Tokopedia dan TikTok Klaim Dongkrak 19 Kali Lipat Transaksi UMKM di Harbolnas 12.12

Tokopedia mencatat kenaikan transaksi brand lokal dan UMKM dalam kampanye Tokopedia dan TikTok di momen Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 12.12 lalu.

oleh Maulandy Rizky Bayu Kencana diperbarui 21 Des 2023, 21:04 WIB
Diterbitkan 21 Des 2023, 21:04 WIB
Tokopedia
Kampanye Beli Lokal hasil kolaborasi Tokopedia dan TikTok yang diumumkan bersama dengan Harbolnas 12.12. (Dok: Tokopedia)

Liputan6.com, Jakarta Tokopedia mencatat kenaikan transaksi brand lokal dan UMKM dalam kampanye Tokopedia dan TikTok di momen Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 12.12 lalu.

Head of Communications Tokopedia, Aditia Grasio Nelwan mencatat adanya kenaikan transaksi sejumlah brand lokal kecantikan dan perawatan tubuh di Tokopedia, dengan rata-rata kenaikan hampir 19 kali lipat.

Khususnya pada kampanye Beli Lokal di momen Harbolnas 12.12 jika dibandingkan rata-rata transaksi harian di November 2023.

"Sejumlah brand lokal fesyen di Tokopedia pun mengalami rata-rata kenaikan transaksi lebih dari 13 kali lipat khususnya pada kampanye Beli Lokal di momen Harbolnas 12.12 jika dibandingkan rata-rata transaksi harian di bulan November 2023," ujar Aditia, Kamis (21/12/2023).

Secara keseluruhan, ia menyampaikan beberapa kategori produk yang paling laris di kampanye Beli Lokal, khususnya di Tokopedia pada Harbolnas 12.12 lalu. Antara lain, kecantikan, perawatan tubuh, fashion, makanan dan minuman, serta rumah tangga.

Sedangkan di TikTok, kategori tersebut didominasi oleh kategori kecantikan dan perawatan diri, pakaian wanita, fashion muslim, pakaian pria, serta makanan dan minuman.

"Sejumlah pelaku usaha di Tokopedia yang mengikuti kampanye Beli Lokal 12.12 lalu turut mencatat kenaikan penjualan, di antaranya SAFF & Co., Aerostreet dan INTHEBOX yang juga menggunakan aplikasi TikTok untuk memperluas jangkauan pasarnya di Indonesia," tuturnya.


Kolaborasi Tiktok-Tokopedia Bikin Seller Panen Cuan di Harbolnas

TikTok Shop Trending di X, Warganet: FYP Isinya Iklan Jualan Semua
TikTok Shop Trending di X, Warganet: FYP Isinya Iklan Jualan Semua. (Liputan6.com/ Yuslianson)

Kampanye Beli Lokal 12.12 dari Tokopedia dan TikTok dalam rangka Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) menjadi momen menguntungkan bagi para pelaku UMKM dalam aktivitas belanja online.

Momen tahunan setiap tanggal 12 Desember ini mendorong UMKM untuk memanfaatkan platform digital dan menjangkau lebih banyak pembeli sehingga dapat mendorong pertumbuhan bisnis UMKM dengan efektif.

Momentum Harbolnas 12.12 kemarin banyak dimanfaatkan oleh UMKM lokal dalam mengatur strategi meningkatkan omzet penjualan. Seperti yang dialami oleh Devi Raissa, pemilik Rabbit Hole yang memanfaatkan kampanye Beli Lokal 12.12 dari Tokopedia dan Tiktok untuk menjangkau pelanggan lebih luas danmeningkatkan daya tarik produknya.

Devi mengungkapkan bahwa mengikuti kampanye Beli Lokal 12.12 membawa manfaat signifikan bagi bisnis Rabbit Hole. Terutama, kata dia, dalam menjangkau pelanggan baru melalui berbagai fitur.

Sebagai trategi untuk mempersiapkan Rabbit Hole untuk ikut dalam kampanye tersebut, Devi menyiapkan produk Rabbit Hole yang memang  best seller relaunching produk tertentu. Dalam kampanye Beli Lokal 12.12, Devi menargetkan peningkatan penjualan hingga tiga kali lipat dari biasanya.

“Strategi pemasaran yang digunakan meliputi promosi di media sosial dan melakukan diskon untuk menarik pelanggan baru dan memperoleh konversi yang lebih tinggi," terang Devi dikutip Sabtu (16/12/2023)

"Diskon tampaknya efektif dalam menarik pelanggan yang tadinya ragu untuk membeli. Jam-jam dengan lalu lintas tinggi selama kampanye 12.12 terjadi di tengah malam sekitar jam 12 hingga setengah satu,” lanjut dia. 


Pertumbuhan Bisnis

Tampilan TikTok Shop mirip Tokopedia
Keranjang TikTok Shop telah kembali hadir di aplikasi TikTok. Ketika dibuka, tampilannya hadir dengan nuansa warna hijau, mirip dengan Tokopedia (Liputan6.com/ Agustin Setyo Wardani)

Kesuksesan Rabbit Hole dalam menjangkau pasar yang luas dan memberikan manfaat positif bagi perkembangan anak-anak merupakan contoh bagus tentang bagaimana platform seperti Tokopedia dan Tiktok dapat memfasilitasi pertumbuhan bisnis dengan efektif.

Tips yang bisa diberikan oleh Devi kepada para pelaku usaha adalah fokus pada diskon untuk produk best seller guna menarik pelanggan baru dan membantu mereka yang masih ragu untuk melakukan pembelian. Diskon ini memberikan dorongan bagi pelanggan untuk segera melakukan pembayaran.

“Sejauh ininggak ada sih (kendala), karena kan kita udah beberapa tahun kan itu. 12-12 kan emang yang udah puncaknya," tambah Devi.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya