Lantik 9 Pejabat Teras, Menteri ESDM Punya Sekjen Baru

Dua pejabat eselon I diganti dan salah satunya Sekjen Kementerian ESDM Waryono Karno yang pernah diperiksa KPK dalam kasus SKK Migas.

oleh Pebrianto Eko Wicaksono diperbarui 20 Des 2013, 17:50 WIB
Diterbitkan 20 Des 2013, 17:50 WIB
jero-wacik-muncul130707c.jpg
Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Jero Wacik mengganti dua pejabat Eselon I di lingkungan kementeriannya karena dianggap telah habis masa jabatannya. Diantara kedua pejabat tersebut salah satunya adalah Sekertaris Jenderal Waryono Karno

Sementara pejabat eselon I lain yang diganti adalah Direktur Jenderal Mineral dan Batubara Kementerian ESDM, Thamrin Shite.

Sebagai informasi, sosok Sekjen Kementerian ESDM Waryono Karno menyita perhatian publik setelah Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memeriksanya dalam kasus dugaan suap di lingkungan Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi.

Sebagai pengganti Waryono, Menteri ESDM melalui Keputusan Presiden Republik Indonesi Nomor  IV/M/2013 menunjuk Mochamad Teguh Pamuji  yang sebelumnya menjabat Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan Kementerian ESDM.

Sedangkan posisi  Direktur Jenderal Mineral dan Batubara Thamrin Shite digantikan R Sukhyar yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Badan Geologi.

Jero mengatakan, kedua pejabat teras di lingkungan Kementerian ESDM tersebut telah menghabiskan masa pengabdiannya cukup laman di lembaga yang dipimpuinnya. yang habis masa baktinya tersebut telah mengabdi lama di Kementerian ESDM. Waryono Karno diketahui telah mengabdi sebagai PNS selama 40,5 tahun. Sementara Tahmrin telah bekerja di Kementerian ESDM sejak 35 tahun yang lalu.

"Sesuai dengan keputusan presiden hari ini saya mengucapkan terimakasih cukup panjang pengabdian itu," kata Jero usai melantik pejabat tersebut, di kantornya, Jakarta, Jumat (20/12/2013).

Jero mengklaim kedua pejabat tersebut telah banyak menghasilkan karya seiring lamanya masa pengabdian pada Kementerian ESDM. tersebut maka banyak karya yang telah ditorehkan oleh Waryono dan Thamrin.

"Kami mencatat kalau ada penjabat sampai eselon satu pasti banyak karya yang ditinggalkan, kepres sudah dibacakan saudara segera pensiun," pungkasnya.

Selain dua pejabat Eselon I tersebut, Kementerian ESDM juga melantik sembilan orang pejabat baru tingkat eselon II.(Pew/Shd)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya