPK Guru Tahun 2021 serta telah memenuhi ambang batas. Dilakukan berdasarkan dari urutan THK-II, guru non-ASN, lulusan PPG, hingga guru swasta.

Prioritas kedua dari pelamar ini adalah THK-II yang tidak termasuk dalam THK-II pada kategori pelamar prioritas I. Serta prioritas ketiga dari pelamar adalah guru non-ASN yang tidak termasuk dalam guru non-ASN kategori pelamar prioritas I di satuan pendidikan yang diselenggarakan pemerintah daerah serta mempunyai keaktifan dalam mengajar minimal 3 tahun atau setara 6 semester di Dapodik.

Sebelum mendaftar di laman sscasn.bkn.go.id, peserta perlu mengetahui beberapa persyaratan Guru ASN PPPK 2022 :

- Pelamar merupakan Warga Negara Indonesia (WNI).

- Usia minimal adalah 20 tahun dan maksimal 59 tahun pada saat pendaftaran.

- Tidak pernah dipidana dengan pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang sudah mempunyai kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana penjara 2 tahun atau lebih.

- Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai Pegawai Negeri Sipil, PPPK, Prajurit Negara Republik Indonesia, atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta.

- Tidak menjadi anggota atau pengurus partai politik; Memiliki sertifikat pendidik dan/atau kualifikasi Pendidikan dengan jenjang paling rendah sarjana atau diploma empat sesuai dengan persyaratan.

- Sehat jasmani dan rohani sesuai dengan persyaratan Jabatan yang dilamar.

- Surat keterangan berkelakuan baik.

- Persyaratan lain sesuai kebutuhan jabatan yang ditetapkan oleh menteri yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang pendidikan, kebudayaan, ilmu pengetahuan dan teknologi. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


3 Tahapan Mekanisme Seleksi PPPK Guru 2022

Ilustrasi Pendaftaran PPPK Guru 2022.
Ilustrasi Pendaftaran PPPK Guru 2022.

Sementara itu terdapat beberapa mekanisme Seleksi Guru ASN PPPK Tahun 2022. Seperti mengutip laman Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek) berikut mekanismenya:

1. Penempatan Lulus Passing Grade

Penempatan individu yang telah lulus nilai ambang batas pada seleksi Tahun 2021 di tempat tugasnya masing-masing atau di satuan pendidikan yang membutuhkan

Disebutkan sebanyak 193 ribu guru yang telah telah memenuhi Nilai Ambang Batas pada seleksi PPPK Guru tahun 2021 ditempatkan di satuan pendidikan berdasarkan kebutuhan dan kuota yang tersedia di Daerah, tanpa mengikuti ujian kembali.

Individu ditempatkan di tempat tugas masing-masing sepanjang kebutuhan tersedia. Apabila tidak terdapat kebutuhan di tempat tugasnya, maka akan di tempatkan pada satuan pendidikan yang membutuhkan.

Prioritas penempatan dilakukan berdasarkan urutan kategori pelamar:

  • THK II
  • Honorer negeri
  • Lulusan PPG
  • Honorer Swasta

Pada masing - masing kategori dilakukan urutan berdasarkan nilai yang diperoleh pada hasil seleksi Tahun 2021 (sesuai PermenPAN-RB 28/2021):

  • Teknis
  • Manajerial Sosial Kultural
  • Wawancara
  • Usia 

Mekanisme Berikutnya

2. Seleksi Kesesuaian / Verifikasi

Seleksi dilakukan dengan mempertimbangkan dimensi kompetensi profesional, pedagogik, sosial, dan kepribadian.

Mekanisme seleksi kesesuaian/verifikasi bagi pelamar THK-II dan Guru honorer sekolah negeri minimal 3 tahun bekerja dan terdaftar di Dapodik

Seleksi kesesuaian/verifikasi dilaksanakan apabila masih tersedia kuota formasi PPPK Guru setelah penempatan bagi guru yang lulus passing grade.

Pada seleksi ini, dilakukan dengan menilai kesesuaian 4 dimensi:

- Kualifikasi Akademik dan/atau sertifikat pendidik dengan mempertimbangkan linieritas antara bidang tugas atau mata pelajaran dengan: kualifikasi akademik Sarjana (S-1), atau Diploma Empat (D-IV), dan/atau Sertifikat Pendidik.

- Kompetensi Teknis terdiri dari profesional, pedagogik, sosial, kepribadian.

- Kinerja terdiri dari orientasi pelayanan, komitmen, inisiatif Kerja, dan kerja sama.

- Pemeriksaan latar belakang, seperti perundungan, kekerasan seksual, penyalahgunaan narkotika, psikotropika, dan zat adiktif lainnya (NAPZA), danIntoleransi.

- Seleksi Wawancara dengan mempertimbangkan integritas dan moralitas.

3. Mekanisme seleksi tes bagi pelamar umum

Pelamar Seleksi

1. Honorer di Sekolah Negeri(terdaftar di Data Pokok Pendidikan < 3 tahun).

2. Lulusan Program Pendidikan Guru (terdaftar pada database kelulusan Program Pendidikan Guru di Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi).

3. Individu di sekolah swasta (terdaftar di Data Pokok Pendidikan).

Seleksi Tes dilaksanakan apabila masih tersedia kuota formasi PPPK Guru setelah seleksi kesesuaian/verifikasi. Seleksi Tes dilakukan menggunakan CAT. Perhatikan detailnya di bawah ini:

Seleksi Tes dilakukan menggunakan CAT.
Seleksi Tes dilakukan menggunakan CAT.
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya