Mendag Tegaskan Pemerintah Terus Dorong Peningkatan Ekspor Usaha Dalam Negeri

Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan menegaskan bahwa pemerintah terus mendorong usaha dalam negeri untuk terus meningkatkan kemampuan ekspor sebagai upaya Indonesia menguasai pasar global

oleh Fachri pada 29 Jul 2024, 17:05 WIB
Diperbarui 29 Jul 2024, 17:05 WIB
Pelepasan Ekspor.
Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan saat melepas ekspor tiga kontainer produk alas kaki dengan merek Nike senilai USD405 ribu atau setara Rp6,50 miliar ke Uni Eropa (UE) dan Amerika Serikat (AS) di Salatiga, Jawa Tengah, Jumat (26/7/2024). (Foto: Istimewa)

Liputan6.com, Salatiga Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan melepas ekspor tiga kontainer produk alas kaki dengan merek Nike senilai USD405 ribu atau setara Rp6,50 miliar ke Uni Eropa (UE) dan Amerika Serikat (AS) di Salatiga, Jawa Tengah, Jumat (26/7/2024). Produk alas kaki itu merupakan hasil produksi PT Selalu Cinta Indonesia (SCI), anggota Karet Murni Kencana (KMK) Group.

Dalam kesempatan tersebut, Mendag menegaskan bahwa pemerintah terus mendorong usaha dalam negeri untuk terus meningkatkan kemampuan ekspor sebagai upaya Indonesia menguasai pasar global. Ia menyebut, salah satu langkah jitunya melalui diplomasi perdagangan yang intens.

"Pemerintah terus mendukung usaha-usaha dan industri kita dengan berbagai cara agar mereka dapat terus meningkatkan kemampuan ekspor dan pabrik alas kaki yang padat karya seperti pabrik produsen Nike ini kami dorong untuk terus meningkatkan ekspor," ujar Mendag.

"Pemerintah juga mendorong peningkatan ekspor melalui diplomasi perdagangan yang intens, di sisi lain untuk melindungi industri dalam negeri, kami juga menempuh sejumlah langkah mengatasi serbuan produk-produk impor,” jelasnya.

Selain itu, Mendag mengatakan, pelepasan ekspor alas kaki tersebut juga menjadi bukti kolaborasi pemerintah dan swasta dalam mendorong industri manufaktur yang berorientasi ekspor sebagai bagian dari rantai pasok global.

“Saya ucapkan terima kasih dan apresiasi kepada PT Selalu Cinta Indonesia, KMK Group, dan Nike Indonesia yang berkolaborasi mendorong peningkatan ekspor produk alas kaki Indonesia,” ujarnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Pasar Ekspor Alas Kaki Menjanjikan

Kemendag.
Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan saat melepas ekspor tiga kontainer produk alas kaki dengan merek Nike senilai USD405 ribu atau setara Rp6,50 miliar ke Uni Eropa (UE) dan Amerika Serikat (AS) di Salatiga, Jawa Tengah, Jumat (26/7/2024). (Foto: Istimewa)

Sebagai informasi, Uni Eropa merupakan negara tujuan utama produk alas kaki Indonesia. Nilai ekspor ke Uni Eropa tercatat USD698,91 juta pada periode Januari hingga Mei 2024.

Sedangkan AS adalah salah satu negara tujuan ekspor utama produk alas kaki Indonesia. Nilai ekspor alas kaki Indonesia ke AS mencapai USD914,76 juta pada Januari sampai Mei 2024. Nilai itu meningkat 19,43% dibandingkan periode yang sama tahun 2023 dan tumbuh 12,86% dalam lima tahun terakhir, yakni 2019 sampai 2023.

Di sisi lain, peluang pasar ekspor alas kaki global masih cukup menjanjikan. Proyeksi rata-rata pertumbuhan pendapatan tahunan global mencapai 3,43% pada periode 2024 sampai 2028. Dan pada 2024, pendapatan tahunan global untuk alas kaki diperkirakan sebesar USD412 miliar.

 

(*)

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya