KCIC Janji Hukum Oknum yang Jual Tiket Gratis Kereta Cepat Whoosh

KCIC meminta masyarakat untuk mewaspadai tindakan penipuan berkedok penjualan tiket Kereta Cepat Whoosh. Seharusnya dalam Whoosh Experience Program yang akan berlangsung hingga 16 Oktober 2023, masyarakat tidak dikenakan biaya untuk mendapatkan tiket kereta cepat Whoosh.

oleh Tira Santia diperbarui 10 Okt 2023, 10:00 WIB
Diterbitkan 10 Okt 2023, 10:00 WIB
Corporate Secretary Kereta Cepat Indonesia China, Eva Chairunisa  di Stasiun Tegalluar KCIC, Senin (9/10/2023). (Tira/Liputan6.com)
Corporate Secretary Kereta Cepat Indonesia China, Eva Chairunisa di Stasiun Tegalluar KCIC, Senin (9/10/2023).PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) tak segan untuk menindak oknum yang memperjualbelikan tiket gratis Kereta Cepat Jakarta-Bandung pada Whoosh Exerience Program. (Tira/Liputan6.com)

Liputan6.com, Jakarta - PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) tak segan untuk menindak oknum yang memperjualbelikan tiket gratis Kereta Cepat Jakarta-Bandung pada Whoosh Exerience Program.

"Kami mengajak masyarakat untuk bekerjasama, jika memang ada yang diperjualbelikan (tiket kereta cepat Whoosh). Mohon dilaporkan pada kami, sehingga bisa ditindak lanjut proses secara hukum," kata General Manager Corporate Secretary KCIC, Eva Chairunisa, saat ditemui di stasiun Tegalluar KCJB Whoosh, Selasa (10/10/2023).

Oleh karena itu, pihak KCIC juga meminta masyarakat untuk mewaspadai tindakan penipuan berkedok penjualan tiket kereta cepat Whoosh. Masyarakat diminta untuk tidak mempercayai apabila ada oknum yang menawarkan tiket kereta cepat Whoosh dengan sejumlah harga.

Eva menegaskan, dalam Whoosh Experience Program yang akan berlangsung hingga 16 Oktober 2023, masyarakat tidak dikenakan biaya untuk mendapatkan tiket kereta cepat Whoosh.

"Tiket Kereta Cepat Whoosh bisa didapatkan secara gratis melalui situs resmi pembelian tiket di ticket.kcic.co.id," ujarnya.

Adapun bagi masyarakat yang mendaftar melalui website resmi akan mendapatkan konfirmasi dan dapat menukarkan bukti pembelian tiket di loket yang sudah tersedia. Begitu juga undangan, akan mendapatkan tiket dari loket resmi.

Semua proses mulai dari pemesanan hingga perjalanan dengan menggunakan Kereta Cepat Whoosh ini tidak dikenakan biaya. Seluruh verifikasi dilakukan berdasarkan sistem, masyarakat yang mendaftar melalui website akan mendapatkan email dan QR Code yang akan digunakan untuk proses boarding.

Cara Daftar

Untuk saat ini pengguna Kereta Cepat Whoosh adalah masyarakat yang mendaftar melalui website dan undangan seperti pelajar, anak yatim, dan warga sekitar trase.

KCIC mengimbau kepada masyarakat untuk melaporkan hal-hal yang terjadi apabila terdapat oknum yang mengaku menjual tiket Kereta Cepat Whoosh. Laporan bisa disampaikan melalui sosial media resmi Whoosh (@keretacepat_id) dan sekretariat@kcic.co.id.

Masyarakat dihimbau agar tidak percaya apabila ada oknum yang menawarkan tiket Kereta Cepat Whoosh dengan sejumlah harga. Tiket kereta cepat Whoosh hanya bisa didapat melalui website dan gratis.

"Apabila ada oknum yang melakukan hal tersebut, KCIC mengajak masyarakat bekerjasama untuk melaporkan pada KCIC melalui saluran yang sudah disediakan," pungkasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Bocoran Harga Tiket Kereta Cepat Whoosh Rp 250 Ribu, Feeder Rp 50 Ribu

Harga tiket Kereta Cepat Jakarta-Bandung WHOOSH dikabarkan akan dijual Rp 250 Ribu
Harga tiket Kereta Cepat Jakarta-Bandung WHOOSH dikabarkan akan dijual Rp 250 Ribu (dok: Tira)

Sebelumnya, besaran tiket kereta cepat Jakarta-Bandung Whoosh saat ini belum diputuskan oleh Kementerian Perhubungan. Namun tiket kereta cepat ini mulai ada bocoran dari Kementerian BUMN.

Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo mengatakan, saat ini, pembahasan yang dilakukan mengerucut ke harga tiket Whoosh Rp 250 ribu.

"Pembicaraan sekarang Rp 250 ribu ya, untuk skrarang ini. Nanti kita tergantung dari Kementerian Perhubungan berapa finalnya tapi masih Rp 250 ribu saat ini, plus Rp 50.000 untuk yang feeder ke Padalarang," ungkap Tiko di Jakarta, Senin (9/10/2023).

Ada beberapa komponen yang menjadi penentu berapa harga tiket Whoosh nantinya, diantaranya potensi pendapatan dan biaya operasi kereta cepat Jakarta-Bandung ini.

"Jadi ini under KCIC dengan KAI, jadi sumber pembayaran dari tiket dan keuangan KAI," pungkas Wamen BUMN.

 


Harga Tiket Kereta Cepat Jakarta-Bandung Whoosh Masih Promo Usai Diresmikan?

Kereta cepat Whoosh
Kereta cepat Woosh bakal jadi sarana pendukung transportasi pada Piala Dunia U-17 2023. (dok. PSSI)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan meresmikan operasional komersial dari Kereta Cepat Jakarta Bandung 'WHOOSH'. Dia juga dikabarkan akan mengumumkan besaran tarif KA Cepat pertama di Indonesia tersebut.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, untuk tahap awal akan ada promo harga tiket Kereta Cepat Jakarta Bandung 'WHOOSH bagi masyarakat pengguna. Ini ditujukan untuk menarik minat masyarakat menggunakan Kereta Cepat Whoosh.

"Akan diterapkan tarif promo pada awal operasional KCJB untuk menarik minat masyarakat," ujar Menhub Budi dalam keterangannya, dikutip Senin (2/10/2023).

Sebelumnya, PT Kereta Api Indonesia (Persero) sebagai perusahaan induk operator Keretw Cepat Whoosh, mengusulkan kalau tarifnya berkisar Rp 300.000-350.000. Ini berlaku untuk kelas ekonomi premium.

Berbicara tarif, Menhub Budi juga telah melandasinya dengan izin operasional komersial pada pekan lalu. Izin operasi ini dikeluarkan melalui Keputusan Menteri Perhubungan Nomor KM 114 Tahun 2023 tentang Izin Operasi Sarana Perkeretaapian Umum PT Kereta Api Cepat Indonesia-China.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyebutkan bahwa dengan keluarnya izin operasi ini, KCJB telah memenuhi aspek kelaikan operasional kereta cepat.

“Alhamdulillah seluruh komponen pengujian dan sertifikasi telah dilaksanakan sehingga surat izin operasi ini dapat diterbitkan dan operasi komersial KCJB dapat segera dilakukan,” tutur Menhub Budi, dalam keterangannya.


Operasional Bertahap

Tampilan Kereta Cepat 'Whoosh'
Seorang staf berpose setelah peresmian kereta cepat Jakarta-Bandung yang diberi nama 'Whoosh' di stasiun Halim, Jakarta, pada tanggal 2 Oktober 2023. (Yasuyoshi CHIBA/AFP)

Menhub Budi menjelaskan operasional KCJB akan dilakukan secara bertahap untuk terus dilakukan evaluasi sampai dengan skenario ultimate hingga 68 perjalanan per hari. Guna mempermudah penumpang untuk mencapai kota Bandung, telah disiapkan juga KA Feeder dari Stasiun Padalarang menuju Stasiun Bandung.

“Operasional secara bertahap ini dilakukan untuk memberi ruang kepada operator agar dapat menyesuaikan diri dan memaksimalkan pelayanan,” sebut Menhub Budi.

Menhub Budi berharap agar setelah dikeluarkannya izin operasi ini, pihak KCIC selaku operator Kereta Cepat WHOOSH dapat menyiapkan operasi komersial yang akan segera diresmikan oleh Presiden. “Semoga KCJB dapat dimanfaatkan oleh masyarakat umum dan membawa dampak positif bagi pertumbuhan ekonomi bangsa,” tutup Menhub Budi.

Infografis Intip Biaya Pembangunan Kereta Cepat Jakarta Bandung. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Intip Biaya Pembangunan Kereta Cepat Jakarta Bandung. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya