Harga Minyak Dunia Hari Ini Jeblok, Sekarang di Level USD 74,79 per Barel

Harga minyak mentah Brent berjangka turun USD 1,17 atau 1,5% menjadi USD 74,79 per barel. Sementara harga minyak mentah West Texas Intermediate AS turun USD 1,12 atau 1,6% menjadi USD 70,17 per barel.

oleh Septian Deny diperbarui 10 Jun 2023, 07:30 WIB
Diterbitkan 10 Jun 2023, 07:30 WIB
Hadapi Cuaca Ekstrim, Ditjen Migas Minta Badan Usaha Susun Upaya Mitigasi
Harga minyak mentah Brent berjangka turun USD 1,17 atau 1,5% menjadi USD 74,79 per barel. Sementara harga minyak mentah West Texas Intermediate AS turun USD 1,12 atau 1,6% menjadi USD 70,17 per barel.

Liputan6.com, Jakarta Harga minyak turun lebih dari USD 1 per barel pada perdagangan Jumat untuk mencatat penurunan mingguan kedua berturut-turut. Harga minyak anjlok karena data Cina yang mengecewakan menambah keraguan tentang pertumbuhan permintaan setelah keputusan akhir pekan Arab Saudi untuk memangkas produksi.

Dikutip dari CNBC, Sabtu (10/6/2023), harga minyak mentah Brent berjangka turun USD 1,17 atau 1,5% menjadi USD 74,79 per barel. Sementara harga minyak mentah West Texas Intermediate AS turun USD 1,12 atau 1,6% menjadi USD 70,17 per barel.

Kedua patokan harga minyak dunia ini kehilangan lebih dari USD 3 pada hari Kamis setelah laporan media bahwa kesepakatan nuklir AS-Iran sudah dekat dan akan menghasilkan lebih banyak pasokan. Harga memangkas kerugian setelah kedua negara membantah laporan tersebut, berakhir sekitar satu dolar per barel lebih rendah.

“Pergerakan harga minyak pada Kamis menunjukkan betapa rapuhnya minyak,” kata analis UBS Giovanni Staunovo.

“Pemotongan Saudi sedikit mengangkat harga, dan kemudian obrolan tentang potensi pengembalian barel Iran mengalami penurunan besar. Investor jangka panjang kemungkinan berada di sela-sela sampai penurunan persediaan minyak yang lebih besar terlihat, ”katanya.

Harga minyak telah naik di awal minggu, didukung oleh janji Arab Saudi selama akhir pekan untuk memangkas lebih banyak produksi di atas pemotongan yang disepakati sebelumnya dengan Organisasi Negara Pengekspor Minyak dan sekutunya.

Namun, kenaikan stok bahan bakar AS dan lemahnya data ekspor China telah membebani pasar minyak.

“Saat kita bergerak lebih dalam ke musim mengemudi musim panas di Belahan Bumi Utara, permintaan akan menjadi faktor kunci dalam menentukan apakah persediaan yang terbatas harus mendorong harga lebih tinggi, atau permintaan lemah menyebabkan harga lebih rendah,” kata Rob Haworth, Ahli Strategi Investasi Senior di Bank AS.

Beberapa analis memperkirakan harga minyak akan naik jika Federal Reserve AS menghentikan kenaikan suku bunga pada pertemuan berikutnya pada 13-14 Juni. Keputusan The Fed juga dapat mempengaruhi langkah Arab Saudi selanjutnya, kata para analis.

“Yang penting adalah bahwa meskipun ada perubahan (Saudi, AS-Iran) pada output, minyak tetap di bawah $80, tidak diragukan lagi banyak kekecewaan dari Saudi,” kata analis OANDA Craig Erlam.

“Apa yang terjadi selanjutnya (terhadap harga minyak dunia) mungkin tergantung pada data inflasi dan keputusan suku bunga selama beberapa minggu mendatang,” katanya.

 


Harga Minyak Dunia Anjlok, Imbas Sentimen Ekspor AS dan Iran

Ilustrasi tambang migas
Ilustrasi tambang migas (iStockPhoto)

Sebelumnya, harga minyak jatuh lebih dari USD 3 per barel pada hari Kamis setelah Gedung Putih menyebut laporan berita bahwa AS dan Iran mungkin mendekati kesepakatan ekspor minyak.

Harga minyak dunia turun tajam pada laporan tersebut, yang mengutip dua sumber tanpa nama yang mengatakan bahwa Iran dan AS mendekati kesepakatan sementara yang akan memperdagangkan beberapa keringanan sanksi sebagai imbalan untuk mengurangi pengayaan uranium Iran.

Tetapi perdagangan terbalik karena skeptisisme bahwa sanksi minyak akan segera dicabut dan setelah Gedung Putih mengatakan laporan itu salah.

Dikutip dari CNBC, Jumat (9/6/2023), harga minyak mentah Brent turun 1,29% menjadi USD 75,96 per barel, setelah sebelumnya turun sebanyak USD 3. Minyak mentah antara West Texas Intermediate AS turun 1,71%, atau USD 1,24, menjadi USD 71,29."Laporan ini salah dan menyesatkan," kata juru bicara Dewan Keamanan Nasional Gedung Putih, mengacu pada sebuah artikel di situs Middle East Eye.

Perintah eksekutif AS tahun 2018 memulihkan sanksi yang menargetkan sektor minyak, perbankan, dan transportasi Iran setelah pemerintahan Trump membatalkan kesepakatan nuklir tahun 2015.

Stok Minyak ASKenaikan persediaan bensin AS yang lebih besar dari perkiraan juga menimbulkan kekhawatiran atas permintaan, sementara stok minyak mentah AS mencatat penurunan kecil sebesar 451.000 barel.

Pada pertemuan OPEC + pada hari Minggu, Arab Saudi mengatakan akan memangkas produksi minyak mentahnya sebesar 1 juta barel per hari pada bulan Juli di atas kesepakatan yang lebih luas untuk membatasi pasokan hingga 2024 karena kelompok produsen berusaha untuk meningkatkan harga yang lesu.


Sentimen Suku Bunga AS

ilustrasi tambang migas
Ilustrasi tambang migas (iStockPhoto)

Ada konsensus yang berkembang bahwa bank sentral akan melewatkan kenaikan suku bunga, yang dapat mengangkat harga minyak bahkan sebelum penurunan pasokan mulai menguras persediaan minyak global, tambah Varga.

Ekonom yang disurvei oleh Reuters memperkirakan Federal Reserve AS tidak akan menaikkan suku bunga pada pertemuan 13-14 Juni. Tetapi minoritas yang signifikan mengharapkan setidaknya satu peningkatan lagi tahun ini.

Namun, kenaikan suku bunga yang mengejutkan di Kanada memberi investor pengingat kedua mereka dalam minggu ini, setelah pengetatan kebijakan moneter bank sentral Australia, bahwa lonjakan suku bunga global belum selesai.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya