Senyum Girang Bos Samsung atas Pencabutan PPKM oleh Jokowi

Bos Samsung Hong Yeun Seuk bersyukur Indonesia telah mencabut berbagai pembatasan yang dituangkan dalam kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

oleh Liputan6.com diperbarui 27 Jan 2023, 15:55 WIB
Diterbitkan 27 Jan 2023, 15:45 WIB
Presiden Direktur PT Samsung Elektronik Indonesia, Hong Yeun Seuk dalam acara Kunjungan Menteri Keuangan Sri Mulyani ke PT Samsung dan Cikarang Dry Port (CDP), Jumat (27/1/2023). (Anisyah Al Faqir/Merdeka.com)
Presiden Direktur PT Samsung Elektronik Indonesia, Hong Yeun Seuk dalam acara Kunjungan Menteri Keuangan Sri Mulyani ke PT Samsung dan Cikarang Dry Port (CDP), Jumat (27/1/2023). (Anisyah Al Faqir/Merdeka.com)

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengunjungi PT Samsung dan Cikarang Dry Port (CDP) pada Jumat (27/1/2023). Dalam kunjungan ke pabrik Samsung ini, Sri Mulyani disambut oleh Presiden Direktur PT Samsung Elektronik Indonesia Hong Yeun Seuk.

Dalam sambutannya, Hong Yeun Seuk bersyukur Indonesia telah mencabut berbagai pembatasan yang dituangkan dalam kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Pencabutan PPKM oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang diumumkan pada 30 Desember 2022 ini menjadi angin segar karena ada secercah harapan perbaikan bisnis sektor manufaktur.

"Kebijakan tersebut angin segar bagi dunia usaha khususnya yang ada di Indonesia sehingga diharapkan kita semua bisa bangkit kembali di tahun ini," kata Hong Yeun Seuk di Kawasan Industri Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, Jumat (27/1/2023).

Dia mengungkapkan pandemi covid yang melanda dunia telah memberikan dampak negatif pada pertumbuhan ekonomi dunia. Akibatnya rantai pasok dunia terhambat secara signifikan.

"Tentunya keadaan ini mempengaruhi produksi dari industri manufaktur," kata dia.

Yeun Seuk mengatakan berkat kerja keras kita semua dan dukungan dari pemerintah yang sangat baik, kegiatan ekonomi di Indonesia, khususnya di Cikarang masih mampu bertahan. Meskipun dalam suasana penuh ketidakpastian rantai pasok selama pandemi.

"Kita sangat beruntung dan patut bersyukur pemerintah Indonesia ,berhasil mengendalikan covid dengan baik dengan berbagai dan dukungan kepada pengusaha," kata dia.

Di tahun 2023 ini Yeun Seuk mengatakan dunia usaha masih menghadapi tantangan ketidakpastian global. Mengingat adanya ancaman Resesi global.

"Tekanan resesi global yang diprediksi kembali menjadi tangan baru bagi dunia usaha yang menuntut pengusaha untuk mengoptimalisasi biaya produksi agar lebih kompetitif," kata dia.

Dia berharap pemerintah bisa terus memberikan dukungan kepada dunia usaha.

"Oleh karena itu dukungan dari pemerintah kepada dunia usaha dengan kelancaran proses izin dan biaya produksi yang efisien adalah sangat penting dan dibutuhkan," pungkasnya.

Reporter: Anisyah Al Faqir

Sumber: Merdeka.com

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Jokowi: Setelah PPKM Dicabut, Ini Masa Transisi ke Endemi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam konferensi pers Perkembangan PPKM, Senin (30/8/2021).
Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam konferensi pers Perkembangan PPKM, Senin (30/8/2021).

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyebut Indonesia saat ini memasuki masa transisi dari pandemi menuju endemi. Hal ini sejalan dengan telah dicabutnya kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) pada 30 Desember 2022 lalu.

“Setelah PPKM dicabut akhir tahun, masa ini masa transisi,” kata Jokowi di Gedung AA Maramis, Komplek Kementerian Keuangan, Jakarta Pusat, Kamis (26/1).

Jokowi mengingatkan di masa transisi ini pemerintah harus tetap membuat kebijakan yang hati-hati. Utamanya terkait kebijakan di sektor ekonomi. Mengingat kondisi ekonomi nasional sudah tumbuh positif di sepanjang tahun 2022.

“Kita akan tetap waspada dan hati-hati dalam memutuskan kebijakan, utamanya ekonomi yang saat ini kita sedang dalam posisi yang sangat baik,” kata dia.

Sampai kuartal III-2022, ekonomi Indonesia sudah tumbuh 5,72 persen. Presiden berharap sepanjang tahun ekonomi bisa mencatatkan prestasi dengan pertumbuhan 5,3 persen di tengah kondisi yang penuh ketidakpastian akibat pandemi dan gejolak global.

“Kalau 5,3 persen (yoy) di tahun 2022 itu tercapai, ini prestasi yang sangat baik yang bisa kita capai,” kata dia.

Apalagi selama pandemi berlangsung pemerintah dihadapkan situasi yang sulit dan pelik. Semua keputusan harus diambil dengan cepat agar bisa segera ditindak.

“Ini yang juga tidak mudah. Kecepatan bertindak sesuai data penanganan yang ada,” pungkas Jokowi.

 


Jokowi Kunjungi Mal di Jakarta, Cek Aktivitas Ekonomi Usai PPKM Dicabut

Jokowi Belanja Produk Lokal di Mal Grand Indonesia
Presiden Jokowi berbelanja produk-produk lokal mulai dari topi hingga kemeja saat berkunjung ke Mal Grand Indonesia, Minggu 15 Januari 2023. (Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden)

Presiden Joko Widodo atau Jokowi kembali mengecek aktivitas perekonomian usai kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Indonesia dicabut. Kali ini, Jokowi mengunjungi mal atau pusat perbelanjaan Kota Kasablanka (Kokas), Jakarta, pada Kamis, 12 Januari 2023 malam.

Berdasarkan siaran pers Sekretariat Presiden, Jokowi tiba di Kokas sekitar pukul 19.20 WIB. Di sana, Jokowi mengelilingi mal sembari melihat produk-produk yang dipajang di etalase toko.

Saat melewati toko jenama lokal dari Bandung Jawa Barat, Eiger, Jokowi tampak tertarik dengan produk yang dipajang. Dia kemudian membeli sebuah rompi berwarna hitam dan sejumlah produk lain.

"Beliau ke sini belanja di toko kita. Belanjanya juga lumayan banyak ya. Ada dari jaket, dari sweater, topi, dan tas, seperti itu," ungkap Ogi, salah satu staf Eiger di Kokas.

Ogi pun mengaku kaget dengan kehadiran Jokowi yang mampir malam itu untuk membeli sejumlah produk di sana. Menurut Ogi, penjualan barang di tokonya sudah berangsur normal setelah kebijakan PPKM dicabut.

"Oh itu sangat jauh banget sih, jauh banget sih (penjualannya). Itu kan saat PPKM sepi banget, setelah PPKM dicabut ini udah mulai ramai banget, balik lagi ke normal," jelasnya.

Lebih lanjut, Ogi berharap kegiatan jual beli di pusat perbelanjaan dapat kembali seperti sebelum pandemi.

“Kalau bisa sih bener-bener dibuka lagi seperti awal lah, karena itu sangat berarti banget buat kita, karena kesejahteraan kita kan dari jualan," ucap Ogi. 


Pengunjung Mal Kaget

Jokowi Belanja Produk Lokal di Mal Grand Indonesia
Presiden Jokowi berbelanja produk-produk lokal mulai dari topi hingga kemeja saat berkunjung ke Mal Grand Indonesia, Minggu 15 Januari 2023. (Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden)

Sementara itu, salah satu pengunjung mal, Nindy, juga mengaku kaget dengan kedatangan Presiden Jokowi untuk melihat produk-produk yang dijual di sana. Ia pun merasa beruntung dapat bertemu dengan Kepala Negara malam ini.

"Kayak ngerasa beruntung saja gitu kok tiba-tiba lagi enggak ngapa-ngapain gitu, main saja pulang kantor, eh ada Pak Presiden dan alhamdulillah banget," tutur Nindy.

Setelah berkeliling, Presiden kemudian meninggalkan pusat perbelanjaan tersebut pada pukul 21.10 WIB. 

  

Infografis Ragam Tanggapan Muncul Wacana Pencabutan PPKM. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Ragam Tanggapan Muncul Wacana Pencabutan PPKM. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Tag Terkait

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya