Kamala Harris: Gagal Bayar Utang Bisa Dorong AS Masuk Jurang Resesi

Wapres AS Kamala Harris : default utang AS dapat mendorong ekonomi jatuh ke jurang resesi.

oleh Natasha Khairunisa Amani diperbarui 19 Mei 2023, 14:50 WIB
Diterbitkan 19 Mei 2023, 14:50 WIB
Wakil Presiden Amerika Serikat Kamala Harris.
Wakil Presiden Amerika Serikat Kamala Harris. (Dok. AFP)

Liputan6.com, Jakarta Wakil Presiden Amerika Serikat Kamala Harris buka suara terkait utang negaranya yang sudah mencapai ambang batas senilai USD 31,4 triliun. Ditegaskan jika AS akan resesi jika terjadi default atau gagal bayar utang.

Dikutip dari US News, Jumat (19/5/2023) dalam sebuah konferensi dengan aktivis Partai Demokrat, Wapres AS Kamala Harris dan penasihat ekonomi Gedung Putih Lael Brainard mengingatkan bahwa default utang AS dapat mendorong ekonomi jatuh ke jurang resesi.

Harris dan Brainard juga mendesak anggota parlemen dari Demokrat untuk menyatakan penolakan terhadap default yang berisiko terjadi kurang dari dua pekan ke depan.

"Kegagalan membayar utang bisa memicu resesi," kata Harris.

Seorang pejabat Gedung Putih mengungkapkan, negosiator dan anggota DPR dari Partai Republik telah melakukan pertemuan di Capitol Hill untuk membahas pencarian titik temu terkait keputusan plafon utang, dan akan bertemu lagi pada hari Jumat (19/5) waktu setempat.

Adapun Brainard, direktur Dewan Ekonomi Nasional Gedung Putih, mengatakan bahwa tim negosiasi Presiden Joe Biden telah diinstruksikan untuk tidak menyetujui proposal Partai Republik untuk mengangkat plafon utang. 

Hal itu dikarenakan langkah tersebut dikhawatirkan dapat berdampak pada layanan kesehatan atau mendorong masyarakat ke dalam kemiskinan.

Di sisi lain, Partai Republik berusaha membujuk Demokrat untuk menerima persyaratan kerja yang lebih keras untuk beberapa program bantuan federal, serta pemotongan pengeluaran, sebagai imbalan untuk mengangkat batas pinjaman.

"Tim negosiasi pemerintah berjuang melawan upaya ekstrem membalikkan kemajuan yang telah kami buat: menciptakan lapangan kerja energi bersih, memerangi perubahan iklim, dan menurunkan biaya untuk keluarga kelas menengah, termasuk untuk pelajar dan insulin serta obat-obatan lainnya," jelas Brainard.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Menkeu Janet Yellen: AS Default Bakal Picu Resesi dan Layanan Pemerintah Terganggu

Menteri Keuangan AS Janet Yellen dalam sesi House Financial Services Committee. (AP)
Menteri Keuangan AS Janet Yellen dalam sesi House Financial Services Committee. (AP)

Sebelumnya, hal senada telah disampaikan oleh Menteri Keuangan AS Janet Yellen.

Yellen terus mengingatkan bahwa default pada utang AS kemungkinan akan menyebabkan jutaan orang di Amerika Serikat tidak menerima pendapatan, berpotensi memicu resesi yang dapat menghancurkan banyak pekerjaan dan bisnis.

Mengutip US News, dalam pertemuan komunitas bankir, Yellen mengatakan bahwa krisis ekonomi dan keuangan yang belum pernah terjadi sebelumnya akan diperburuk oleh kemungkinan gangguan pada layanan pemerintah federal.

Gangguan ini termasuk pada lalu lintas udara, penegakan hukum, keamanan perbatasan dan pertahanan nasional, serta sistem telekomunikasi.

"Sangat mungkin bahwa kita akan melihat sejumlah pasar keuangan pecah - dengan kepanikan di seluruh dunia yang memicu margin call," jelas Yellen.

"Ekonomi kita tiba-tiba akan menemukan dirinya dalam badai ekonomi dan keuangan yang belum pernah terjadi sebelumnya," ungkap Yellen, yang juga menyoroti 66 juta penerima Jaminan Sosial dan jutaan pensiun veteran militer kemungkinan besar tidak akan dibayar.

"Dan guncangan pendapatan yang diakibatkannya dapat menyebabkan resesi yang menghancurkan banyak pekerjaan dan bisnis Amerika," katanya.


Yellen Pastikan AS Bakal Default pada 1 Juni Jika Plafon Utang Tidak Naik

Menteri Keuangan Amerika Serikat Janet Yellen High-Level Seminar, Nusa Dua, Bali, Jumat (15/7/2022)
Menteri Keuangan Amerika Serikat Janet Yellen High-Level Seminar, Nusa Dua, Bali, Jumat (15/7/2022) (dok: Arief)

Beberapa waktu ebelumnya, Yellen telah memastikan kepasa Kongres bahwa Departemen Keuangan diperkirakan dapat membayar tagihan pemerintah Amerika Serikat hanya sampai 1 Juni tanpa kenaikan batas utang, menambah tekanan pada kebuntuan terkait keputusan menaikkan pagu utang. "Kegagalan untuk mencapai kesepakatan akan mengakibatkan konsekuensi ekonomi dan keuangan yang parah," tandasnya.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya