Erick Thohir Kepincut Sarinah di Hong Kong, Diaspora Penjual Produk UMKM Indonesia

Menteri BUMN Erick Thohir dipikat oleh salah satu UMKM dalam lawatannya ke Hong Kong.

oleh Arief Rahman Hakim diperbarui 02 Jul 2023, 21:00 WIB
Diterbitkan 02 Jul 2023, 21:00 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir dipikat oleh salah satu UMKM dalam lawatannya ke Hong Kong
Menteri BUMN Erick Thohir dipikat oleh salah satu UMKM dalam lawatannya ke Hong Kong

Liputan6.com, Jakarta Menteri BUMN Erick Thohir dipikat oleh salah satu UMKM dalam lawatannya ke Hong Kong. Diketahui, UMKM itu adalah binaan dari PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI.

Informasi, BNI sendiri menjadi salah satu bank pelat merah yang fokus dalam pengembangan talenta di luar negeri, seperti halnya diaspora di berbagai negara.

Sebagai bank global asal Indonesia, menurut Erick Thohir, BNI melaksanakan fungsinya dengan sangat baik dalam meningkatkan dukungan terhadap pengembangan usaha diaspora Indonesia di luar negeri.

"Inilah contoh diaspora yang kita dorong untuk berusaha di luar negeri melalui program BUMN melalui BNI Xpora. Ini merupakan kerja nyata program BUMN," kata dia dalam keterangannya, Minggu (2/7/2023).

Dia mengatakan, BNI turut dalam pengembangan produk Surya Trading untuk merambah pasar di Hong Kong. Kini Surya Trading yang dimiliki seorang perempuan bernama Sarinah telah memiliki 13 outlet dan menjalin kerja sama dengan 200 distributor.

Erick menilai apa yang dilakukan oleh Sarinah sangat membantu mempromosikan makanan Indonesia dan merek Indonesia di Hong Kong.

Menurit dia, usaha Sarinah tidak hanya mempromosikan produk Indonesia dengan skala besar, melainkan juga menciptakan akses pasar bagi produk UMKM. Bahkan, 20 persen produk yang dijual di Hong Kong merupakan produk UMKM.

"Yang harus kita dorong adalah posisi merek kita yang masih lemah. Kami sangat mengapresiasi Bu Sarinah dan BNI yang mau meningkatkan brand Indonesia," pungkas Erick.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Diperkuat BNI

BNI Kantor Cabang Luar Negeri (KCLN) Hong Kong (Dok BNI)
BNI Kantor Cabang Luar Negeri (KCLN) Hong Kong (Dok BNI)

Direktur Utama BNI Royke Tumilaar menambahkan, Xpora merupakan program yang terus diperkuat oleh BNI untuk dapat mendorong pelaku UMKM melompat lebih tinggi dan menembus pasar global.

Dengan kemampuan jaringan kantor cabang luar negeri di kota-kota besar dunia, BNI mampu menciptakan ekosistem yang potensial terutama dengan menghubungkan UMKM dengan para buyer diaspora Indonesia di luar negeri.

"Tentunya kami merasa terhormat dengan apresiasi dari Pak Menteri Erick Thohir. Kami akan terus memperkuat peran BNI Xpora sekaligus Indonesia Incorporated guna membuat lompatan yang lebih baik lagi bagi BUMN maupun mitra-mitra UMKM binaan," imbuhnya.

 


Indonesia Incorporated

Kunjungan Menteri Erick, BNI Amsterdam Tangkap Peluang Pasar Global
Menteri BUMN Erick Thohir berkunjung ke BNI Representative Office Amsterdam di Belanda pada Jumat, 2 September 2022. BNI Amsterdam bertugas untuk mengoptimalkan usaha para diaspora Indonesia di Belanda dan Eropa. (Foto:Dok.BNI)

Diberitakan sebelumnya, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BBNI) atau BNI siap proaktif berkolaborasi dalam Indonesia Incorporated guna menjawab kebutuhan pengembangan bisnis BUMN Go Global.

Adapun, Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) baru meresmikan pembentukan Indonesia Incorporated Hong Kong, Jumat, 30 Juni 2023.

Direktur Utama BNI Royke Tumilaar menuturkan, Kementerian BUMN terus mendorong BUMN, terutama BNI, untuk dapat memberikan kontribusi terbaik dalam membangun potensi ekonomi yang optimal, baik di dalam maupun di luar negeri.

"BNI bersama rekan-rekan BUMN di Hong Kong siap berpartisipasi untuk memperkuat Indonesia Incorporated. Dengan kemampuan di layanan jasa keuangan, kami dapat memfasilitasi berbagai kerja sama di tiga aktivitas utamanya: business matching, investment center activities, and financial services support," kata Royke dalam keterangan resminya, Jumat (30/6/2023).

 


Adaptasi

Menteri BUMN Erick Thohir
Menteri BUMN Erick Thohir berbincang - bincang ringan bersama beberapa pekerja seni dalam Joyland Festival Bali, Maret 2022. BNI menjadi salah satu pendukung perhelatan seni lengkap ini. (Dok. BNI)

Menurut ia, perseroan berupaya proaktif menciptakan lingkungan di mana kreativitas, inovasi, dan kerjasama dapat berkembang dengan pesat, sehingga perseroan dapat berkolaborasi dalam mendukung kemajuan Indonesia.

Terlebih, dunia mengalami perubahan dengan sangat cepat, termasuk kebiasaan dalam bekerja dan berkomunikasi. Untuk menghadapi perubahan tersebut, BUMN harus lebih mudah beradaptasi, fleksibel, dan terbuka terhadap ide-ide baru.

"Kami yakin, pencapaian dan prestasi dari komunitas yang terbangun di project baru ini, akan memberikan hasil yang positif untuk Indonesia," kata dia.

Menteri BUMN Erick Thohir, Konsul Jenderal RI di Hong Kong Ricky Suhendar, serta segenap Direktur Himbara, Telkom, Garuda Indonesia, MIND ID, Pertamina, PLN, dan IBC hadir dalam acara tersebut.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya