Bikin Renggang, Jokowi dan PM Anwar Ibrahim Sepakat Selesaikan Masalah TKI

PM Anwar Ibrahim menyatakan, nasib TKI harus dibela lebih menyeluruh, termasuk dengan menyentuh pihak agen penyalur tenaga kerja.

oleh Maulandy Rizky Bayu Kencana diperbarui 09 Jan 2023, 16:00 WIB
Diterbitkan 09 Jan 2023, 16:00 WIB
Jokowi Sambut Kedatangan PM Malaysia Anwar Ibrahim di Istana Bogor
Presiden Joko Widodo atau Jokowi (kanan) bersama Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim berkeliling Kebun Raya Bogor dengan mobil golf di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Senin (9/1/2023). Presiden Jokowi menerima kunjungan kenegaraan Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim di Istana Bogor. (AP Photo/Achmad Ibrahim)

Liputan6.com, Jakarta - Pertemuan antara Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Perdana Menteri Malaysia Dato Sri Anwar Ibrahim tak luput dari pembahasan soal Tenaga Kerja Indonesia (TKI). Kedua kepala negara bersepakat untuk menyelesaikan masalah soal isu tersebut.

PM Malaysia Anwar Ibrahim mengatakan, masalah TKI jadi problem menahun yang turut meregangkan hubungan Indonesia-Malaysia. Oleh karenanya, ia menyampaikan komitmen untuk menuntaskan perkara itu.

"Jadi soal TKI ini yang mengguris perasaan ramai rakyat Indonesia, bukan saja pemerintah, dan saya tahu benar karena saya berpengalaman di penjara yang sama," ujarnya dalam sesi konferensi pers bersama Presiden Jokowi, Senin (9/1/2023).

Anwar Ibrahim menyatakan, nasib TKI harus dibela lebih menyeluruh, termasuk dengan menyentuh pihak agen penyalur tenaga kerja.

"Saya dapat pengakuan untuk mempastikan kerja-kerja agency pekerja ini  harus hanya sekadar memfasilitasi (TKI), dan tidak mengambil keuntungan berlebihan untuk menekan pekerja di peringkat bawahan," ungkapnya.

Komitmen senada dilontarkan Jokowi, yang menyambut baik komitmen PM Malaysia dalam memberikan perlindungan bagi pekerja migran Indonesia.

Jokowi sangat berharap adanya one chanel system untuk perekrutan dan penempatan TKI benar-benar bisa dijalankan antara kedua belah pihak, baik Indonesia maupun Malaysia.

"Saya mengulangi permintaan saya mengenai pentingnya pembangunan community learning Center di Semenanjung (Malaysia) untuk memenuhi hak pendidikan anak-anak pekerja migran Indonesia," tutur Jokowi.


Jokowi Ajak PM Malaysia Keliling Kebun Raya Bogor

Jokowi Sambut Kedatangan PM Malaysia Anwar Ibrahim di Istana Bogor
Presiden Joko Widodo atau Jokowi (kiri) bersama Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim (kedua kiri) memeriksa pasukan di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Senin (9/1/2023). Kedatangan Anwar Ibrahim diiringi arak-arakan pasukan berkuda dan marching band. (AP Photo/Achmad Ibrahim)

Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengajak Perdana Menteri (PM) Malaysia Anwar Ibrahim berkeliling Kebun Raya Bogor Jawa Barat, Senin (9/1/2023). Hal ini dilakukan saat Jokowi menyambut kunjungan resmi PM Anwar Ibrahim di Istana Kepresidenan Bogor Jawa Barat.

Berdasarkan pantauan Liputan6.com, Anwar Ibrahim tiba di Istana Bogor pada pukul 10.00 WIB. Dia terlebih dahulu melakukan serangkaian prosesi penyambutan mulai dari, upacara, penandatanganan buku tami, veranda talk, hingga penanaman pohon.

Setelah itu, Jokowi mengajak PM Anwar Ibrahim berkeliling Kebun Raya Bogor dengan menggunakan mobil boogie golf. Tampak Jokowi yang menyopiri sendiri PM Anwar Ibrahim.

Di perjalanan, keduanya tampak berbincang-bincang sambil menikmati suasana Kebun Raya Bogor. Setelah beberapa menit mengendarai boogie, Jokowi dan PM Anwar berjalan menyusuri Kebun Raya Bogor.

Jokowi mengajak PM Anwar melihat koleksi pepohonan yang ada di Kebun Raya Bogor. Dia juga sempat menjelaskan salah satu pohon yang ada di Kebun Raya Bogor kepada PM Anwar.

Jokowi dan PM Anwar tidak lama di Kebun Raya Bogor. Keduanya pun kembali ke Istana Kepresidenan Bogor Jawa Barat, dengan menggunakan mobil boogie. Keduanya akan melakukan pertemuan bilateral.

 

 


Kunjungan Resmi

Seperti diketahui, Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim melakukan kunjungan resmi pertama keluar negeri selama dua hari ke Indonesia pada 8 hingga 9 Januari 2022 atas undangan Presiden RI Joko Widodo.

Menteri Luar Negeri Malaysia Zambry Abdul Kadir, Menteri Perdagangan Internasional dan Industri Malaysia Tengku Zafrul Tengku Abdul Aziz, dan juga beberapa pejabat dari kementerian dan lembaga terkait akan mendampingi kunjungan Anwar Ibrahim.

Berdasarkan keterangan tertulis dari Kementerian Luar Negeri Malaysia di Putrajaya, Sabtu, PM Malaysia dijadwalkan melakukan pertemuan empat mata dengan Presiden RI.

Kedua kepala negara/pemerintahan dalam pertemuan yang rencananya dilakukan di Istana Bogor tersebut akan meninjau kemajuan kerja sama bilateral, menjajaki potensi kerjasama baru, dan mempromosikan upaya bersama untuk mengatasi tantangan regional dan global.

Beberapa isu penting yang akan dibahas yakni kerja sama ekonomi termasuk potensi investasi Malaysia di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, demarkasi darat dan batas laut, serta ketenagakerjaan dan perlindungan pekerja migran Indonesia.

 

Infografis Lika-Liku Pemimpin Oposisi Anwar Ibrahim Jadi PM Malaysia
Infografis Lika-Liku Pemimpin Oposisi Anwar Ibrahim Jadi PM Malaysia (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya