Sederet Pemimpin Dunia Tiba di Bali Hadiri KTT G20, Joe Biden hingga Menlu Rusia

Para tamu undangan perhelatan acara puncak Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 mulai berdatangan. Salah satunya yaitu Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden.

oleh Arief Rahman Hakim diperbarui 14 Nov 2022, 09:09 WIB
Diterbitkan 14 Nov 2022, 09:09 WIB
Tarian Khas Bali Sambut Kedatangan Presiden AS Joe Biden di Bali
Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden disambut oleh tarian khas Bali saat turun dari pesawat kepresidenan AS, Air Force One setibanya di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali, Minggu (13/11/2022). Para tamu undangan perhelatan acara puncak Konferensi Tingkat Tinggi atau KTT G20 mulai berdatangan. Salah satunya yaitu Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden. (SAUL LOEB / AFP)

Liputan6.com, Jakarta Para tamu undangan perhelatan acara puncak Konferensi Tingkat Tinggi atau KTT G20 mulai berdatangan. Salah satunya yaitu Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden tiba di Bali pada Minggu (13/11/2022) malam sekitar pukul 21.45 WITA di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali.

Kedatangan Presiden AS Joe Biden disambut Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno.

"Saya mendapat kehormatan dan tugas dari negara untuk menyambut Bapak Presiden Joe Biden yang mendarat di Bali malam ini sekitar pukul 21.45 WITA menggunakan pesawat Air Force One,” ujar Sandiaga, Minggu malam di Denpasar Bali.

Pada kesempatan tersebut, Sandiaga mengucapkan selamat datang dan terima kasih kepada Presiden AS Joe Biden atas kesediaanya menghadiri KTT G20.

“Atas nama pemerintah, bangsa dan rakyat Indonesia kami menyampaikan keinginan untuk lebih banyak kunjungan dan kerja sama sektor pariwisata dan ekonomi kreatif,” katanya.

Selain Joe Biden, pemimpin negara anggota G20 lainnnya juga sudah tiba di Indonesia, seperti Perdana Menteri Jepang, Fumio Kishida dan Presiden Korsel Yoon Suk-yeol.

Sementara untuk Rusia, meskipun Presiden Vladimir Putin batal hadir langsung ke KTT G20, namun sudah ada Menteri Luar Negeri Rusia  S Lavrov yang sudah tiba di Indonesia sebagai perwakilan.

Berikut daftar pemimpin dunia yang telah hadir di Indonesia guna menghadiri KTT G20 Bali.

1. Presiden AS Joe Biden

2. Perdana Menteri Jepang, Fumio Kishida

3. Presiden Korsel Yoon Suk-yeol

4. Menlu Rusia Sergey Viktorovich Lavrov

5. Menteri Luar Negeri Mexico Marcelo Ebrard Casaubon

6. Presiden Komisi Eropa, Ursula von der Leyen

7. Presiden Islamic Development Bank (IsDB) Muhammad Sulaiman Al Jasser

8. Chairman World Economic Forum Klaus Martin Schwab

9. Director General International Labour Organization Gilbert F. Houngbo

10. Presiden The Asian Development Bank (ADB) Masatsugu Asakawa

 

 


Menko Luhut Pastikan 16 Pemimpin Dunia Terbang ke Bali Hadiri KTT G20

Logo G20. (Dokumentasi Kemlu RI)
Logo G20. (Dokumentasi Kemlu RI)

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan. memastikan persiapan gelaran akbar KTT G20 yang akan berlangsung di Bali pada 15-16 November 2022 hampir 100 persen. Ia memastikan persiapan ini akan rampung 2 sampai 3 hari mendatang.

"Ini sudah siap dalam 2-3 hari lagi, tinggal teknis kecil," kata Menko Luhut saat meninjau persiapan KTT G20 di Bali, Senin (7/11/2022).

Luhut juga menambahkan bahwa sebanyak 16 pemimpin dunia sudah memastikan kehadirannya dan akan mengikuti rangkaian kegiatan selama acara berlangsung serta bilateral meeting dengan Indonesia, maupun leaders meeting, dan quadrilateral meeting.

Menko Luhut menegaskan bahwa Presidensi G20 Indonesia jadi kegiatan bersejarah karena baru akan digelar kembali di Indonesia 20 tahun lagi. Dirinya berharap agar media dapat mempublikasikan kegiatan ini dengan baik.

"Oleh sebab itu, kita harus kompak. Kesatuan dan persatuan itu penting. Tidak ada manusia yang sempurna, pasti ada kekurangan. Presiden kasih contoh untuk kerja keras, jadi ayo tunjukkan bangsa ini bukan bangsa ecek-ecek, tapi bangsa besar. Berbanggalah," ujar Menko Luhut.


Joe Biden Sudah Mendarat di Bali, Pilih Gunakan Mobil The Beast

Mobil The Beast yang digunakan Joe Biden ke pemakaman Ratu Elizabeth II
Mobil The Beast yang digunakan Joe Biden ke pemakaman Ratu Elizabeth II (AP).

Satu per satu tamu undangan perhelatan acara puncak Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 mulai berdatangan. Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden tiba di Bali pada Minggu (13/11/2022) malam sekitar pukul 21.45 WITA di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali.

Joe Biden rupanya memilih untuk menggunakan mobil dinas kepresidenan AS bernama The Beast. Mobil ini juga disinggung-singgung sebagai kendaraan paling aman di dunia. Dilengkapi dengan sistem keamanan canggih, mobil ini dapat menahan serangan bom yang menghancurkan dan bahkan tembakan senjata api.

Pintu berlapis baja setebal 8 inci - sama seperti Boeing 737 - dan disegel untuk menahan serangan biologis dan kimia. Jendelanya terbuat dari lima lapis kaca polikarbonat. Kamera pengintai malam hari terdapat di dalam grill, sementara ban diperkuat dengan kevlar dan dapat berjalan di atas velg bajanya.

Kendaraan besar ini, yang juga dikenal sebagai Cadillac One, bahkan lebih panjang dari dua SUV besar dan dicat hitam untuk menyamarkan rangkaian fitur keamanan berteknologi tinggi yang rumit.

Limusin Biden adalah model yang dipesan lebih dahulu yang dikirim pada tahun 2018 dan dibangun di atas sasis General Motors TopKick yang biasanya digunakan untuk kendaraan komersial seperti truk kecil. Armornya dikatakan terdiri dari aluminium, keramik, dan baja.

Infografis KTT G20 Bali Tanpa Putin & Zelensky, Daftar Hadir Pemimpin Negara
Infografis KTT G20 Bali Tanpa Putin & Zelensky, Daftar Hadir Pemimpin Negara (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya