Inilah Miliarder Meksiko Ricardo Salinan, Gemar Pamer Harta dan Kerap Panggil Orang Bodoh

Ricardo Salinas yang kekayaannya diperkirakan mencapai USD 11,2 miliar, menurut Bloomberg Billionaires Index, mewarisi bisnis ritel dari keluarganya.

oleh Aprilia Wahyu Melati diperbarui 09 Mar 2023, 21:25 WIB
Diterbitkan 09 Mar 2023, 21:00 WIB
Ilustrasi Miliarder atau Orang Terkaya. Foto: Freepik
Ilustrasi Miliarder atau Orang Terkaya. Foto: Freepik

Liputan6.com, Jakarta Berbeda dari orang tajir lainnya, miliarder Meksiko Ricardo Salinan justru begitu membanggakan kekayaannya. Dia pun dikenal dengan kelakuannya yang berbeda dibandingkan orang kaya lainnya.

Lantas, siapa dia sebenarnya?

Salinas, merupakan pengusaha  ritel dan media dengan reputasi suka bermain keras dengan saingannya, secara terbuka memamerkan kekayaannya dan mengolok-olok kritik kepadanya melalui media sosial.

Dia gemar menunjukkan saat naik helikopter, pesawat, kapal pesiar, dan peternakan miliknya. Jumlah pengikutnya di media sosial cukup banyak mencapai lebih dari 1,2 juta pengikut Twitter.

Ricardo Salinas baru-baru ini mengunggah video yang menawarkan membagi uang kepada pemain tim sepak bola Mazatlan sebesar USD 300.000 jika mereka menang.

“Kami tidak menang tetapi kami bersenang-senang,” tulis Salinas seperti melansir Bloomberg, Kamis (9/3/2023). "Itulah gunanya uang, untuk bersenang-senang."

Seorang pegolf dan pencinta cerutu dan cognac ini merupakan seorang yang sangat percaya pada Bitcoin. Dia  me-retweet pendukung crypto seperti Presiden El Salvador Nayib Bukele dan salah satu pendiri MicroStrategy Inc. Michael Saylor.

Dia secara terbuka berdebat dengan reporter olahraga dari ESPN dan menyebut orang lain "idiot". Sampai-sampai dia punya julukan "Tio Richi" atau "Paman Kaya".

Salinas yang kekayaannya diperkirakan mencapai USD 11,2 miliar, menurut Bloomberg Billionaires Index, mewarisi bisnis ritel dari keluarganya dan terjun ke media melalui TV Azteca.

Dia kemudian membangun Banco Azteca, pemberi pinjaman yang berfokus pada klien berpenghasilan rendah dan menangani pengiriman uang puluhan miliar dolar setiap tahun, kebanyakan dari AS.

Di toko miliknya, dia juga menawarkan pinjaman dan paket pembayaran cicilan kepada klien yang membeli segala sesuatu mulai dari peralatan rumah tangga hingga pakaian, komputer, dan furnitur. Dalam beberapa tahun terakhir, kelompoknya mulai merakit dan memasarkan sepeda motor murah, serta menjual internet berkecepatan tinggi melalui bisnis serat optik.

Miliarder Salinas dikenal sebagai negosiator bersiku tajam. Dia tidak takut dengan litigasi, dapat bertarung dengan otoritas pajak lokal, saingan bisnis, dan pemegang obligasi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Bisnis Bermasalah

Ilustrasi miliarder (iStock)
Ilustrasi miliarder (iStock)

Kabarnya, televisi miliknya TV Azteca saat ini sedang berselisih dengan kreditor lebih dari USD 400 juta dalam kasus gagal bayar.

Dia dan anggota dewan TV Azteca pada 2006 lalu menyetujui akan membayar total USD 8,5 juta untuk menyelesaikan gugatan yang diajukan Komisi Sekuritas dan Bursa AS tanpa mengakui kesalahan apa pun.

Dia memutuskan untuk menghapus perusahaannya dari pasar AS setelah insiden tersebut.

Namun, Bos Grupo Elektra ini mengumpulkan kekayaan yang membuatnya menjadi orang Meksiko terkaya ketiga, menurut indeks Bloomberg. Setelah raja telekomunikasi Carlos Slim dan taipan pertambangan German Larrea.

“Miliarder jarang memamerkan kekayaan mereka – jika ada, merahasiakan ketidaksetaraan besar yang mereka wakili adalah bagian dari cara mereka menghindari pengawasan publik,” kata Dekan Sekolah Bisnis di University of Technology Sydney Carl Rhodes yang menulis buku tentang politik miliarder.

Dia mengatakan tidak jelas alasan Salinas memilih untuk terlibat dalam hal yang menarik perhatian seperti itu. Akan tetapi, satu hipotesis menunjukkan bahwa itu digunakan untuk memperlihatkan bahwa dia telah mendapatkan prestasi sehingga dia pantas mendapatkannya.

 


Miliarder yang Suka Pamer Harta

Ilustrasi Miliarder
Ilustrasi Miliarder (pixabay.com)

Luciano Pascoe sebagai Juru Bicara Salinas mengatakan jika kekayaan miliarder melebihi perkiraan indeks Bloomberg. Meski dia tidak merincinya.

“Ini adalah kekayaan yang diperoleh dengan baik dan merupakan contoh inspirasi bagi mereka yang ingin makmur dan sukses dalam hidup mereka,” kata Pascoe dalam sebuah email.

Senin malam, setelah Bloomberg News mengirim pertanyaan tentang cerita ini, Salinas mengungah jajak pendapat Twitter menanyakan apakah dia harus lebih berhati-hati tentang kekayaannya di media sosial.

Kemudian ternyata lebih dari 80 persen menjawab dia harus tetap sama seperti sebelumnya.

Salinas memamerkan kekayaannya yang besar di negara berkembang di mana data pemerintah terbaru menunjukkan 43,9 persen orang Meksiko hidup dalam kemiskinan pada 2020. Kemiskinan ekstrem mencapai 8,5 persen dari populasi.

Dalam beberapa bulan terakhir, Salinas mengunggah foto bermain poker dengan teman-temannya, konser pribadi, tur jalan kaki ke pedesaan.

Adapul apmer pesawat baru yang dia terima dari "Santa" dan helikopter yang menunggu untuk membawanya ke pesawatnya untuk perjalanan ke Uruguay.

Sesampai di sana, dia mengunggah foto dengan sesama miliarder Alejandro Bulgheroni di kebun anggurnya di Bodega Garzon. Hingga makan siang dengan Presiden Luis Lacalle Pou.

Selain punya penggemar di Twitter, Salinas juga memiliki 342.000 pengikut di Instagram, 582.000 di Facebook, dan 63.600 pelanggan di saluran YouTube-nya per 6 Maret.

Salah satu pengikutnya pernah berkata bahwa dia adalah “jutawan” favorit mereka. Salinas menjawab dengan emoji tawa. "Miliarder, tolong," katanya. "Jangan membuatku semakin miskin dengan satu goresan pena."

 

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya