CPNS 2023: Ini Daftar Instansi Pemerintah Tak Syaratkan TOEFL

TOEFL menjadi salah satu syarat yang harus dipenuhi para calon pelamar dibeberapa instansi pemerintahan dalam tes CPNS 2023

oleh Ilyas Istianur Praditya diperbarui 08 Sep 2023, 10:00 WIB
Diterbitkan 08 Sep 2023, 10:00 WIB
Ujian SKB CPNS Surabaya
TOEFL menjadi salah satu syarat yang harus dipenuhi para calon pelamar dibeberapa instansi pemerintahan dalam tes CPNS 2023. (Juni Kriswanto/AFP)

Liputan6.com, Jakarta Siap-siap daftar CPNS 2023. Pemerintah berencana membuka pendaftaran seleksi PPPK ataupun CPNS 2023 dimulai pada 17 September hingga 6 Oktober 2023.

Adapun Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) menyebutkan akan merekrut sekitar 572.496 PNS.

Jumlah tersebut terbagi dari beberapa formasi CPNS diantaranya 78.862 formasi untuk 72 instansi pemerintah pusat dan 493.634 formasi untuk pemerintah daerah.

Dari sekian formasi yang akan dibuka di masing-masing instansi pemerintahan. TOEFL menjadi salah satu syarat yang harus dipenuhi para calon pelamar.

Namun, jika mengacu pada rekrutmen CPNS sebelumnya, ternyata ada beberapa instansi pemerintahan, ada beberapa yang tidak memasukkan syarat TOEFL ini menjadi salah satu poin yang harus dipenuhi.

Bila kamu merasa tidak bisa memenuhi syarat TOEFL, dan takut gagal CPNS. Kamu masih bisa daftar CPNS karena masih ada instansi yang tidak mensyaratkan pelampiran TOEFL dalam persyaratannya.

Daftar instansi pemerintah yang tak ada syarat tes TOEFL:

  1. Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu)
  2. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi
  3. Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi
  4. Kementerian Perdagangan
  5. Kementerian Kelautan dan Perikanan
  6. Kementerian Pertanian
  7. Kementerian Perhubungan
  8. Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah
  9. Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban
  10. Lembaga Ketahanan Nasional

Jika persyaratan masih sama dengan sebelumnya, maka instansi pemerintah tersebut yang bisa menjadi peluang melakukan pendaftaran CPNS 2023.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Daftar CPNS 2023 Harus Foto Selfie, Begini Cara dan Aturannya

Ribuan Pelamar Ikuti Tes CPNS Kemenkumham
Peserta tes seleksi CPNS Kemenkumham saat menjawab soal dengan sistem CAT di gedung BKN, Jakarta, Senin (11/9). Pada 2017, tercatat 1.116.138 pelamar CPNS mendaftar di lingkungan Kemenkumham. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Sejumlah instansi pemerintah sudah mulai mengumumkan formasi dan rencana dimulainya seleksi CPNS 2023. Pendaftaran seleksi CPNS 2023 dijadwalkan berlangsung 17 September sampai dengan 6 Oktober 2023.

Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara atau CASN 2023 akan menyediakan total 572.299 formasi. Dengan rincian 28.903 formasi CPNS dan 543.396 formasi PPPK.

Akan ada 596 instansi, 72 kementerian & lembaga, 33 pemerintah provinsi, dan 491 pemerintah kota/kabupaten yang membuka lowongan CPNS dan PPPK 2023.

Perlu diketahui, setiap peserta seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2023 harus mengunggah swafoto diri atau selfie saat melakukan pendaftaran di situs SSCASN. 

Ketentuan foto selfie daftar CPNS

  • Menampilkan wajah peserta dengan jelas.
  • Foto diambil dalam format portrait dan close up.
  • Foto diambil dengan latar belakang (background) bebas.
  • Foto menggunakan pakaian bebas rapi.

Begini langkah melakukan selfie saat pendaftaran CPNS

  1. Lakukan selfie dengan klik tombol Ambil Foto
  2. Klik Foto Ulang untuk mengulangi selfie jika merasa hasil foto kurang baik atau jelas
  3. Klik Simpan Foto jika sudah selesai melakukan selfie
  4. Jika selfie berhasil disimpan akan muncul notifikasi di situs SSCASN

Selain mengunggah foto selfie peserta juga harus mengunggah foto KTP dan berbagai dokumen lainnya. Setelah itu, lanjutkan proses pendaftaran akun CPNS 2023 sampai selesai.


Seleksi CPNS 2023 Dibuka Bulan Ini: Awas, Iming-Iming Oknum Janjikan Kelulusan

800 Peserta Ikuti Tes SKD CPNS
Peserta memasuki ruangan untuk mengikuti proses Tes Standar Kompetensi Dasar (SKD) CPNS di BKN, Jakarta, Kamis (2/9/2021). Sebanyak 800 peserta mengikuti tes yang dibagi dua sesi dan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Pendaftaran seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) tahun 2023 akan dimulai pada 17 September hingga 6 Oktober 2023. Seleksi CASN 2023 ini terdiri dari CPNS 2023 dan PPPK.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas, menghimbau agar masyarakat tidak percaya kepada oknum yang menjanjikan kelulusan CPNS dan PPPK.

“Harap berhati-hati terhadap oknum yang menjanjikan kelulusan dan meminta imbalan, karena sudah dapat dipastikan penipuan. Persiapkan diri semaksimal mungkin untuk dapat mengikuti rangkaian seleksi CASN,” kata Azwar Anas, dikutip dari laman KemenpanRB, Sabtu (2/9/2023).

Mantan Kepala LKPP ini, menegaskan bahwa elaksanaan seleksi CASN mengedepankan sistem yang terbuka dan akuntabel. Computer Assisted Test (CAT) tetap digunakan, sehingga nilai peserta bisa terlihat secara real-time.

Lebih lanjut, Menpan RB juga mengimbau masyarakat agar cermat mengenali modus penipuan yang dilakukan oknum yang menjanjikan kelulusan pada seleksi CASN dengan meminta imbalan tertentu.

“Calon pelamar harus mengetahui formasi jabatan yang akan dilamar secara spesifik. Apakah jabatan tersebut dibuka untuk menjadi CPNS atau PPPK,” kata Menteri Anas di Jakarta, Sabtu (2/9/2023).

Selain itu, calon pelamar diminta harus aktif mencari informasi di laman atau media sosial resmi instansi pemerintah terkait seleksi CASN. “Seperti tahun-tahun sebelumnya, seluruh syarat dan ketentuan akan diinformasikan secara terbuka,” ujarnya.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya