KAI Commuter Layani 8 Juta Pengguna Jelang Masa Angkutan Lebaran 2024

Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba mengatakan, KAI Commuter melayani pengguna sebanyak 19.502.277 orang di seluruh wilayah operasional selama masa Angkutan Lebaran 2024.

oleh Tira Santia diperbarui 08 Apr 2024, 16:30 WIB
Diterbitkan 08 Apr 2024, 16:30 WIB
KAI Commuter Layani 8 Juta Pengguna Jelang Masa Angkutan Lebaran 2024
Selama masa Angkutan Lebaran 2024, volume pengguna Commuterline terpantau mengalami tren kenaikan. Pergerakan orang pada mudik 2024 merupakan mudik terbesar setelah masa pandemi COVID-19. (Dok: KAI)

Liputan6.com, Jakarta - Selama masa Angkutan Lebaran 2024, volume pengguna Commuterline terpantau mengalami tren kenaikan. Pergerakan orang pada mudik 2024 merupakan mudik terbesar setelah masa pandemi COVID-19.

Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba mengatakan, KAI Commuter memprogramkan melayani pengguna sebanyak 19.502.277 orang di seluruh wilayah operasional selama masa Angkutan Lebaran 2024.

Hingga Minggu, 7 April 2024, atau memasuki hari ke-8 pelaksanaan masa Angkutan Lebaran 2024 tercatat total pengguna Commuterline di seluruh wilayah sebanyak 8.028.105 orang, atau lebih besar 7% jika dibanding program hingga di hari yang sama, yaitu sebanyak 7.509.414 orang.

"Tren kenaikan volume pengguna terpantau di seluruh wilayah," kata Anne, Senin (8/4/2024).

Sementara itu di wilayah Jabodetabek, selama masa Angkutan Lebaran mulai 31 Maret – 7 April kemarin tercatat volume pengguna sebanyak 7.070.204 orang atau lebih besar 8% dari program yaitu sebanyak 6.547.444 orang.

Pergerakan pengguna Commuter Line Jabodetabek juga masih terpantau di stasiun-stasiun yang terletak di kawasan pusat perbelanjaan atau sentra bisnis lainnya serta stasiun di sekitar Kawasan tempat wisata.

Terpantau Stasiun Tanah Abang menjadi stasiun tujuan dengan pengguna terbanyak, dimana stasiun tersebut masih ramai meski sudah memasuki masa mudik dengan masyarakat yang ingin membeli kebutuhan jelang Lebaran.

"Selama Masa Angkutan Lebaran ini tercatat sebanyak 523.276 orang yang turun di stasiun tersebut. Sedangkan di Stasiun Bogor yang berlokasi di Kawasan wisata tercatat sebanyak 342.047 orang," pungkasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Jokowi Tinjau Mudik di Stasiun Pasar Senen: Semua Layanan KAI Baik

Presiden Joko Widodo atau Jokowi meninjau arus mudik Lebaran 2024 di Stasiun Pasar Senen Jakarta Pusat, Senin (8/4/2024). (Liputan6.com/ Lizsa Egeham)
Presiden Joko Widodo atau Jokowi meninjau arus mudik Lebaran 2024 di Stasiun Pasar Senen Jakarta Pusat, Senin (8/4/2024). (Liputan6.com/ Lizsa Egeham) (Liputan6.com/ Lizsa Egeham)

Sebelumnya diberitakan, Presiden Joko Widodo meninjau secara langsung arus mudik Lebaran di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, pada Senin, 8 April 2024. Dalam kunjungannya, Jokowi melihat secara langsung kesiapan infrastruktur serta manajemen pelaksanaan mudik yang terpantau baik.

"Saya melihat semuanya rapi terkelola dengan baik sampai di atas kereta juga terlihat rapi baik tidak ada yang berdesak-desakan, semuanya baik, semuanya baik di Stasiun Pasar Senen semuanya baik," ucap Jokowi.

Turut mendampingi Presiden dalam peninjauan tersebut antara lain Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Pj. Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono, dan Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo.

Sudah Berangkatkan 20.636 PenumpangDidiek mengatakan, saat ini kondisi Stasiun Pasarsenen masih ramai oleh calon penumpang namun tetap kondusif. Pantauan pada Senin (8/4) pukul 08.00 WIB, terdapat 20.636 penumpang yang berangkat dari Stasiun Pasarsenen. Adapun jumlah penumpang yang datang pada stasiun tersebut sebanyak 9.048 penumpang.

Adapun perkembangan penumpang secara nasional berdasarkan pantauan data pada Senin (8/4) pkl 08.00, tiket KA Jarak Jauh yang terjual pada periode H-10 (31 Maret) s.d H+10 (21 April) adalah sebanyak 2.788.987 tiket. Jumlah tiket yang terjual ini akan terus meningkat karena penjualan masih berlangsung.

 


Pegawai KAI Dilarang Cuti

Mudik Kereta Api
KAI mengingatkan kembali kepada calon pelanggan untuk membawa bagasi sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan saat mudik Lebaran 2023 ini.

KAI mengimbau kepada seluruh pelanggan agar mengalokasikan waktu yang cukup saat menuju stasiun keberangkatan. Hal ini sebagai upaya menghindari kemungkinan tertinggalnya kereta api.

Mengingat kepadatan jalan raya yang cenderung meningkat di momen mudik Lebaran, atau faktor-faktor lainnya. Kami mengingatkan agar pelanggan tetap dapat menggunakan kereta api sebagai moda transportasi untuk pulang ke kampung halaman, dengan mengatur waktu keberangkatan dari kediaman menuju stasiun keberangkatan.

Didiek mengatakan, pada angkutan Lebaran ini, seluruh pegawai KAI dilarang untuk mengambil cuti tahunan. Hal ini merupakan wujud bahwa manajemen sangat fokus melayani pelanggan di saat peak season.

"KAI berkomitmen untuk terus memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan khususnya pada periode angkutan Lebaran, melalui keamanan dan kenyamanan perjalanan yang mengesankan. Sehingga menjadikan kereta api sebagai pilihan utama untuk perjalanan mudik yang ceria dan penuh makna," tutup Didiek.

 


KAI Sediakan Ruang Kerja dan Tempat Bermain Bagi Pemudik di Stasiun Pasar Senen

23.419 Pemudik Tinggalkan Jakarta Melalui Stasiun Pasar Senen
Pada puncak arus mudik, tercatat KAI memberangkatkan 47.000 penumpang dari Daop I Jakarta ke Daop tujuan berikutnya. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Sebelumnya diberitakan, sejumlah fasilitas penunjang disediakan di Stasiun Pasar Senen bagi para pemudik. Di antaranya, ruang kerja atau co-working space bagi pemudik yang masih ingin bekerja.

"Ada space co-working adalah tempat di mana para penumpang yang akan berpergian melakukan aktivitas kerja," kata Manager Humas KAI Daop 1 Jakarta, Ixfan Hendriwintoko di Pasar Senen, Jakarta, Sabtu, (6/4/2024).

Kemudian, area bermain anak sehingga, anak-anak bisa bermain sembari menunggu keberangkatan. Ixfan melanjutkan, pihaknya juga menyediakan tempat pengaduan bila terjadi pungutan liar di stasiun.

"Ada tempat pengaduan jika terjadi pungli itu kolaborasi antara Pemprov DKI, Kejaksaan, Kepolisian-TNI," ucapnya.

Sementara hari ini, antrean pemudik sudah mengular di pintu keberangkatan Stasiun Senen, Jakarta Pusat, pada Sabtu (6/4/2024). Para calon penumpang kereta ramai menduduki kursi tunggu stasiun hingga mengantre di pintu keberangkatan kereta.

Sementara di Stasiun Gambir sudah menyediakan fasilitas pengenalan wajah atau face recognition, di mana pelayanan boarding sudah tidak lagi menggunakan manual tiket.

"Jika mereka yang sudah terdaftar dalam face recognition setelah dipotret wajah kemudian identifikasi data diri, mereka pada saat masuk hanya butuh waktu beberapa detik mereka masuk ke pintu boarding otomatis pintu boarding akan segera terbuka," pungkasnya.

 

Infografis Bank Dunia Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi Global Bakal Terjun Bebas. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Bank Dunia Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi Global Bakal Terjun Bebas. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya