Insiden CrowdStrike Ganggu Operasional Maskapai, Citilink dan AirAsia Paling Terdampak

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, menjelaskan terkait Gangguan IT CrowdStrike-Microsoft yang berdampak pada banyak operasional penerbangan di seluruh dunia, termasuk di Indonesia.

oleh Gagas Yoga Pratomo diperbarui 21 Jul 2024, 14:00 WIB
Diterbitkan 21 Jul 2024, 14:00 WIB
Crowdstrike (Foto: Laman Crowdstrike)
Crowdstrike. Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, menjelaskan terkait Gangguan IT CrowdStrike-Microsoft yang berdampak pada banyak operasional penerbangan di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. (Foto: Laman Crowdstrike)

Liputan6.com, Jakarta Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, menjelaskan terkait gangguan IT CrowdStrike-Microsoft yang berdampak pada banyak operasional penerbangan di seluruh dunia, termasuk di Indonesia.

Budi mengatakan kejadian ini memberikan dampak tetapi tidak masif dan maskapai yang terdampak adalah Low Cost Carrier (LCC) seperti Citilink dan AirAsia. Menurutnya akibat kejadian itu operasional di maskapai harus dilakukan secara manual.

“Terutama di Citilink dan AirAsia yang paling terkena. Sempat satu hari itu harus manual. Tapi besoknya kita sudah recovery. ,” kata Budi kepada wartawan di kawasan Kota Tua, Jakarta, Minggu (21/7/2024).

Budi menambahkan, melihat kepada kejadian yang serupa seperti yang terjadi sebelumnya ketika suatu sistem imigrasi terganggu, ia menyarankan selain menggunakan teknologi yang terbaik, backup juga harus dilakukan. 

“Harus ada backupnya tidak bisa mengandalkan hanya 1 sistem saja. Kemarin Alhamdulillah besoknya langsung recover,” jelas Budi. 

Gangguan Sistem IT Global

Dilansir dari kanal Lifestyle Liputan6.com, Direktorat Jenderal Perhubungan Udara (Ditjen Hubud) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mencermati pemberitaan beberapa bandara di luar negeri yang mengalami gangguan sistem IT global, seperti bandara Amerika Serikat (AS), Belanda, Singapura, Malaysia, dan lain-lain. 

Kepala Bagian Kerja Sama Internasional, Humas dan Umum Ditjen Hubud Mokhammad Khusnu mengatakan bahwa di Indonesia, gangguan IT terjadi di beberapa sistem check-in milik beberapa maskapai.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Microsoft Sebut 8,5 Juta Perangkatnya Kena Dampak Gangguan IT CrowdStrike

Logo Microsoft. Liputan6.com/Iskandar
Logo Microsoft. Liputan6.com/Iskandar

Sebelumnya, pemadaman informasi teknologi atau information of technology (IT) yang terkait dengan pembaruan perangkat lunak oleh perusahaan keamanan siber CrowdStrike berdampak pada hampir 8,5 juta perangkat Microsoft.

Demikian disampaikan Microsoft dalam sebuah blog pada Sabtu, 20 Juli 2024 seperti dikutip dari Channel News Asia, Minggu (21/7/2024). "Saat ini kami memperkirakan pembaruan CrowdStrike mempengaruhi 8,5 juta perangkat atau kurang dari satu persen dari seluruh mesin Windows,” demikian dikutip.

Microsoft menyebutkan, CrowdStrike telah membantu mengembangkan solusi terukur yang akan membantu infrastruktur Azure Microsoft mempercepat perbaikan.

Raksasa teknologi itu juga bekerja sama dengan Amazon Web Services dan Google Cloud Platform untuk berkolaborasi dalam pendekatan paling efektif.

Penumpang pesawat di seluruh dunia menghadapi penundaan, pembatalan penerbangan, dan kesulitan saat check-in karena bandara dan maskapai terjebak dalam pemadaman TI yang berdampak pada banyak industri mulai dari bank hingga perusahaan media.

Sebelumnya, Microsoft merilis pernyataan yang menjelaskan situasi saat pemadaman IT global.

"Kemarin, CrowdStrike merilis pembaruan yang mulai berdampak pada sistem TI secara global,” tulis CEO Microsoft Satya Nadella yang diunggah di X.

"Kami menyadari masalah ini dan bekerja sama dengan CrowdStrike dan seluruh industri untuk memberikan panduan teknis dan dukungan kepada pelanggan agar dapat membawa dengan aman sistem mereka kembali online,”


Penerbangan, Bank, Stasiun Televisi hingga Pasar Saham Kolaps Gara-gara Gangguan IT CrowdStrike

Ilustrasi Crowdstrike (Foto: Laman Crowdstrike)
Ilustrasi Crowdstrike (Foto: Laman Crowdstrike)

Layanan keuangan, stasiun televisi hingga penerbangan di seluruh dunia tengah kolaps, imbas insiden gangguan pada raksasa keamanan siber CrowdStrike. Perusahaan terkena masalah saat melakukan pembaruan perangkat lunak pada teknologi terbarunya.

CEO perusahaan George Kurtz memastikan jika perusahaannya secara aktif bekerja mengatasi layanan yang terkena dampak cacat yang ditemukan dalam satu pembaruan konten untuk host Windows. Sementara host Mac dan Linux tidak terpengaruh.

“Ini bukan insiden keamanan atau serangan siber. Masalahnya telah diidentifikasi, diisolasi, dan perbaikan telah dilakukan,” katanya di media sosial melansir CNBC, Jumat (19/7/2024).

Di sektor penerbangan, perjalanan udara sangat terpukul karena pesawat dilarang terbang dan pelayanan yang tertunda sehingga menyebabkan penumpukan penumpang di bandara.

Maskapai United Airlines memperkirakan gangguan jadwal penerbangan akan terus berlanjut sepanjang hari Jumat waktu setempat.

Layanan lain yang terganggu adalah sektor perbankan dan penyedia layanan kesehatan. Dua bank besar di Afrika Selatan, Capitec dan Absa, mengaku layanan pelanggan akan terganggu akibat gangguan teknis tersebut.

Stasiun televisi juga tidak bisa beroperasi. Di Inggris, Bursa Saham London ikut merasakan dampaknya. Secara garis besar dunia usaha di seluruh dunia bergulat dengan permasalahan IT yang terjadi. 

 Secara terpisah, layanan cloud Microsoft dipulihkan setelah adanya gangguan operasi, meskipun banyak pengguna terus melaporkan masalah tersebut. Imbas kejadian ini, harga saham CrowdStrike anjlok sekitar 10%.


Minta Maaf

Pengguna Windows di Dunia Terkena Blue Screen of Death Massal, CrowdStrike Diduga Jadi Penyebabnya
Pengguna Windows di Dunia Terkena Blue Screen of Death Massal, CrowdStrike Diduga Jadi Penyebabnya. (Liputan6.com/ Yusliason)

Kurtz meminta maaf kepada mereka yang terkena dampak. “Saya ingin memulai dengan mengatakan kami sangat menyesal atas dampak yang kami timbulkan terhadap pelanggan, wisatawan, siapa pun yang terkena dampak hal ini, termasuk perusahaan kami,” jelas dia.

Dia mengakui saat ini sistem sedang melakukan pembaruan, dan pembaruan tersebut memiliki bug perangkat lunak di dalamnya dan menyebabkan masalah dengan sistem operasi Microsoft.

"Dan kini kami bekerja sama dengan setiap pelanggan untuk memastikan bahwa kami dapat menghadirkan mereka kembali online,” tambah dia.

Kurtz menambahkan bahwa pembaruan tersebut merupakan hal yang normal dan merupakan bagian dari proses rutin perusahaan untuk mencegah risiko keamanan, namun ia mencatat bahwa penyelidikan akan diperlukan untuk melihat hal apa yang salah.

Konfirmasi ini muncul setelah meluasnya laporan masalah teknis, dengan banyak pengguna Microsoft di seluruh dunia menghadapi masalah “layar biru”.

 

Infografis 9 Maskapai Penerbangan Nasional Tak Lagi Mengudara
Infografis 9 Maskapai Penerbangan Nasional Tak Lagi Mengudara (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya